Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

7 Tips Tingkatkan Visibilitas Sepeda Motor di Malam Hari

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain.

Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih banyak pada malam hari dimana visibilitas rendah karena suasana gelap dan lampu yang terlalu menyilaukan. Oleh  karena itu, kami berusaha untuk membantu anda dengan mengurangi resiko kecelakaan tersebut. Silahkan baca daftar 7 tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas pada sepeda motor Anda, terutama di malam hari. Jaket sepeda motor berwarna ngejreng sangat membantu tingkatkan visibilitas. Meskipun sebenarnya Anda mungkin tidak suka nuansa seperti itu, tapi demi keamanan usahakan pakai jaket berwarna ngejreng utamanya di malam hari.

Ini berlaku juga untuk perlengkapan berkendara lain warna warna cerah lebih mudah ditangkap orang lain yang berkendara di sekitar Anda di malam hari.

Helm yang Mencolok

Helm berwarna merah, kuning, atau hijau dalam nuansa neon akan segera membuat Anda menonjol di antara kerumunan entah itu  di siang atau malam hari.

Gunakan helm dengan warna mencolok

Pasang Stiker Reflektor

Untuk berjaga-jaga jika perlengkapan atau helm Anda belum terlalu mencolok untuk ditangkap orang lain, Anda dapat memasang stiker reflektor. Kalau Anda tidak ingin memasangnya pada motor Anda, Anda bisa tempelkan saja stiker tersebut ke jaket motor dan/atau helm.

Pasang Lampu LED

Lampu bawaan mungkin tidak cukup. LED tidak hanya meningkatkan visibilitas Anda ke pengendara lain, tetapi juga membuat Anda bisa melihat lebih jelas. Jika sepeda motor Anda belum dilengkapi dengan lampu depan LED, Anda bisa memasangnya sendiri di bengkel langganan Anda.

Pasang Lampu LED

Perhatikan Blind Spot Kendaraan Sekeliling

Jika Anda masih belum tahu, mobil, truk dan kendaraan sejenis memiliki blind spot yang bisa menyembunyikan mobil atau sepeda yang datang dari belakang mereka pada kaca spion mereka. Fenomena ini menyebabkan banyak kecelakaan ketika mobil tersebut mengubah jalur. Itulah mengapa sangat penting bahwa Anda menghindari mengemudi di blind sport pada kendaraan di depan Anda. Sulit untuk mengidentifikasi titik buta tetapi jika Anda tepat berada belakang sebuah mobil, pastikan untuk berada di titik pandangan kaca spion interior mereka, terutama pada malam hari karena lampu depan Anda dapat membuat pengemudi mobil sadar akan kehadiran Anda. Jika Anda berkendara beriringan dengan mereka dan hanya terlihat di cermin samping mobil, mungkin Anda akan berakhir di titik blind spot mobil tersebut.

Selalu perhatikan blind spot

Ketuk Rem Perlahan

Memberi sedikit tekanan pada rem sesekali membuat lampu rem di belakang sepeda motor Anda menyala sekilas dan mengingatkan pengemudi motor di belakang akan kehadiran Anda. Mereka akan segera dipaksa untuk lebih memperhatikan Anda.

Jangan Sungkan pakai Klakson

Klakson motor sangatlah penting digunakan. Sangat penting saat Anda mengemudi pada malam hari untuk menggunakan klakson di situasi-situasi riskan. Klakson keras akan mengingatkan kendaraan-kendaraan di sekitar Anda akan kehadiran Anda terutama saat mereka ingin mengubah jalur mendadak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Sebagian besar orang sudah sadar akan kebersihan mobil, sehingga mereka sudah sering sekali mencuci mobil mereka, Autos.id  –  Bahkan ada yang sudah mencuci mobil...

Tips

  Saat salah satu atau kedua ban rusak, maka tentunya ini akan mempengaruhi kinerja sepda motor Anda dengan sangat signigikan. Autos.id  –  Karena, ban...

Tips

Musim hujan telah tiba, dan banjir akan melanda beberapa wilayah di tanah air, ada baiknya melakukan pencegahan sebelum kendaraan kita terendam banjir Jakarta, Autos.id ...