Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Aprilia Akan Segera Kehilangan Hak Konsesi Mereka Di Ajang MotoGP

Aprilia Akan Segera Kehilangan Hak Konsesi Mereka Di Ajang MotoGP
Aprilia RS GP 2022 Yang Digunakan Tim Aprilia Untuk MotoGP 2022

Aturan hak konsesi pada ajang MotoGP ini di perkenalkan di tahun 2016 silam sebagai bentuk untuk menyamakan level persaingan di ajang MotoGP antar setiap pabrikan.

Autos.id – Kemenangan perdana Aleix Espargaro pada balapan MotoGP Argentina pada hari Minggu kemarin (3/4/2022) membuat Aprilia akan kehilangan hak konsesi mereka di ajang MotoGP. Saat ini Aprilia sudah mengantongi 4 poin konsesi semenjak aturan konsesi di berlakukan di ajang MotoGP pada tahun 2016 dan selangakah lagi akan kehilangan hak konsesi mereka.

Artinya apabila Aprilia setidaknya meraih posisi kedua di salah satu balapan, maka Aprilia otomatis kehilangan hak konsesi mereka.

Aprilia Akan Segera Kehilangan Hak Konsesi Mereka Di Ajang MotoGP

Pemenang MotoGP Argentina, Aleix Espragaro

Mekanisme Hak Konsesi di MotoGP

Pada tahun 2016 silam, Asosial Pabrikan MotoGP atau MSMA memperkenalkan sebuah sistem yang di beri nama konsensi. Sistem tersebut di berlakukan untuk membuat level persaingan di ajang balap MotoGP bisa lebih seimbang. Hal ini di lakukan meningat pada medio tahun tersebut, Honda dan Yamaha terlihat sangat mendominasi ajang MotoGP dan membuat pabrikan lainnya kesulitan melewati level kedua pabrikan Jepang tersebut.

Dalam aturan hak konsesi tersebut, setiap pabrikan yang masih dalam tahap berkembang mendapatkan beberapa benefit yang tidak diberikan pada pabrikan unggulan. Hak itu meliputi kebebasan pabrikan dalam pengembangan mesin, alokasi jatah mesin yang lebih banyak setiap musimnya, hingga jumlah tes resmi yang lebih banyak.

Dalam sistem konsesi ini, di berikan beberapa poin yang saat setiap pabrikan mendapatkan hasil podium akan mendapat poin konsesi. Untuk podium ketiga meraih 1 poin, podium kedua meraih 2 poin, sedangkan podium ketiga mendapat 3 poin. Apabila setiap pabrikan sudah mendapat total 6 poin konsesi atau lebih, maka hak konsesi mereka akan di cabut untuk musim depan.

Aprilia Akan Segera Kehilangan Hak Konsesi Mereka Di Ajang MotoGP

Rekan Setim Aleix Espargaro Di Tim Aprilia, Maverick Vinales

Artinya pabrikan tersebut sudah tidak di perbolehkan lagi melakukan pengembangan mesin secara radikal, alokasi jatah mesin yang setara dengan pabrikan lainnya yaitu 7, serta tes resmi yang juga di batasi atau kurang lebih sama dengan pabrikan lainnya. Sejak aturan ini di berlakukan pada tahun 2016, beberapa pabrikan yang mendapat hak konsesi seperti Ducati, Suzuki, serta KTM sudah dicabut hak konsesi-nya seiring meningkatnya prestasi ketiga pabrikan ini dalam beberapa tahun terakhir.

Dan bisa saja Aprilia akan kehilangan hak konsesi-nya untuk musim depan apabila di salah satu balapan Aprilia bisa meraih setidaknya podium kedua dan mendapat tambahan 2 poin konsesi. Alhasil Aprilia akan kehilangan hak konsesi mereka untuk musim balap tahun depan. Dan bisa saja di balapan GP Amerika di Circuit of The Americas akhir pekan ini, Aprilia akan kehilangan hak konsesi apabila kembali meraih hasil gemilang untuk balapan akhir pekan ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Kemenangan pada GP Inggris ini merupakan kemenangan keempat yang diraih oleh Francesco Bagnaia sepanjang MotoGP musim 2022 kali ini. Autos.id – Setelah libur paruh...

Balap

Balapan GP Belanda akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir pada paruh pertama musim ini sebelum nantinya akan ada summer break selama 1 bulan....

Balap

Dengan kemenangan di Sirkuit Sachsenring kali ini, Fabio Quartararo akhirnya menjadi raja baru di sirkuit tersebut karena Marq Marquez harus absen pada GP Jerman...

Balap

Balapan GP Jerman kali ini akan sangat berbeda mengingat raja GP Jerman, Marq Marquez masih harus absen karena masih dalam penyembuhan akibat operasi pada...