Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Honda Recall Rebel 1100 di Amerika Serikat, Ini Masalahnya!

Honda Rebel 1100 Harus Kena Recall Di Amerika Serikat, Ini Permasalahannya

Honda Rebel 1100 ini menjadi motor berikutnya yang harus terkena recall atau penarikan kembali unit karena masalah radiator yang cacat produksi dan membahayakan keselamatan pengendarannya.

Autos.id – Baru-baru ini, American Honda Motor Company alias ATPM sepeda motor Honda di Amerika Serikat merilis informasi mengenai recall Honda Rebel 1100. Alasan Honda Amerika melakukan recall pada motor naked ini karena masalah tutup radiator motor yang bermasalah. Kurang lebih ada 1.022 unit di Amerika Serikat yang terkena Recall ini.

Sebanyak 1.022 unit Honda Rebel 1100 ini yang terkena recall merupakan unit motor yang diproduksi antara tanggal 10 April hingga 22 Juli 2021 ini.

 

Honda Rebel 1100 Harus Kena Recall Di Amerika Serikat, Ini Permasalahannya

Awal Mula Masalah Radiator

Awal mula masalah pada radiator Honda Rebel 1100 ini pertama kali ditemukan pihak Honda Jepang. Dimana pada bulan Juli lalu, pihak Honda melakukan penyelidikan resmi terhadap masalah radiator motot ini. Menurut beberapa laporan, awal mula masalah ini berawal dari prodses pembuatan motor. Dimana cetakan tutup radiator yang tidak rapat saat membentuk ketinggian kait luar.

Hal tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu problem yang berkaitan dengan spesifikasi pabrik yang lebih dari seharusnya. Akibatnya adalah tutup radiator yang bermasalah tersebut tidak bisa bisa menyegel dengan baik dan benar. Dan karena desain produksi yang tidak benar ini bisa beresiko kepada keselamatan berkendara karena menyebabkan radiator bocor atau menyemburkan air cooled yang panas ketika mesin dinyalakan.

Masalah ini sudah diperbaiki pihak Honda dan sudah melalui langkah-langkah pemeriksaan tambahan yang dilakukan untuk memastikan bahwa bagian ini diproduksi sesuai spesifikasi dari pabrik. Setelah ditemukannya masalah tersbut, pihak Honda Amerika langsung menghubungi para pemiliki Honda Rebel 1100 yang terkena dampak recall tersebut.

 

Nantinya proses recall ini akan dilakukan langsung di dealer resmi Honda Powersports terdekat diselurih Amerika Serikat untuk pemeriksaan dan pergantian part radiator ini. Rencananya, Honda Amerika Serikat sendiri akan mulai melakukan recall unit Honda Rebel 1100 ini pada 13 Febrauri 2022 mendatang.

 

Honda Rebel 1100 Harus Kena Recall Di Amerika Serikat, Ini Permasalahannya

Bukan Masalah Yang Pertama

Masalah radiator yang tidak sesuai ketentuan produksi ini bukanlah hal pertama kali yang terjadi. Sebelum Honda Rebel 1100 mengalami masalah tersebut, beberapa motor Honda juga mengalami recall dengan masalah serupa. Diantaranya Honda CBR1000RRR Fireblade, Honda CB400 Superfour, serta CB400 Super Bol D’Or yang juga mengalami recall.

Tetapi recall yang terjadi dengan motor-motor baru berlaku untuk unit motor yang dijual di Jepang. Meskipun begitu, beberapa negara yang menjual motor-motor tersebut juga akan mengalami recall atau penarikan unit untuk digantikan part yang baru.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Masalah inflator airbag yang mudah meledak membuat General Motors terpaksa me-recall sekitar 2.687 mobil SUV dari berbagai brand dibawah naungan mereka. Autos.id – Baru-baru...

Berita Otomotif

Masalah yang terjadi pada Lamborghini Huracan ini karena sekrup lampu depan yang tidak terpasang secara sempurna dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Autos.id – Baru-baru ini,...

Berita Otomotif

Sistem rem otomatis yang tiba-tiba menyala saat tidak dibutuhkan dan dalam kondisi berjalan dikecepatan tinggi yang membuat Honda terpaksa melakukan recall pada 1,7 juta...

Berita Otomotif

Recall belasan ribu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bermesin Hybrid ini disebabkan problem programing sistem di mesin Hybrid mobil ini. Autos.id –  Toyota Raize...