Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

VW Umumkan Jadwal Peluncuran ID.Buzz!

vw id.buzz
sumber carbuzz

Mobil bus ikonik Volkswagen akan segera kembali! Versi produksi dari proyek bernama ID.Buzz ini pertama kali diperkenalkan di Detroit Auto Show pada tahun 2017. Sekarang VW resmi menetapkan tanggal debutnya pada 9 maret mendatang.

Jakarta, Autos.id – Pengumuman ini disebarkan oleh CEO Grup Volkswagen Herbert Diess yang menautkan sebuah video animasi mobilnya di Twitter. Ia menuliskan, “Legenda akan kembali pada 03/09/22!” Di Amerika penulisan bulan di depan tanggal, jadi tanggal rilisnya adalah 9 Maret mendatang, dan bukan 3 September. 

Sebelumnya, menurut Carbuzz, perusahaan asal Jerman ini sudah masuk dalam tahap terakhir pengembangan EV van/ bus dengan platform dasar MEB (Modular Electric Drive). Beberapa spyshot bahkan tertangkap kamera Carbuzz dalam bulan-bulan terakhir ini. 

Bus listrik satu ini tidak hanya akan dijual sebagai mobil penumpang biasa yang bisa dibeli semua orang. ID.Buzz juga akan menjadi mobil taksi di kota-kota Eropa. Bus ini dibuat ulang berdasarkan desain Type 2 Microbus yang diperkenalkan tahun 1950-an lalu. 

vw id.buzz

VW ID.Buzz (sumber carbuzz)

Sebuah varian cargo van dengan panel sebagai pengganti jendela kaca juga akan dibuat. Versi ini hanya akan tersedia di Eropa. Variasi lainnya adalah camper van juga disiapkan ideal untuk perjalanan travelling jarak jauh. VW bertekad untuk membuatnya bisa berjalan hingga 300 mil dalam satu kali pengecasan. Pengisian cepat juga termasuk sebagai fitur standar. 

Variasi baterai yang dibuat akan tersebar antara 48 kWh hingga 111 kWh. Model mesinnya sendiri akan didasarkan pada mesin motor tunggal dengan setup rear-wheel-drive dan berkekuatan 201 hp. Mobil dengan kelas lebih tinggi akan mendapatkan motor dual dan AWD. 

Anak perusahaan VW yang fokus pada infrastuktur pengecasan, Electrify America, memiliki visi untuk penyediaan berbagai stasiun pengecasan di berbagai tempat. Produksi akan dilaksanakan di pabrik VW di Hanover, Jerman. Masih belum diketahui kapan penjualan akan dimulai, tetapi seiring dengan debutnya, pemesanan awal akan dibuka.

vw id.buzz

Interior VW ID.Buzz (sumber carbuzz)

Geneva Motor Show 2022 yang biasa dilakukan di Maret baru saja dibatalkan akibat naiknya kasus Covid. Jadi ID.Buzz tidak akan debut di sana. Kemungkinan besar VW akan membuat acara perilisannya sendiri secara virtual.

Dengan asumsi semua hal berjalan sesuai rencana, bus VW baru bertenaga listrik ini akan mulai meluncur di jalanan Amerika pada tahun 2023. Di negeri Paman Sam, hanya tersedia van versi long-wheelbase. Mobil ini akan dilengkapi 3 baris bangku yang bisa diatur ke berbagai posisi bahkan dilepaskan. Menurut perkiraan Car and Driver, harga mobil EV ini akan berada pada kisaran $40.000 (sekitar Rp 573,75 juta).

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Nantinya ada sekitar 8.000 lokasi SPBU British Petroleum di Eropa yang bisa difungsikan sebagai tenpat pengisian daya mobil listrik dari Volkswagen. Autos.id – Baru-baru...

Berita Otomotif

Investasi yang dilakukan Volkswagen Group untuk produksi mobil listrik di Spanyol ini naik sebesar 3 Miliyar Euro (Rp 45,6 triliun) dari nilai investasi yang...

Berita Otomotif

Kabarnya bagi konsumen di Eropa dan Amerika Serikat yang ingin memiliki mobil listrik dari Volkswagen harus bersabar hingga tahun 2023 mendatang. Autos.id – Trend...

Mobil

Nantinya kerjasama mobil listrik Ford dan Volkswagen berbasis platform MEB ini akan dijual di beberapa negara dengan fokus utama pasar Eropa. Autos.id – Pada...