Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

Porsche Vision Gran Turismo (sumber topgear)

Porsche merilis Supercar listrik Vision Gran Turismo sebagai mobil virtual khususnya. Mobil konsep satu ini akan dirilis di video game Gran Turismo 7 terbaru yang akan datang.

Jakarta, Autos.id – Saat Gran Turismo 6 dirilis pada tahun 2013, studio pengembangnya Polyphony Digital juga meluncurkan Vision Gran Turismo, program yang menampilkan desain mobil konsep perusahaan otomotif di dunia nyata yag hanya ada di dunia virtual video game. Sudah ada merek seperti Mercedes-Benz, Lamborghini, dan Mazda yang ikut serta.

Porsche sebelumnya sudah termasuk dalam video game Gran Turismo sejak tahun 2017, tetapi tidak pernah menjadi tokoh utamanya. Kali ini, perusahaan otomotif Jerman ini merilis Vision Gran Turismo, mobil balap konseptual yang tidak hanya untuk permainan game.

Menampilkan mobil masa depan Porsche dan keikutsertaannya elektrifikasi, Vision Gran Turismo akan tampil di Gran Turismo 7 yang rilis pada 4 Maret 2022. Game satu ini tersedia di PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Porsche Vision Gran Turismo

Porsche Vision Gran Turismo

Mobil low-slung supercar ini sepenuhnya ditenagai dengan listrik, tetapi memiliki proporsi sport car mid-engine. Konsep ini memiliki track yang sangat luas dengan fender yang menonjol dan mengikuti bentuk ban seolah penutupnya. Di bagian lampu depan, bentuknya dibuat persegi panjang dengan air intake mengelilinginya.

Di bagian belakang mobil ada sebuah lampu tipis panjang yang sudah biasa ditemukan dalam desain Porsche. Diffuser berukuran besar juga diletakkan di bawah logo nama Porsche. Sedangkan splitter-nya memanjang dari bagian bumper depan. Desain luar ini memang menyerupai Taycan, terutama di bagian lampu depan mobil dan air intake.

Bagian interior juga dibuat futuristik dengan kursi berposisi rendah. Menurut Markus Auerbach, Kepala Desain Interior Porsche, dalam Hypebeast, material desain ini terdiri dari karbon dan titanium. Mereka mencari sangat lama cara penggabungannya untuk mengurangi berat mobil dan meningkatkan performanya sekaligus.

Porsche-Vision-Gran-Turismo

Selain itu, semua bagian interior ini dibuat dari bahan vegan, setidaknya di dunia virtual. Elemen lain di dalamnya termasuk head-up display berbentuk hologram yang melayang di belakang setir mobil. Sisanya dibuat seminimal mungkin, senada dengan gaya purist semua mobil Porsche. Bahkan pintunya sendiri bukan pintu biasanya. Namun memakai desain kanopi berengsel di depan sehingga membukanya dengan menarik secara vertikal.

Menurut Porsche, mobil satu ini memberikan tampilan awal bagaimana mobil balap listrik akan terlihat dalam waktu 10 tahun. Seperti yang dibilang oleh Michael Mauer, Wakil Presiden Style Porsche, “Sebuah kendaraan yang didesain murni untuk dunia virtual membuka banyak kemungkinan untuk kami yang akan berat untuk proses desain biasa untuk mobil seri produksi.

“Proyek seperti Porsche Vision Gran Turismo sangat berharga untuk proses kreatif kami. Membantu kami mengembangkan lebih jelas DNA Desain Porsche dan bertukar dengan desainer dari industri lain adalah bagian penting dalam pekerjaan kami.”

Tentunya desain satu ini hanya akan hadir di dunia virtual. Namun desainer eksterior Ingo Bauer-Scheinhutte berkata tentunya akan ada elemen desain yang akan bisa terlihat di masa depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Kriteria yang mendefinisikan hypercar bisa dikatakan tidak terlalu jelas. Apakah mobil hypercar harus seharga milyaran atau dibuat untuk produksi terbatas sehingga cocok? Autos.id  – ...

Mobil

Porsche akan bergabung dengan BMW dan Mini yang akan saling bergantian menjadi penyuplai Safety Car diajang balap Formula E musim 2022 yang akan segera...

Berita Otomotif

Dengan kenaikan angka penjualan yang didapat Porsche selama tahun 2021 ini, membuat Porsche kembali meraih minat konsumen, khususnya untuk para “Petrol Head”. Autos.id –...

Berita Otomotif

Berkendara tiga mil secara vertikal di dalam mobil adalah prestasi yang agak sulit untuk dilampaui. Untuk melakukannya, Anda harus memulai jauh di bawah titik...