Tips

Tips Membeli Mobil Bekas Paling Aman dan Lancar

Mau membeli mobil bekas? Sebaiknya cari tahu dahulu tips membeli mobil yang aman. Salah satunya ialah mengecek kelengkapan dan keaslian surat-surat.

Jakarta, Autos.id ­– Bagi sebagian orang membeli mobil bekas adalah salah satu alternatif tersendiri mengingat harganya lebih terjangkau bila dibandingkan dengan harga mobil yang masih baru. Namun, untuk mendapatkan kendaraan bekas yang tak beresiko seseorang perlu mencari tahu lebih dulu tips membeli mobil bekas yang aman.

Hal ini ternyata bukan tanpa alasan. Membeli kendaraan seperti mobil bekas memang menguntungkan bila dilihat dari segi harga. Namun, masih ada resiko yang mengintai para pembeli misalnya saja bekas yang sudah pernah terendam banjir.

Dikutip dari laman Viva.co.id (19/10/2017), senior manajer sentra penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua bernama Herijanto Kosasih menjelaskan bahwa ada cara paling mudah untuk mengenali mobil bekas terutama mobil bekas yang terkena banjir.

“Para penjual mobil bekas sekalipun juga memeriksa alamat pemilik mobil sebelumnya guna memastikan kondisi mobil sebenarnya”

Pemeriksaan tersebut kerap dilakukan sebelum pedagang mengambil dagangan dari konsumen. Menurut Herijanto Kosasih, tips membeli mobil bekas pertama ialah melihat kelengkapan surat-surat kendararaan misalnya saja BPKB dan STNK.

Kedua ialah melihat atau menganalisa pemilik awal mobil. Apakah pemilik mobil tinggal di daerah rawan banjir atau tidak. Bila rawan banjir, ada baiknya pembeli berpikir ulang meski mobil terlihat masih sangat bagus.

Tak hanya kelengkapan surat-surat dan alamat asli pemilik mobil saja, Herijanto menambahkan bahwa pembeli sebaiknya lebih jeli lagi dalam melihat kondisi fisik mobil.

mengecek kondisi mobil bekas

Biasanya mobil bekas yang sering terkena banjir akan terlihat dari fisiknya. Air banjir yang kotor pastinya membekas di beberapa bagian mobil. Karena itu, pembeli harus jeli melihatnya.

Sementara itu, tips membeli mobil bekas yang aman dan lancar juga dimiliki oleh seorang pedagang mobil bekas di showroom Kerta Kemala Mobil, Mega Glodok, Kemayoran.

Pedagang bernama Acing tersebut menjelaskan bahwa ada tips jitu yang bisa dilakukan untuk mengetahui mobil bekas yang terendam banjir atau tidak.

Tips pertama yaitu melakukan pengecekan mobil secara menyeluruh mulai dari komponen mesin, transmisi, serta kelistrikan di bengkel. Mobil baru yang sudah menggunakan computerized tentunya lebih sensitif dengan genangan banjir. Sehingga dengan pengecekan komputer dapat diketahui kondisi komponen mobil yang sebenarnya.

Tips membeli mobil bekas yang terakhir ialah dengan melihat bodi mobil bekas banjir dan tidak. Mobil yang terkena banjir biasanya memiliki kaki-kaki yang rentan aus. Aroma kabin juga perlu diperhatikan. Mobil bekas banjir memiliki bau kabin yang tidak enak.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top