Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Royal Enfield Meluncurkan Motor Konsep SG650, Dengan Wujud Bobber

Identik dengan motor-motor berdesain retro dan klasik, Royal Enfield meluncurkan motor konsep SG650 dengan desain serta teknologi modern yang membuat Royal Enfield mengarah ke teknologi masa depan.

Milan, Autos.id – Pada ajang EICMA 2021 di Milan, Italia, Royal Enfield meluncurkan motor konsep terbaru mereka yaitu SG650. Motor ini nantinya akan masuk kepasar motor bobber atau motor dengan bodi naked dengan tampilan yang garang. Sebelumnya ditahun 2018, Royal Enfield pernah meluncurkan versi konsep KX V-Twin yang sayangny tidak terealisasikan.

Motor konsep dari SG650 ini merupakan hasil dari tantangnya dari Mark Wells yang merupakan Chief of Design kepada tim desain industry dari Royal Enfield.

Ide dari perancangan motor konsep ini untuk menunjukan transisi menuju produk masa depan yang sedang dilakukan oleh Royal Enfiled. Prototype motor tersebut dibungkus kedalam sebuah bingkai yang berupa meteor dengan sedikit mengintepretasi sentuhan motor bobber modern. Kabarnya motor ini akan menggunakan mesin Interceptor serta Continetal GT berkapasutas 650 cc.

Royal Enfield Meluncurkan Motor Konsep SG650, Motor Dengan Wujud Bobber

Royal Konsep SG650

Mark wells sendiri menyebutkan bahwa perusahaan sedang dalam masa transisi dimana selama ini Royal Enfield merupakan representasi dari era analag. “Sekarang waktunya kami untuk mulai mengembangkan produk baru yang mengrah ke digitalisasi dan mengarah ke masa depan. Dimana salah satu caranya adalah memberikan kesempatan kepada tim desain untuk mengembangkan diri secara kreatif, maka hadirlah konsep SG650 ini” ujar Mark Wells.

 

Motor Bobber Bernuansa Modern

Mark Wells juga menyebutkan bahwa komponen dari SG650 ini dibuat secara individual yang artinya dibuat satu kali atau dirancang khusus untuk 1 unit tersebut. Kemudian penggunaan tangki berwujud tradisional yang dirakit dengan mesin bilet CNC dari blok alumunium yang solid seperti velg motor ini. Kemudian bingkai yang dipakai tersebut juga akan digunakan sebagai komponen untuk mesin SG650 nantinya.

Lalu juga penggunan cover lampu depan hingga tangki bbm yang menyatu juga memberikan kesan motor yang berperforma tinggi. Lalu juga penggunaan headlamp secara organic yang menggabungkan rakitan tachometer dan speedometer LED disebelah kiri dan sistem navigsi terbaru dari Tripper yang sudah diperkenalkan di Royal Enfield Himalayan model tahun 2022 dibagian kanan.

 

Kemudian skema cat monokratik yang memudar daru perak kebagian depan dan spakbor belakang hitam menjadi nilai jual utama motor ini. Dan juga oanel samping yang menutupi kotak udara juga dibuat lebih membulat. Dan juga motor ini menggunakan konsep low-slung dengan ban kekar dikedua rodanya serta dilengkapi dengan rem cakram yang memiliki fitur dul cutoyt tanpa lubang.

Royal Enfield Meluncurkan Motor Konsep SG650, Motor Dengan Wujud Bobber

Mesin RE Konsep SG650

Berbicara mengenai fitur safety, selain dilengakpi dengan 2 cakram baik didepan dan belakang, sistem ABS juga sudah hadir sebagai fitur safety standar. Dan juga garpu upside down serta penutup lampu depan berbahan alumunium memberi kesan motor yang datang daru masa depan. Serta yang tidak kalah menarik, suspensi ganda dibelakang yang mirip dengan Meteor 350.

Dengan konsep inilah membuat SG650 ini merupakan sebuah motor bobber yang macho tetapi dibalut dengan sentuhan modern serta futuristik. Terlebih dengan adanyanya skema cat grafik seperti “transformasi digital” yang memperkuat nuansa modern dan futuristik tersebut. Belum diketahui kapan Royal Enfield akan memproduksi SG650 ini dan dijual kepada konsumen, kita tunggu saja!.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Royal Enfield meluncurkan seri All-new Classic 350 dengan desain klasik retro yang tidak lekang oleh waktu. Jakarta, Autos.id  –  Memperingati hari jadi ke-122 tahun,...

Motor

Berpenampilan (Red) untuk mendukung perang (Red) melawan pandemi, menjadi sebuah pesan pada kesadaran, tanggungjawab dan persatuan Jakarta, Autos.id  –  Kemitraan antara Piaggio Group dan...

Motor

Rencananya, Honda Hornet ini akan dilahirkan kembali setelah kemunculan terakhirnya ditahun 2013. Dan juga akan masuk kekelas motor naked kelas menengah ditahun 2022 mendatang....

Royal Enfield

Unit perakitan baru di Thailand akan memperkuat bisnis dan pertumbuhan Royal Enfield di kawasan Asia-Pasifik Thailand, Autos.id –  Royal Enfield, pemimpin global di segmen...