Toyota Innova Hycross yang dijual di India hadir dengan beberapa fitur dan kelengkapan yang bahkan tidak ada di versi Innova Zenix yang juga baru saja diluncurkan.
Autos.id – Setelah meluncur pertama kali di Indonesia, generasi terbaru Toyota Kijang Innova juga akhirnya hadir di India. Bila di Indonesia menggunakan Innova Zenix, di negeri Bollywood, nama resmi yang digunakan adalah Innova Hycross. Sama seperti di Indonesia, Toyota Innova Hycross di India juga menggunakan platform yang berubah total serta penggerak yang berubah dari RWD ke FWD.
Lebih dari itu, bahkan Toyota Innova Hycross yang dijual di India memiliki beberapa fitur yang justru jauh lebih lengkap dari Innova Zenix yang ada di Indonesia.
Fitur Jauh Lebih Lengkap
Dikutip dari Cartorq pada Jumat (25/11/2022), nama Innova Hycross sendiri merupakan nama baru bagi Innova Crysta yang satu generasi dengan Innova Reborn yang dijual di Indonesia sebelumnya. Pada dasarnya, tampilan Innova Hycross kurang lebih masih sangat mirip dengan apa yang baru saja diluncurkan di Indonesia.
Toyota Innova generasi terbaru hadir dengan tampilan yang jauh lebih menyerupai dengan Crossover. Terlebih dengan adanya over fender dan skid plastik berwarna hitam yang menegaskan tampilan a la SUV. Lalu, penggunaan desain dengan grill yang lebih sporty khas Toyota modern, serta sama seperti di Indonesia, aksesoris Modelista seperti yang ada di Indonesia juga tersedia di versi India.
Yang menarik, meskipun tampilan mobil ini seolah lebih compact, nyatanya dimensi Innova generasi terbaru jauh lebih membesar. Panjang mobil ini mencapai 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, serta wheelbase 2.850 mm. Ground clearance mobil ini mencapai 185 mm yang meskipun sudah berubah menjadi penggerak roda depan, tetap cukup sanggup untuk melewati berbagai kondisi jalan terutama jalan aspal yang rusak.
Yang menjadi highlight dari Innova Hycross yang dijual di India adalah fitur-fitur yang justru jauh lebih lengkap dengan yang dijual di Indonesia. Untuk fitur-fitur yang juga ada di versi Indonesia dan hadir di versi India diantaranya Panoramic Sunroof, material soft touch di interior, Head Unit berukuran 10 inch yang support Apple CarPlay dan Android Auto, kamera 360 derajat, serta wireless charging. Tidak ketinggalan power back door, dan ambient lightning juga sudah ada sebagai standar.
Tetapi beberapa fitur yang justru tidak ada di versi Innova Zenix versi Indonesia adalah captain seat. Di Indonesia, varian Q sebenarnya sudah hadir dengan captain seat. Namun di versi India, captain seat sudah dilengkapi dengan kemampuan otonom dengan peningkatan kenyamanan dibandingkan captain seat versi Indonesia. Dan juga versi India mendapatkan sound system dari JBL yang tidak ada di versi Indonesia.
Lalu fitur safety active Toyota Safety Sense juga sudah hadir di varian tertingginya. Sama sepeti Innova Zenix varian Q di Indonesia, versi Innova Hycross varian tertinggi juga sudah menggunakan versi 3.0. Fitur TSS 3.0 ini diantaranya seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Lane Following Assist, Autonomous Braking, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitoring, dan beberapa fitur radar lainnya.
Untuk mesin, sama seperti di Indonesia, tidak ada lagi versi mesin diesel pada Innova Hycross versi India. Untuk versi mesin bensin konvensional menggunakan mesin terbaru M20A-FKS berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder dengan teknologi Dynamic Force. Mesin ini menghasilkan tenaga 174 Ps dan torsi mencapai 204 Nm.
Lalu mesin Hybrid dengan kode M20A-FXS yang juga menggunakan kapasitas 2.000 cc, 4 silinder dengan teknologi Atkinson Cycle. Mesin ini menghasilkan tenaga gabungan mesin dan motor listrik sebesar 186 Ps dan torsi 195 Nm. Sama seperti versi Indonesia, Innova Hycross di India hanya tersedia dengan transmisi CVT, alias tidak ada pilihan transmisi Manual.
Untuk harga, pihak Toyota India belum merilis harga resmi berikut dengan daftar variannya. Namun Toyota India sudah mulai membuka keran pemesanan dengan target pengiriman pertama ke konsumen India akan dilakukan pada awal tahun 2023 mendatang.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.