Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Bingung Alarm Mobil Tidak Berfungsi, Ternyata Ini Penyebabnya!

alarm mobil tidak berfungsi

Last updated on 14 November, 2021

Terkadang alarm mobil tidak berfungsi seperti biasanya. Jangan khawatir, coba tengok penyebabnya! Sepele namun kerap menjadi biang permasalahan!

Jakarta, Autos. id – Alarm adalah salah alat atau aksesoris kendaraan yang memiliki peran besar terhadap keamanan pengendara. Apalagi pada saat mobil ditinggal dalam waktu yang lama, alarm menjadi hal penting bagi pemilik kendaraan. Sayangnya, terkadang kita dibuat bingung lantaran alarm mobil tidak berfungsi. Alih-alih mencari penyebabnya, hal pertama yang kita lakukan adalah bingung.

Padahal, saat terjadi hal demikian kita tidak perlu kebingungan. Hal ini karena alarm mobil yang tidak menyala pastinya terjadi bukan tanpa sebab. Nah, tugas kita yang pertama adalah mencari tahu penyebab alarm mobil tidak berfungsi.

Alarm mobil tidak berfungsi terjadi kapan saja bahkan hal tersebut bisa mengakibatkan alarm tiba-tiba berbunyi sendiri tanpa sebab. Bila sudah begini, alarm dalam kondisi yang eror atau bermasalah. Coba cek penyebabnya di bawah ini.

Baca juga: Alarm Tak Cukup, Ini Cara Mengamankan Kendaraaan Dari Pencuri!

penyebab alarm mobil tidak berfungsi bermacam-macam

penyebab alarm mobil tidak berfungsi bermacam-macam (Source: wheelzine.com)

Sensor Pada Pintu Mobil Yang Tidak Berfungsi

Hal pertama yang menjadikan alarm menjadi tidak berfungsi dengan baik ialah adanya masalah pada bagian sensor pintu mobil. Kerusakan pada sensor pintu kendaraan akan menyebabkan sensivitas mobil menjadi meningkat.

Tak hanya itu, alarm bahkan akan berbunyi secara terus menerus bila ini terjadi. Saklar lampu yang ada di pintu pun terkenda dampaknya yaitu menjadi tidak dapat difungsikan secara maksimal.

Baca juga: 9 Jenis Pintu Mobil Yang Unik Dan Keren

Pintu Mobil Dalam Keadaan Terbuka

Penyebab selanjutnya ialah karena pintu mobil dalam keadaan terbuka. Tak hanya karena sensor pintu yang bermasalah, pintu mobil yang terbuka juga menjadikan alarm tidak bekerja secara maksimal.

Kebanyakan pemilik kendaraan terkadang melupakan hal penting yaitu menutup pintu rapat-rapat. Sehingga mobil bisa memberikan sinyal kepada sistem keamanan pada alarm di waktu yang tepat.

Namun hal berbeda akan terjadi bia pintu mobil terbuka, alarm akan mengalami permasalahan hingga berbunyi secara terus-menerus. Untuk mengatasinya, lakukan pengecekan kembali pada pintu kendaraan apakah sudah menutup dengan rapat atau belum.

Baterai Pada Central Lock Sudah Habis

Penyebab lain mengapa alarm tidak berfungsi dengan baik ialah karena baterai central lock yang sudah habis. Hal ini bahkan jarang disadari oleh pemilik mobil itu sendiri. Baterai yang sudah habis bisa mengakibatkan alarm menjadi tidak terkendali atau berbunyi terus-menerus.

Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya membuka pintu mobil secara manual. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan baterai pada central lock secara berkala agar hal ini tidak terjadi berulang kali. Jadi, saat alarm mobil tidak berfungsi, jangan panik dahulu, cobalah tengok penyebabnya di atas!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Libur panjang dapat manfaatkan untuk berwisata bersama keluarga dengan sewa bus, dan ada sejumlah tips yang bisa dilakukan. Autos.id – Libur panjang tahun ini...

Tips

Banyak masyarakat yang menikmati libur panjang saat Imlek karena cuti bersama, namun ada tips meninggalkan sepeda motor yang tidak boleh dilewatkan. Autos.id – Cuti...

Mobil

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan...

Tips

Memilih helm untuk dipakai dalam aktivitas harian tidak mudah tapi juga tidak sulit, dan tipsnya ada di artikel ini. Autos.id – Dalam memilih helm...