Connect with us

Hi, what are you looking for?

Volkswagen

2025 Volkswagen Golf GTI, Lebih Powerful dan Modern di Kelasnya

2025 Volkswagen Golf GTI_1a
2025 Volkswagen Golf GTI. (Sumber: Car and Driver)

Autos.id – Dikenal sebagai salah satu mobil rakyat dari negara Jerman, Volkswagen memang menjadi salah satu merk mobil yang cukup digandrungi oleh masyarakat dunia pecinta otomotifnya. Dari berbagai lini model yang ada, seri Golf menjadi salah satu jenis hatchback yang disukai karena bentuknya yang ringkas dan juga mesinnya yang dapat diandalkan. Namun, untuk model terbarunya yaitu 2025 Volkswagen Golf GTI sepertinya akan menghadirkan kesan yang berbeda bagi mereka yang mengendarai kendaraannya ini. Lalu, apa saja yang baru dari kendaraan asal negeri Jerman ini? Berikut adalah informasinya!

Spesifikasi Mesin Baru Yang Menjanjikan

2025 Volkswagen Golf GTI_2b

2025 Volkswagen Golf GTI. (Sumber: Motor Trends)

Secara umum, model 2025 Volkswagen Golf GTI pada seri terbarunya ini bisa dikatakan menghadirkan berbagai hal yang baru yang dihadirkan oleh pabrikannya. Banyaknya peningkatan termasuk tampilan yang lebih segar, tenaga kuda yang lebih besar, warna baru yang tersedia, dan beberapa peningkatan teknologi interior menjadi hal yang dihadirkan pada modelnya ini.

Pada bagian mesinnya juga mengalami penginkatan performa yang menjanjikan. Mesin empat silinder segaris 2.0 liter turbocharged mendapat peningkatan yang berguna hingga 262 tenaga kuda, setidaknya untuk mobil spek pasran Eropa.

Sementara untuk pasaran model AS mungkin sedikit berbeda, tetapi yakinlah bahwa outputnya akan lebih besar dari 241 hp mobil saat ini. Ditambah dengan hilangnya transmisi manual enam percepatan, yang tidak lagi menjadi bagian dari lineup model terbarunya ini. Kopling ganda tujuh kecepatan kini menjadi satu-satunya pilihan transmisi untuk versi Golf GTI terbarunya tersebut.

Pabrikan Volkswagen untungnya telah membuang kontrol roda kemudi yang sensitif akan sentuhan pada model GTI saat ini, yang mana sangat mudah untuk diaktifkan secara tidak sengaja saat mengendarai mobil saat melaju kencang, seperti yang seharusnya dilakukan oleh model hot hatch lainnya.

Pilihan Mesin Yang Menjanjikan

Di paran benya Eropa, Golf masih akan ditawarkan dengan berbagai versi. Ada Golf eHybrid dengan tenaga 201 hp yang dilengkapi sistem hybrid plug-in generasi kedua, yang ditingkatkan menjadi 268 hp di trim Euro GTE.

Keduanya menggunakan mesin empat silinder turbo 1,5 liter yang dipadukan dengan baterai 19,7 kWh dan e-motor, yang mampu menempuh jarak berkendara serba listrik hingga 62 mil, dengan jangkauan keseluruhan hingga 620 mil yang diklaim dalam mode hybrid. Ada juga dua versi diesel TDI, versi hybrid 48 volt, dan versi gas TSI 2.0 liter dengan penggerak semua roda.

Bagian Interiornya Lebih Modern

2025 Volkswagen Golf GTI_3c

2025 Volkswagen Golf GTI. (Sumber: Motor World)

Untuk bagian interior dari modelnya ini, Volkswagen tampaknya menghadirkan beberapa penyegaran an juga membuat bagian dalam mobilnya terasa lebih modern dibandingkan pada model-model sebelumnya.

Roda kemudi sekarang memiliki tombol fisik, bukan tombol kapasitif sentuh, dan meskipun penggeser sentuh di layar tengah yang menyesuaikan volume dan suhu tetap ada, setidaknya sekarang tombol tersebut menyala dan seharusnya lebih mudah digunakan.

Layarnya sendiri kini berukuran 12,9 inci menggunakan software MIB4 terbaru dari VW yang memiliki struktur menu baru. Ada juga fungsi asisten suara baru yang mengenali lebih banyak perintah.

Sistem Yang Terintegrasi

Para pemiliknya juga  dapat menanyakan perangkat lunak melalui integrasi suara Cerence Chat Pro, dan berfungsi seperti Google Built-In di mobil lainnya.

Sistem ini mampu mengontrol tidak hanya sesi tanya jawab dadakan, tetapi juga menyerap dan mencerna permintaan navigasi, perubahan iklimm pengaturan kontrol, dan juga fungsi audio. Aktivasinya semudah mengucapkan “Halo IDA” atau menekan tombol kemudi sehingga membuatnya semakin modern untuk dirasakan saat mengemudi.

Lalu, kapan mobil ini akan hadir menyapa pasaran otomotifnya? Tentunya para pecinta otomotifnya perlu menunggu terlebih dahulu karena rencananya mobil ini akan baru memulai debutnya pada tahun 2024 ini.

 

Baca juga: Mewah dan Canggih, 2024 Acura ZDX Siap Hadir di Pasaran Otomotif 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

Mobil

Autos.id – VW ID. Buzz yang merupakan mobil listrik dari Volkswagen ini akhirnya sudah tiba di Indonesia melalui Importir Umum (IU). Tampaknya mobil VW...

Berita Otomotif

Siapa sangka meskipun tampilannya jauh kata ‘bagus’, 8 mobil ini justru memiliki harga tinggi. Autos.id – Mobil-mobil mewah dari merek ternama biasanya memiliki harga...

Berita Otomotif

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menggelar turnamen golf bertajuk MercedesTrophy Indonesia. Autos.id – Pada Maret 2022 lalu, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menyelenggarakan turnamen golf bergengsi...

error: Content is protected !!