Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Bukan Panik, Begini Cara Mengatasi Lampu LED Motor Redup!

cara mengatasi lampu LED motor redup

Last updated on 28 November, 2021

Cara mengatasi lampu LED motor redup yang paling utama adalah dengan mengenali penyebabnya dahulu. Jangan panik! Perhatikan usia lampunya!

Jakarta, Autos.id – Berbagai macam cara mengatasi lampu LED motor redup bisa dilakukan apabila pemilik kendaraan mengalami masalah pada motor kesayangan. Namun yang paling utama adalah dengan mencermati penyebanya. Lampu LED yang mulai redup bisa menjadi salah satu gejala bahwa kendaraan kawan Autos sedang bermasalah.

Dewasa ini, pabrikan motor hingga mobil sudah membekali kendaraan keluaran terbaru mereka dengan salah satu jenis lampu kekinian yaitu LED. Jenis lampu yang satu ini dinilai memberikan keuntungan bagi pemilik kendaraan. Selain menghasilkan penerangan yang cukup baik, jenis lampu LED pada kendaraan juga memerlukan daya minim.

Meski didesain agar bisa bertahan lama dan minim pengeluaran daya, bukan berarti jenis lampu ini tidak rentan terkena masalah. Sebenarnya masalah paling umum dari jenis lampu ini adalah suhunya. Suhu ini bisa menjadi biang masalah yang mengakibatkan lampu menjadi redup.

Baca juga: Tips Atasi Lampu Utama Motor Mati Cek Kabel Bodi

Cara mengatasi lampu LED motor redup utamanya adalah ketahui penyebabnya dan bila perlu segera ganti bohlam

Sayangnya, kerap kali pemilik kendaraan memilih untuk membiarkannya saja. Hingga pada akhirnya lampu LED tersebut rusak.

“Membiarkan lampu LED redup terus berakibat fatal karena bisa menyebabkan lampu mati total”

Mengutip dari laman Liputan6 (4/5), salah satu tenaga penjual Autovision menyebutkan bahwa panas hasil module bohlam LED ikut berpengaruh kepada performa penerangan itu sendiri. Cahaya lampu LED menjadi redup atau bisa juga berubah warna.

Lantas bagaimana cara mengatasi lampu LED motor redup tersebut? Perhatikan bahwa suhu lampu LED kendaraan benar-benar bisa menyebabkan masalah. Module pada lampu tersebutlah yang menghasilkan suhu panas. Namun, biasanya jenis lampu ini memiliki pendingin yang menjaga suhu tetap stabil.

Apabila sistem pendingin tersebut tidak bekerja maksimal atau dengan kata lain terjadi kegagalan pendinginan, akan munculah beberapa gejala salah satunya cahaya yang tadinya terang menjadi lebih redup.

Bila hal ini terjadi, cara mengatasi lampu LED motor redup yang terbaik ialah dengan mengganti bagian bohlam tersebut. Hal ini karena suhu panas sudah menjalar hingga ke bagian dalam penerangan. Selanjutnya tinggal menunggu lampu LED pada kendaraan akan mati secara menyeluruh.

Bila sudah begini, kenyamanan dan kenyamanan pengemudi menjadi taruhannya. Bayangkan bila kawan Autos menggunakan kendaraan tersebut di malam hari dan harus melewati jalanan yang gelap dan sepi. Kemudian karena tidak menghiraukan penggantian bohlam, lampu LED motor tersebut secara tiba-tiba mati.

Karena itu, intinya cara mengatasi lampu LED motor redup adalah dengan mencermati penyebabnya dan bila usia lampu sudah usang, maka sebaiknya segera menggantinya!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aksesoris

Paket headlight Yamaha NMax ini berupa lampu depan LED headlight, lampu senja LED T10, alarm motor, dan klakson motor Snail. Jakarta, Autos.id – Pengguna...

Aksesoris

Last updated on 9 Agustus, 2016 Angel Eyes merupakan aksesoris untuk lampu utama mobil yang berbentuk rangkaian lampu LED dan dapat memancarkan 16 warna...

Motor

Last updated on 3 Agustus, 2016 Jakarta, Autos.id – Bukan cuma di mobil, lampu reflektor juga sangat penting pada motor karena dapat memberi signal...