Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Menelisik Toyota AE86, Mobil Legendaris di Film Initial D

Toyota AE86 di anime Initial D

Last updated on 4 September, 2023

Kembalinya serial anime legendaris, Initial D, pada tahun ini membuat Toyota AE86 kembali disorot.

Autos.id – Toyota AE86 adalah mobil di anime Initial D yang dikendarai oleh Takumi Fujiwara, seorang siswa SMA dan anak dari seorang penjual tahu. Dalam ceritanya, Takumi bekerja paruh waktu sebagai petugas SPBU pada siang hari dan membantu ayahnya berjualan pada malam hari.

Dengan Toyota AE86-nya, Takumi dengan gigih mengantarkan tahu dari toko ayahnya setiap dini hari sebelum matahari terbit. Karena itu, kemampuan mengemudinya terasah dengan sangat baik.

Toyota AE86 bukanlah sekadar mobil tua biasa, melainkan memiliki spesifikasi yang tangguh untuk zamannya. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Toyota AE86 yang dikendarai oleh Takumi Fujiwara.

Tampilan Toyota AE86.

Tampilan Toyota AE86. (Sumber: Toyota Global)

Spesifikasi Toyota AE86

Toyota AE86 di anime Initial D dikenal juga sebagai Toyota Corolla Sprinter Trueno, yang lahir pada tahun 1983. Sprinter adalah varian sedan sporty eksklusif Toyota Corolla yang hanya dijual di Jepang. Nama AE86 untuk mobil ini berasal dari kode internal Toyota, di mana ‘A’ menunjukkan seri mesin 4A dan ‘E’ mengacu pada basis desain Corolla.

Sedangkan angka ‘8’ mengindikasikan penamaan generasi kelima Corolla, dan ‘6’ menunjukkan varian keenam dalam generasi tersebut.

Baca juga: Sejarah Mobil Lamborghini

Interior Tampilan Toyota AE86.

Interior Tampilan Toyota AE86. (Sumber: Toyota Global)

Toyota AE86 atau Sprinter Trueno hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu 3A-U 1.500 cc dan 4A-GEU 1.600 cc DOHC 16 katup dengan konfigurasi silinder segaris 4. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 128 hp dengan torsi 149 Nm.

Mesin Tampilan Toyota AE86.

Mesin Tampilan Toyota AE86. (Sumber: Toyota Global)

Selain itu, terdapat pilihan bodi Sprinter Trueno, yaitu Coupe 2 pintu dan liftback 3 pintu. AE86 dilengkapi dengan suspensi mobil terbaik di zamannya. Terdapat Four-link live axle dengan peredam ganda di bagian depan, sehingga mampu meredam getaran dengan baik.

Toyota AE86 bukanlah mobil tua biasa, saat ini menjadi buruan para kolektor di Indonesia. Bahkan, harga Sprinter Trueno bisa mencapai angka fantastis dalam ratusan juta rupiah.

Baca juga: Mitsubishi Lancer Evolution: Sejarah dan Generasinya

Toyota AE86 versi nyata.

Toyota AE86 versi nyata. (Sumber: Wikipedia)

Diincar Kolektor

Karena anime Initial D, Toyota AE86 menjadi buruan kolektor dan harganya naik tidak masuk akal. Pada tahun 2022, diadakan lelang mobil yang berhasil terjual dengan harga mencapai Rp1 miliar. Informasi ini berkaitan dengan mobil tersebut yang sebelumnya disita oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Nanga Badau karena pelanggaran Pasal 102(B) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan.

Diketahui bahwa mobil tersebut dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat. Tidak lama setelah dimulainya lelang, dalam waktu satu jam, penawar untuk Toyota AE86 tersebut mencapai 63 orang.

Minat masyarakat yang gemar mengoleksi mobil sangat tinggi, sehingga penawaran terus meningkat dari batas awal sebesar Rp96,9 juta hingga mencapai Rp1,036 miliar, meningkat sebanyak 1.072%.

Baca juga: Sejarah Nissan Skyline Hingga GT-R

Berapa Harga Toyota AE86?

Saat ini, Toyota AE86 menjadi incaran para kolektor mobil di Indonesia. Peredaran mobil ini tergolong misterius, yang menyebabkan harganya saat ini mencapai lebih dari Rp 400 jutaan.

Tidak hanya itu, di berbagai platform jual-beli mobil online, terdapat beberapa pengguna yang menjual Toyota AE86 yang sudah dimodifikasi dengan harga mencapai Rp 500 jutaan.

Baca juga: Inilah 5 Motor Ksatria Baja Hitam dan 3 Motor Dasarnya

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Alva One XP adalah salah satu motor listrik yang hadir di Indonesia dan dipamerkan di acara IIMS 2024 lalu. Autos.id – Motor listrik Alva...

BYD

BYD Seal hadir di Indonesia untuk menambah lini mobil listrik dengan berbagai keunggulan. Autos.id – BYD Motor Indonesia (BMI) memperkenalkan BYD Seal sebagai salah...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Maret, 2024 Inilah detail spesifikasi, fitur, dan harga Peugeot 2008 tahun 2024. Autos.id – Peugeot 2008 hadir dengan desain yang...

Berita Otomotif

Last updated on 3 Juni, 2024 Papio XO-1 menampilkan keunikan yang khusus, dengan MForce Indonesia sebagai pihak resmi yang meluncurkannya. Autos.id – Para produsen...

error: Content is protected !!