Motor

Yamaha Perkenalkan Skuter Listrik EC-05 di Taiwan

Bekerjasama dengan Gegoro, Yamaha Perkenalkan kendaraan listrik EC-05

Autos.id  – Suka atau tidak, kendaraan listrik pasti akan berade di lingkutan kita dan Yamaha mengambil langkah maju dengan menghadirkan skuter listrik Yamaha EC-05 (e-skuter), menggunakan teknologi dari Gogoro, pembuat skuter elektronik Taiwan. Mengklaim peningkatan jangkauan dan kinerja dari sel baterai lithium-ion format 2170 Gogoro yang besar, Yamaha akan merilis EC-05 untuk pasar Taiwan pada bulan Agustus 2019.

Gogoro dimulai di Taiwan dengan paket baterai swappable untuk e-skuter, memungkinkan pengendara dengan cepat mengisi ulang baterai yang sudah kosong dan memperluas jangkauan berkendara. Gogoro juga telah memelopori pertukaran baterai e-skuter di kota-kota Eropa seperti Berlin dan Paris, dalam kemitraan dengan Bosch.

ILHA DE FORMOSA

Didesain stylish serta sederhana, Yamaha EC-05 tampil keren dan mewadahi lifestyle kaum muda di negara kepulauan berjuluk Ilha de Formosa itu. Dan Yamaha EC-05 adalah sebuah jawaban dari pabrikan berlogo garpu tala itu dalam meluncurkan produk non-emisi. Berdimensi terbilang mungil, skuter listrik ditujukan untuk menunjang mobilitas perkotaan.

Terkait tenaga, Yamaha belum mengumumkan secara resmi kemampuan dari skuter listrik EC-05. Namun skuter ini diperkirakan mampu melaju dengan kecepatan 85 – 95 km per jam dengan daya jelajah 100 km. Sementara keunggulan lainnya, baterai sebagai pemasok dayanya bisa dibongkar pasang.

Gesits, Motor Listrik Karya Anak Bangsa

Dari hasil kolaborasi ini, Yamaha mendapatkan porsi mendesain langsung EC-05, sedangkan bagian jeroan motor hampir semuanya dikerjakan Gogoro. Oleh karena itu, skuter milik Yamaha ini diharapkan memiliki kinerja setara skuter listrik Gogoro Seri 2.

Sebagai catatan, skuter Gogoro sendiri mampu menampung dua paket baterai berkapasitas tinggi. Baterai bisa diisi di rumah atau ditukar ke stasiun penggantian baterai yang tersedia.

MOTOR LISTRIK GESITS

Skuter listrik hasil kolaborasi tadi mungkin adalah model terbaru dari serangkaian sepeda motor bertenaga listrik milik Yamaha. Sebelumnya perusahaan ini dikabarkan menjalin kemitraan dengan Honda, Kawasaki, dan Suzuki untuk memfasilitasi pembentukan standar sepeda motor baterai listrik yang sumber dayanya bisa ditukar pakai.

Di Indonesia sendiri, sudah hadir motor listrik Gesits yang mengadopsi permanent magnet synchronous motor 2kW rated, 5kW peak. Tenaga puncaknya 5kW atau 7,5 Tk pada 3.600 rpm, dan torsi maksimal 30 Nm pada 0-2.125 rpm.

Pertamina dan UNS Berhasil Produksi Baterai untuk Motor Listrik

Gesits sendiri dibandrol dengan harga sekitar Rp 25 juta, mungkinkah Yamaha menghadirkan motor listrik EC-05 ini ke Indonesia? Kita tunggu saja kehadirannya!

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top