Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Toyota AE86 Milik Takumi Jadi Hidrogen dan Listrik?

Ini Jadinya Bila Toyota AE86 Dikonversi Menjadi Mobil Hidrogen Dan Listrik

Toyota AE86 yang di ubah menjadi mobil hidrogen dan listrik ini pada dasarnya tetap mempertahankan beberapa part original dari AE86 itu sendiri.

Autos.id – Ajang pameran Tokyo Auto Salon 2023 menjadi salah satu acara di mana Anda bisa melihat berbagai mobil dengan modifikasi yang unik. Salah satunya adalah mobil lawas Toyota AE86 yang di sulap menjadi sebuah mobil hidrogen dan listrik yang cendrung lebih ramah lingkungan.

Modifikasi Toyota AE86 menjadi mobil hidrogen menjadi salah satu tampilan utama Toyota pada pameran yang satu ini.

Ini Jadinya Bila Toyota AE86 Dikonversi Menjadi Mobil Hidrogen Dan Listrik

Intip Modifikasinya

Dikutip dari Motor1, Toyota menghadirkan 2 mobil modifikasi yang berbeda pada AE86 ini yang sama-sama ramah lingkungan. Untuk mobil hidrogen sendiri diberi nama AE86 H2 Concept, sedangkan untuk versi mobil listriknya diberi nama AE86 BEV Concept.

Pada dasarnya kedua mobil ini mengambil basis dari mobil original AE86 yang sudah dimodikasi khususnya di bagian drivetrain. Dimulai dari versi hidrogen AE86 H2 Concept yang menggunakan bodi Trueno dengan lampu depan model lipat yang unik. Serta penggunaan cat two tone hitam dan putih yang unik juga memberikan tampilan yang unik.

Yang berbeda jelas dengan apa yang ada dibalik kap mesinnya. Mesin 4 silinder bawaan AE86 standar masih dipertahankan tetapi diberi beberapa sentuhan yang berbeda. Misalnya pada bagian injector serta pipa BBM dan busi yang dibuat untuk lebih kompetibel dengan mesin hidrogen. Serta yang jelas adalah 2 penyimpanan hidrogen yang di letakan pada bagian bagasi.

Ini Jadinya Bila Toyota AE86 Dikonversi Menjadi Mobil Hidrogen Dan Listrik

Berlanjut ke versi mobil listriknya atau AE86 BEV yang menggunakan bodi Levin dan mempertahankan model lampu standar. Sisanya baik dari eksterior hingga interior juga tidak mengalami ubahan yang begitu signifikan. Namun ubahan terbesar bisa kita lihat dari apa yang ada di bagian kap mesin.

Mobil ini sudah tersedia dengan baterai dan motor listrik yang mereka ambil langsung dari beberapa produk Toyota lainnya. Misalnya untuk motor listrik yang diambil dari Toyota Tundra Hybrid, sedangkan baterai diambil langsung dari Prius Hybrid.

Namun hal yang unik pada kedua mobil ini adalah dari penggunaan transmisi. Meskipun sudah menggunakan mesin hidrogen dan full listrik, transmisi manual tetap dipertahankan. Selain itu bobot asli mobil ini juga dipertahankan dari versi aslinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga