Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Honda Wave Alpha, Kembaran Revo dari Malaysia

Inilah Honda Wave Alpha 2023, Kembaran Honda Revo Dari Malaysia

Honda Wave Alpha sendiri merupakan kembaran dari Honda Revo di Malaysia yang hadir dengan beberapa penyegaran di awal tahun 2023 ini.

Autos.id – Berbicara mengenai motor bebek dari Honda yang populer di Indonesia, Honda Revo adalah salah satu pilihannya. Malaysia sendiri, Honda Revo juga memiliki kembaran yang namanya Honda Wave Alpha. Dan diawal tahun 2023 ini, Honda Malaysia memberikan update pada Wave Alpha ini.

Beberapa ubahan ini diantaranya penggunaan mesin baru, serta pilihan warna-warna baru yang memberikan kesan yang lebih segar.

Inilah Honda Wave Alpha 2023, Kembaran Honda Revo Dari Malaysia

Wujud Honda Wave Alpha 2023

Dikutip dari Paultan, beberapa ubahan tersebut terlihat menarik dan eye catching oleh Honda pada Wave Alpha ini. Namun secara garis besar, motor ini masih mempertahankan ciri khas motor bebek entry level. Mulai dari penggunan desain minimalis tanpa garis-garis tajam serta tetap mengusung tarik bodi dan sayap yang cendrung lebih ramping.

Berbicara soal dimensi, Honda Wave Alpha memiliki panjang 1.937 mm, lebar 709 mm, serta tinggi 1.090 mm. Secara dimensi, motor ini lebih panjang 18 mm daripada Honda Revo, meskipun lebar dan tinggi motor ini sama persis dengan Revo. Serta bobot motor ini juga sama dengan Honda Revo yaitu 98 kg.

Lalu dari segi wheelbase juga masih sama persis yaitu 1.227 mm, tinggi jok di 768 mm, serta ground clearance di 138 mm. Ubahan signifikan adalah dari segi kapasitas tangki  BBM yang kini bertambah menjadi 4,1 liter. Kapasitas tangki Honda Wave Alpha ini bahkan lebih banyak 0,1 liter daripada Honda Revo.

Inilah Honda Wave Alpha 2023, Kembaran Honda Revo Dari Malaysia

Untuk bagian kaki-kaki, Honda tidak memberikan ubahan yang signifikan. Mulai dari penggunaan ban velg berukuran 70/90 di depan serta 80/90 untuk bagian belakang. Serta dari sistem pengereman masih sama yaitu rem cakram untuk bagian depan dan rem tromol bagian belakang.

Mesin Alpha Wave Juga Berubah total

Ubahan lainnya adalah dari penggunaan mesin dari sebelumnya menggunakan karburator kini beralih menjadi full injection. Mesinnya sendiri berkapasitas 109,1 cc, silinder tunggal dengan diameter x langkah 50,0 x 55,6 mm. Tenaga-nya mencapai 6,5 kW di 7.500 rpm serta torsi 8,7 kW di 5.500 rpm

Mesin ini memiliki kompresi 9,3:1 yang memberikan konsumsi BBM yang jauh lebih irit. Dengan dukungan tangki yang lebih besar, konsumsi BBM motor ini klaim bisa mencapai 70,9 km/liter atau naik 12,3 km/liter dari versi sebelumnya menurut data pengetesan WMTC (World Motorcycle Test Cycle).

Inilah Honda Wave Alpha 2023, Kembaran Honda Revo Dari Malaysia

Beberapa fitur unggulan dari motor ini adalah kapasitas bagasi sendiri naik 2 kali lipat menjadi 7,3 liter. Serta yang menarik, motor ini masih tersedia pilihan kick starter yang saat ini mulai jarang terlihat pada motor-motor modern. Tetapi electric starter juga tetap tersedia  untuk menyalakan mesin motor ini.

Untuk harga sendiri, Honda Wave Alpha banderol dengan harga 5.179 Ringgit atau setara Rp 18 jutaan. Bila membandingkan Honda Revo di Indonesia dengan Malaysia, sedikit lebih mahal karena Honda Revo sendiri banderolnya hanya Rp15 hingga Rp17 juta.

Ada 3 pilihan warna pada Honda Wave Alpha 2023 ini yaitu Nightfall Blue, Vivacity Red, serta Clipper Yellow.

Sayangnya, kembarannya bersolek manis namun Revo-nya sendiri malah tidak bersolek sama sekali. Astra Honda Motor poles lagi dong Revo-nya bisa keren!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Kembaran Honda Supra GTR di Malaysia, Honda RS-X 150 baru saja mendapatkan ubahan yang memberikan kesan yang lebih segar pada motor bebek sporty yang...

Berita Otomotif

Masalah chip semikonduktor diduga menjadi faktor terkuat mengapa inden Honda HR-V di Malaysia bisa mencapai 1 tahun lamanya. Autos.id  –  Selain di Indonesia, generasi...

Reviews

Honda HR-V versi Malaysia hadir dengan versi mesin Hybrid, pilihan mesin yang tidak dihadirkan Honda Prospect Motor untuk HR-V versi Indonesia. Autos.id – Generasi...

Berita Otomotif

Setelah sebelumnya versi “Black Edition” ini sudah meluncur di Jepang dan Thailand dengan ubahan yang dilengkapi dengan aksen serba berwarna hitam. Autos.id – Honda...