Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Bersihkan Kolong Mobil untuk Hindari Kerusakan Komponen Ini

Menjaga kolong Mobil tetap bersih

Last updated on 24 Mei, 2023

Kolong mobil juga perlu dibersihkan agar tidak merusak komponen fital pada mobil. Semua komponen mobil yang bersih akan melindungi mobil dari kerusakan.

Jakarta, Autos.id – Sebagian besar mobil biasanya hanya memperhatikan kebersihan interior mobil dibandingkan kolong mobil. Hal ini memang cenderung dijumpai karena semua interaksi pemilik mobil berlangsung dalam interior.

Namun bukan berarti kolong mobil tidak pentung untuk mendapat perawatan khususnya dalam hal kebersihan karena pada bagian tertentu di kolong mobil terdapat berbagai komponen yang sangat fital.

Untuk itu, sebenarnya kolong mobil perlu dibersihkan untuk menghindari gangguan pada saat mengendarai mobil. Ada beberapa alasan mengapa kolong mobil penting untuk dibersihkan dan tetap terawat:

– Menghindari kolong mobil dari korosi. Kotoran, seperti debu dan genangan air akan menyebabkan logam pada kolong mobil berkarat dan berkorosi. Efek terparahnya, bagian bawah mobil bakal keropos dan cepat rusak.

“Sistem Pendingin mobil akan terganggu sehingga udara dalam kabin tidak sejuk.Saat mobil menerjang genangan ataupun aspal yang penuh dengan lumpur, sampah, seperti daun atau plastik biasanya sering masuk ke sela-sela bumper. Kotoran tersebut menganggu sistem pendingin mesin dan kabin”

Baca juga: Tips Deteksi Kerusakan Kopling Mobil dengan Mudah

Cuci kolong mobil agar mobil tetap nyaman

– Sistem Pendingin mobil akan terganggu sehingga udara dalam kabin tidak sejuk.Saat mobil menerjang genangan ataupun aspal yang penuh dengan lumpur, sampah, seperti daun atau plastik biasanya sering masuk ke sela-sela bumper. Kotoran tersebut menganggu sistem pendingin mesin dan kabin.

– Komponen shockbreaker juga berisiko rusak jika kita tidak memberikan perhatian lebih untuk membersihkan kolong mobil. Sebab letak dari komponen ini berada di bawah kolong mobil. Kotoran-kotoran yang tersangkut di sela-sela komponen shockbreaker akan menyebabkan sistem suspensi menjadi lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, pengguna mobil perlu memperhatikan kebersihan kolong mobil agar tidak sampai memberikan dampak kerusakan pada komponen-komponen yang mengganggu kenyamanan berkendara.

Baca juga: Ternyata Inilah Arti Indikator Dashboard Pada Mobil

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Oli shockbreaker depan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan penggantiannya secara berkala. Autos.id – Pada saat mengendarai motor matic, kenyamanan dan performa yang...

Berita Otomotif

Last updated on 6 Juli, 2023 Mungkin banyak yang belum tahu seperti apa shockbreaker belakang sepeda motor yang gunakan tabung. Autos.id – Semakin berkembangnya...

Tips

Tingkat kekerasan pada shockbreaker belakang Yamaha Mio menentukan kenyamanan pengendara. Autos.id – Shockbreaker memiliki peran yang penting dalam sepeda motor matic termasuk Yamha Mio....

Tips

Terkadang pemilik mobil bingung memilih ganti Shockbreaker atau hanya perlu diservis. Autos.id – Apakah mobil kesayangan Anda terasa tidak nyaman saat dikendarai? Mungkin saatnya...

error: Content is protected !!