Motor

Royal Enfield Himalayan Secara Resmi Dirilis

Royal Enfield Himalayan
Telah Diuji Ribuan Kilometer

New Delhi, Autos.id – Royal Enfield akhirnya secara resmi memperkenalkan Royal Enfield Himalayan, Sebuah model terbaru Royal Enfield yang dirancang khusus untuk petualangan dan touring di pegunungan Himalaya.

Dengan membawa pengalaman riding di Pegunungan Himalaya selama 60 tahun dengan desain ground-up, dan didukung dengan mesin LS 410 terbaru, Royal Enfield Himalayan menghadirkan bentuk petualangan touring yang murni, tidak ekstrim, dan lebih aksesibel di India. Bahkan, kemampuan off-road sangat baik yang dimiliki sepeda motor ini membuatnya mampu untuk melewati daerah perkotaan, maupun jalur pegunungan yang berbahaya.

“Himalayan merupakan puncak dari sejarah abadi Royal Enfield selama 60 tahun di rumah spiritualnya, pegunungan Himalaya. Selama bertahun-tahun berkendara kami mendapatkan inspirasi bahwa sepeda motor terbaik untuk Himalaya bukanlah sepeda motor yang dapat mendominasi lanskap, tetapi justru yang mampu mengalir melewati lanskap tersebut,” kata Siddhartha Lal, MD & CEO Eicher Motors Ltd, dalam keterangan persnya di India.

Menurut dia, selama ini para penggemar adventure touring dalam skala besar tidak dapat berkendara dengan baik di Pegunungan Himalaya karena motor-motornya yang berat, rumit, mengintimidasi dan tidak benar-benar didesain untuk lingkungan pegunungan tersebut. “Dengan desain ground-up, Himalayan merupakan sepeda motor yang sederhana dan mampu dikendarai kemana saja, yang tentunya akan membangkitkan kembali semangat untuk mendapatkan pengalaman touring adventure,” kata dia.

Diklaim Sebagai Adventure Touring Bike Sejati

Diklaim Sebagai Adventure Touring Bike Sejati

Dibangun pada bingkai duplex split cradle yang dirancang dan dikembangkan oleh Harris Performance, Royal Enfield Himalayan diklaim sangat stabil dan juga lincah. Sebuah suspensi mono shock belakang yang kuat dan saling terkait memungkinkan pengendara untuk melakukan perjalanan lebih lama dan memberikan pengalaman berkendara yang halus, terlepas dari medannya.

Ground clearance 220 mm yang dimiliki oleh Himalayan membuat sepeda motor ini dapat mengatasi seluruh rintangan dengan nyaman di Pegunungan Himalaya, seperti bebatuan dan persimpangan sungai. Kombinasi ukuran ban yang optimal menghasilkan kontrol yang baik saat berkendara melewati bebatuan dan jalur bekas roda.

Royal Enfield Himalayan didukung dengan mesin overhead camshaft yang membentuk dasar untuk mesin long stroke LS 410 yang baru. Seluruh mesin baru ini memberikan torsi tinggi dan daya yang dapat digunakan pada RPM terendah. Hal ini dirancang untuk berkendara halus dengan gigi tinggi pada  kecepatan rendah, sehingga mudah untuk mendaki bukit, maupun manuver dalam melalui kemacetan lalu lintas. Desain dan bahan-bahan mesin yang modern diciptakan untuk peningkatan efisiensi dengan tingkat pemeliharaan yang rendah, dan mesin dapat digunakan untuk berkendara sejauh 10.000 kilometer di antara pergantian oli.

“Apa yang membuat saya tertarik mengenai sepeda motor baru kami adalah sepeda motor ini dibangun di atas filosofi dasar Royal Enfield, yaitu menyeimbangkan aspirasi dengan akses. Hal ini memungkinkan pengendara profesional maupun penggemar motor untuk melakukan hal yang lebih dengan satu sepeda motor. Royal Enfield Himalayan melayani tujuan yang ingin dicapai oleh pengendara berpengalaman dan pada saat yang bersamaan juga membuka jalan bagi lebih banyak orang untuk mendapatkan kepercayaan diri bahwa mereka mampu berkendara di jalanan yang jarang dilalui, melebihi kebutuhan komuter mereka sehari-hari,” timpal Rudratej (Rudy) Singh, Presiden Royal Enfield.

Mulai Dipamerkan di India

Mulai Dipamerkan di India

Ia juga menambahkan, sebuah sinkronisasi praktis antara footpegs, stang dan ketinggian tempat duduk, dapat memberikan postur berkendara tegak yang nyaman untuk perjalanan panjang. Ketinggian tempat duduk 800 mm yang aksesibel, dengan keseimbangan berat memberikan kemudahan untuk menapakkan kaki di jalan dengan kontrol penuh. Royal Enfield Himalayan dilengkapi dengan ban dual-purpose yang memberikan pegangan dan kinerja baik dalam berbagai kondisi. Selain melengkapi kontrol pengereman, rem cakram 300 mm di depan dan 240 mm di belakang juga membantu untuk mengurangi usaha pengereman.

Royal Enfield telah menginvestasikan waktu dan tenaga dalam pengujian Royal Enfield Himalayan secara ekstensif dengan para ahli dengan melewati berbagai medan off-road dan on-road. Mulai dari lapangan udara Bruntingthorpe di Inggris hingga arena balap di Sriperumbudur, Chennai. Dari medan off-road di perkotaan hingga dalam kondisi riding sesungguhnya di pegunungan Himalaya; sepeda motor ini telah melewati ratusan ribu kilometer dan jarak tempuh yang kumulatif sebelum mencapai lini produksi.

Tersedia dalam dua pilihan warna, Granite dan Snow, Royal Enfield Himalayan akan dipamerkan pada beberapa gerai Royal Enfield di New Delhi, India mulai dari 3 Februari 2016. Pelanggan dapat memesan dan melakukan test ride Himalayan di India dari mulai 17 Maret 2016.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top