Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Mau Modifikasi Mobil? Inilah Perbandingan Lampu LED dan HID Projector

Cahaya dari headlamp mobil antara Lampu LED atau HID Projector.
Cahaya dari headlamp mobil antara Lampu LED atau HID Projector. (Sumber: Lifepal)

Last updated on 4 Juli, 2023

Sebelum mengganti headlamp, pemilik mobil wajib tahu perbedaan antara Lampu LED dan HID Projector.

Autos.id – Memodifikasi atau mengganti lampu depan (headlamp) mobil adalah salah satu opsi terbaik untuk meningkatkan penampilan mobil. Toko aksesori dan bengkel modifikasi sekarang menyediakan pilihan terbatas, termasuk berbagai lampu mobil terbaru dengan desain dan teknologi terkini.

Lampu LED dan HID Projector adalah dua jenis lampu yang paling populer di kalangan penggemar mobil. Kedua jenis lampu ini sering digunakan pada mobil-mobil terbaru dengan desain dan fitur modern. Namun, lampu HID dan lampu HID projector aftermarket juga memiliki tampilan yang lebih segar, lebih canggih, dan dapat digunakan pada berbagai varian mobil lawas, bahkan yang diproduksi 5 hingga 10 tahun yang lalu.

Akan tetapi, antara lampu LED dan HID Projector, mana yang harus dipilih untuk modifikasi? Berikut adalah perbandingan hingga kelebihan dan kekurangan masing-masing.

HID Projector untuk mobil.

HID Projector untuk mobil. (Sumber: Cintamobil)

Lebih Fokus HID Projector

Penggunaan proyektor pada headlamp membuat cahaya yang dipancarkan menjadi lebih fokus. Lampu depan HID (High Intensity Discharge) dengan proyektor juga dilengkapi dengan fungsi cut off yang membatasi cahaya agar tidak menyilaukan pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

Baca juga: 10 Head Unit Android Terbaik 2023

Double, Triple atau Quad Projie

Banyak penggemar modifikasi kendaraan saat ini menggunakan double projie, triple projie, bahkan quad projie. Semakin banyak proyektor yang digunakan, cahaya yang dihasilkan akan semakin terang dan dapat membantu pengendara saat berkendara di malam hari atau saat hujan lebat. Namun, penggunaan banyak proyektor secara otomatis akan memerlukan daya dan tegangan yang lebih tinggi.

Lampu LED untuk mobil.

Lampu LED untuk mobil. (Sumber: Koran)

LED Lebih Hemat?

Lampu jenis Light-Emitting Diode (LED) memberikan keunggulan dalam hal efisiensi energi yang lebih tinggi. Daya yang dibutuhkan oleh lampu LED hanya berkisar antara 20-35 watt dengan tegangan 11-30 volt saja. Hal ini menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan tingkat kecerahan yang setara dengan penggunaan beberapa proyektor sekaligus.

Selain itu, lampu LED juga menghasilkan cahaya yang setara dengan lampu HID, namun suhu panas yang dihasilkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan lampu HID.

 

Harga

Projector, terutama yang lebih dari satu, memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan lampu halogen. Di sisi lain, lampu LED memiliki tingkat kesulitan dalam perancangan, biaya produksi yang tinggi, dan pemasangan yang sulit karena menghasilkan panas.

Akibatnya, lampu LED cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan lampu HID (High Intensity Discharge) Projector.

Baca juga: AC Mobil Tiba-Tiba Panas? Ini Bagian yang Harus Dicek

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!