Tips

Beli Mobil Kredit Apa Untungnya ?

Beli Mobil Kredit

Beli mobil kredit biasanya dipilih jika konsumen terbentur keterbatasan dana untuk membeli secara tunai, namun bukan berarti beli kredit tak ada untungnya.

Jakarta, Autos.id – Anda yang baru ingin memulai membeli kendarana pribadi, khususnya mobil, maka sering dihadapkan pada dua pilihan sulit. Pertama yakni beli mobil baru atau bekas. Yang kedua beli secara tunai atau kredit.

Jawabannya tentu bervariasi dilihat dari kemampuan Anda secara pribadi. Jika Anda melihat kemampuan finansial sanggup untuk membeli kendaraan dalam kondisi baru, silahkan pilih. Namun jika harus membeli dalam kondisi seken, juga tidak masalah. Tinggal perhatikan hal-hal dalam membeli mobil bekas.

“Biasanya membeli mobil secara tunai dibutuhkan dana yang tidak sedikit, sementara seseorang masih butuh dana tersebut untuk kebutuhan lain. Solusinya beli mobil kredit”

Dan kali ini Autos.id akan membahas soal kebingungan Anda yang kedua. Yakni pilih membeli secara tunai atau kredit. Betty Anjarini, Regional Manager MPM Finance Wilayah Jabodetabek menyebutkan jika keuangan Anda tidak cukup untuk membeli secara tunai, maka proses kredit adalah yang disarankan.

Mobil Bekas

Tak Butuh Dana Besar untuk Bawa Pulang Mobil Idaman

“Karena biasanya membeli mobil secara tunai dibutuhkan dana yang tidak sedikit, sementara seseorang masih butuh dana tersebut untuk kebutuhan lain. Solusinya beli mobil kredit,” kata Betty dalam acara “Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan” di Jakarta, Selasa (28/02/2017).

Ia menyebutkan, ada beberapa kelebihan membeli kendaraan secara tunai. Yakni harga kendaraan bisa lebih murah karena tidak terkena bunga kredit dan biaya administrasi. Kemudian kendaraan juga bisa dijual kembali dengan cepat karena si pemilik memiliki surat-surat kendaraan secara lengkap. Pemilik juga tidak dipusingkan angsuran tiap bulan.

“Tapi membeli kendaraan secara kredit juga bukan hal yang buruk. Ada beberapa kelebihan kalau menggunakan jasa lembaga pembiayaan,” katanya. Antara lain konsumen bisa memiliki kendaraan yang diinginkan lebih cepat dengan harga lebih murah dibanding membeli secara tunai. “Ini sangat membantu jika ada yang menginginkan kendaraan dalam keadaan mendesak,” lanjut Betty.

Beli Mobil Secara Kredit

Betty Anjarini, Regional Manager MPM Finance

Lebih lanjut, dalam acara berbentuk talkshow yang digelar oleh Mobil123.com ini, ia juga membeberkan setidaknya ada tiga keuntungan lain membeli mobil kredit.

  • Terasa Lebih Ringan
    Konsumen tidak harus mengeluarkan dana dalam jumlah besar sekaligus untuk membeli kendaraan seperti halnya membeli secara tunai. Konsumen cukup mengeluarkan biaya minimum 20% dari harga jual kendaraan sebagai DP (Down Paymen/uang muka). Sementara 80% lagi bisa dicicil sepanjang masa kredit yang sudah ditentukan konsumen itu sendiri.
  • Pengeluaran Keuangan Tetap Terjaga
    Tidak perlu menguras seluruh uang di tabungan hanya untuk membeli mobil. Cukup dengan membayar uang muka, lalu sisa tabungan tetap digunakan untuk kebutuhan harian lainnya. Dan selama proses cicilan, konsumen juga tetap memenuhi kebutuhan hidupnya yang lain.
  • Membantu untuk yang Sulit Menabung
    Beberapa orang kadang sulit untuk mengumpulkan uang demi membeli mobil secara tunai. Jika sudah begini, menurut Betty solusinya dengan cara kredit. Karena membayar cicilan kredit setiap bulannya, sebenarnya sama dengan menabung. “Bedanya nabungnya di lembaga pembiayaan dan sedikit dipaksakan, kalau menabung dengan suka rela mungkin sulit untuk terkumpul,” pungkas dia.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top