Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Inilah Perodua Alza, Kembaran Avanza dan Xenia Dari Malaysia Yang Lebih Canggih

Inilah Perodua Alza, Kembaran Avanza dan Xenia Dari Malaysia Yang Lebih Canggih

Perodua Alza hadir sebagai kembaran Toyota Avanza, Veloz, dan Daihatsu Xenia yang dijual khusus untuk pasar Malaysia.

Autos.id – Setelah beberapa minggu sebelumnya, Toyota Veloz resmi meluncur di Negeri Jiran Malaysia, kali ini salah satu mobil kembarannya, Perodua Alza resmi meluncur di negara tersebut. Sama seperti Toyota Avanza dan Veloz serta Daihatsu Xenia, Perodua Alza juga berdiri di platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan tampilan yang sedikit berbeda.

Selain itu, beberapa fitur yang tidak di Avanza, Veloz, ataupun Xenia yang dijual di Indonesia, justru hadir pada Perodua Alza versi Malaysia tersebut.

Inilah Perodua Alza, Kembaran Avanza dan Xenia Dari Malaysia Yang Lebih Canggih

Kembaran Avanza, Veloz, dan Xenia

Secara garis besar mobil ini masih 1 basis dan kembaran dari 3 produk LMPV kerjasama Toyota dan Daihatsu yaitu Avanza, Veloz, dan Xenia. Di Perodua Alza sendiri mengusung tampilan yang sedikit lebih sporty. Mulai dari penggunaan grill yang cukup berbeda serta penggunaan bumper yang dibuat lebih sporty. Untuk lampu-lampu, bisa dibilang sudah menggunakan full LED dari lampu dekat dan lampu jauh, lampu sein sekuensial, serta foglamp yang juga LED.

Beralih kebagian samping, secara garis besar masih identik dengan Avanza maupun Xenia. Tetapi beberapa ubahan minor dihadirkan di Alza ini. Mulai dari penggunaan desain velg yang sedikit berbeda meskipun sama-sama menggunakan ukuran 16 inch. Serta untuk varian tertinggi, juga sudah dilengkapi dengan semacam body kit untuk memperkuat kesan yang lebih sporty.

Bagian belakang bisa dibilang juga tidak jauh berbeda dibandingkan produk kembaran lainnya. Yang menarik meskipun lampu kiri dan lampu kanan tidak menyambung, tetapi ada sebuah aksen hitam yang seolah-olah membuat lampu belakang menyambung dari kiri ke kanan. Untuk lampu belakang sendiri sudah menggunakan lampu rem LED bar yang canggih meskipun lampu sein dan lampu mundur masih halogen.

Inilah Perodua Alza, Kembaran Avanza dan Xenia Dari Malaysia Yang Lebih Canggih

Serta bagian bumper belakang mobil ini juga dibuat lebih sporty dengan beberapa aksen hitam dibagian tengah serta housing lampu reflektor belakang. Namun sayangnya mobil ini belum dilengkapi dengan fog lamp belakang. Tetapi untuk safety, sensor parkir di depan dan belakang serta kamera mundur sudah menjadi standar meskipun mobil ini belum dilengkapi kamera 360 derajat.

Beralih ke bagian interior, Perodua Alza mengusung konsep interior Avanza dan Xenia alias bukan menggunakan interior Veloz. Tetapi yang menarika dalah dari penggunaan rem tangan yang sudah menggunakan electronic parking brake dengan Auto Hold. Tetapi desain dashboard yang menggunakan desain dari Avanza dan Xenia yang sedikit berbeda dengan dashboard Veloz..

Mulai dari penggunaan Head Unit Floating berukuran 9 inch dengan konektivitas yang tergolong komplit ke smartphone. Serta pengguanaan instrument cluster digital yang kurang lebih sama seperti di Toyota Veloz maupun Toyota Raize, Daihatsu Rocku, serta Perodua Ativa. Dan untuk jok sendiri menggunakan corak warna hitam dengan beberapa jahitan merah yang menguatkan kesan sporty.

Inilah Perodua Alza, Kembaran Avanza dan Xenia Dari Malaysia Yang Lebih Canggih

Fitur Safety Lebih Lengkap

Berbicara mengenai fitur safety, Perodua Alza tergolong sudah canggih dan bahkan mengalahkan Toyota Veloz versi Indonesia sekalipun. Mulai dari fitur ASA atau Advance Safety Assist yang jauh lebih lengkap dibandingkan Toyota Safety Sense atau TSS di Toyota Veloz versi Indonesia. Fitur seperti Addaptive Cruise Control, Lane Keep Assist yang tidak ada di Veloz versi Indonesia justru hadir di Alza versi Malaysia ini.

Lalu fitur ASA lainnya meliputi Pre Collision Warning, Pre Collision Breaking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Rear Cross Traffic Alert, serta Pedal Misoperation Control juga sudah hadir sebagai standar. Fitur safety standar seperti 6 airbag, rem ABS, EBD, BA, Stability Control, dan Hill Start Assist juga sudah ada. Meskipun begitu rem belakang mobil ini masih tromol bukan cakram seperti Toyota Veloz.

Detail Mesin Dan Varian Perodua Alza

Berbicara mengenai mesin, Perodua Alza hanya tersedia dalam 1 pilihan mesin. Mesin 1.500 cc, 4 silinder dengan kode 2NR-VE menjadi satu-satunya pilihan yang ada pada Perodua Alza. Mesin ini menghasilkan tenaga 106 Ps di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.200 rpm yang kini berpenggerak roda depan serta hanya tersedia dalam pilihan transmisi CVT untuk Perodua Alza versi Malaysia tersebut.

Untuk varian, Perodua Alza hadir dengan 3 pilihan varian yaitu X, H dan AV. Untuk varian X dijual seharaga 62.500 Ringgit atau Rp 210 jutaan, lalu varian H dijual dengan harga 68.000 Ringgit atau Rp 228 jutaan, sedangkan varian tertinggi yaitu AV dijual denga harga 75.000 Ringgit atau Rp 254 jutaan. Bisa dibilang harga Perodua Alza sendiri masih mirip-mirip dengan harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dijual di Indonesia.

Sumber Gambar: Paultan.org

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Toyota Veloz versi Malaysia akan mengganti peran Toyota Avanza di segmen MPV harga terjangkau di negeri Jiran tersebut dan menjadi kembaran dari Perodua Alza....

Berita Otomotif

Uji Tabrak atau Crash Test untuk Toyota Veloz terbaru ini menggunakan standar penilaian terbaru dari ASEAN NCAP periode 2021 hingga 2025. Autos.id – Toyota...

Berita Otomotif

Toyota Avanza versi Filipina tersebut merupakan mobil yang dirakit di Indonesia dan merupakan negara pertama yang hadir dengan konfigrurasi stir kiri. Autos.id – Toyota...

Komparasi

Last updated on 18 Januari, 2022 Kedua mobil baru ini sama-sama dilengkapi dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System) yaitu fitur keselamatan dengan teknologi terbaru....