Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Yamaha YZR-M1 Buat Musim 2023 Kita intip yuk

Mengintip Motor Balap Yamaha YZR-M1 Yang Siap Digunakan Pada MotoGP 2023

Motor terbaru Yamaha YZR-M1 untuk MotoGP musim 2023 diyakin bisa mengatasi berbagai kekurangan yang hadir pada motor tahun sebelumnya.

Autos.id – Pada Selasa (18/1/2023), tim Monster Enegery Yamaha MotoGP baru saja meluncurkan motor balap YZR-M1 untuk digunakan pada ajang MotoGP musim 2023 ini. Pada acara peluncuran yang berlangsung di Jakarta ini hadir dengan ubahan yang signifikan dibandingkan spek YZR-M1 tahun sebelumnya.

Motor Yamaha YZR-M1 yang akan digunakan pada MotoGP musim 2023 ini tetap akan dikendarai oleh Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Mengintip Motor Balap Yamaha YZR-M1 Yang Siap Digunakan Pada MotoGP 2023

Intip YZR-M1 Spek 2023

Dalam acara peluncuran tersebut, secara visual yang jelas berubah adalah penggunaan desain livery baru untuk musim balap 2023 ini. Pada dasarnya motor ini tetap menggunakan warna dasar biru dan hitam yang sudah menjadi identitas baik itu Yamaha maupun Monster Energy. Meskipun secara spesifikasi belum diungkap secara gamblang, namun motor tahun 2023 ini sudah mendapatkan ubahan yang signifikan.

General Manager Motorsport Development Division of Yamaha Motor Racing, Takihiro Sumi menyebut salah satu ubahan terbesar adalah dari segi top speed. Area top speed ini menjadi salah satu ubahan penting mengingat sektor ini dikeluhkan baik itu Quartararo maupun Morbidelli yang menyebut motor tahun sangat lamban dalam hal top speed.

Sumi menyebutkan bahwa timnya sudah bekerja keras dalam mengatasi problem top speed yang dikeluhkan kedua pembalapnya. “Kami meyakini bahwa motor tahun ini bisa mengimbangi para kompetitor. Terlebih kami sudah banyak mempelajari berbagai kekurangan motor tahun sebelumnya yang diharapkan bisa membaik di tahun ini”, ujarnya dalam acara peluncuran.

Mesin Baru dan Harapan Stabilitas bagi Yamaha YZR-M1

Yang menarik, Yamaha merupakan satu-satunya pabrikan MotoGP yang mengadopsi stuktur mesin in-line four disaat pabrikan lainnya sudah menggunakan konfigurasi V4. Motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc, 4 silinder segaris dengan crossplane crankshaft. Mesin ini juga dibekali berpendingin cairan untuk memberikan performa serta durabilitas yang lebih baik.

Mengintip Motor Balap Yamaha YZR-M1 Yang Siap Digunakan Pada MotoGP 2023

Motor ini menghasilkan tenaga hingga 240 p yang disambungkan dengan transmisi 6 speed. Top speed dari motor ini bisa mencapai 350 km/jam. Motor ini juga dibekali dengan sasis alumunium twin-tube Delta Box dengan multi-adjustable steering geometry. Sedangkan dibekalang juga terdapat swingarm alumunium.

Untuk handling dan menikung yang lebih baik, motor ini juga dibekali dengan suspensi upside down depan dan belakng dari Ohlins. Lalu untuk sistem ECU dari motor ini dipasok oleh Magneti Marelli yang sudah ditunjuk FIM sebagai pemasoK ECU tunggal.

Untuk area kaki-kaki, Yamaha YZR-M1 spek 2023 ini menggunakan velg forger magnesium berukuran 17 inch di depan dan belakang. Serta untuk ban sendiri dipasok oleh Michelin yang menjadi supplier ban resmi MotoGP dengan konfiguras ban slick untuk lintasan kering serta ban basah. Serta untuk pengereman sendiri menggunakan ukuran 320 dan 340 mm dari Brembo.

Sesuai dengan regulasi dari FIM dan Dorna, motor ini memiliki bobot maksimal 157 kg. Target bagi tim Monster Energy Yamaha MotoGP ditahun 2023 tentu untuk kembali merebut gelar juara dunia yang terlepas tahun lalu. Menarik untuk melihat kiprah tim asal Jepang ini pada ajang balap MotoGP musim 2023 ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Tanpa adanya tim satelit membuat Yamaha hanya akan menurunkan 1 tim dengan 2 motor saja untuk MotoGP musim 2023 mendatang. Autos.id – Sejak keikutsertaan...

Motor

Motor balap Yamaha YZR-M1 yang Fabio Quartararo bawa pulang merupakan motor tahun 2021 yang mengantarnya meraih gelar juara dunia MotoGP pertamanya. Autos.id – MotoGP...

Balap

Seri perdana MotoGP 2019 sudah digelar pada Minggu (10/3) di Sirkuit Losail, Qatar, Uni Emirat Arab. Pada seri perdana MotoGP 2019 yang dihelat akhir...

Balap

MotoGP 2018 kemarin boleh dibilang sebagai musim yang berat untuk Yamaha. Karena selain sering mengalami masalah pada motor pembalapnya, sepanjang musim kemarin, Yamaha juga...