Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Tahun Depan, Volkswagen Akan Hentikan Produksi Beetle

VW Beetle edisi terakhir

Last updated on 6 Juli, 2023

Tidak ada yang abadi dalam dunia otomotif. Setelah Land Rover menghentikan produksi Defender, tak lama lagi giliran Volkswagen yang akan menyuntik mati Beetle.

Autos.id – Meski mungkin terdengar menyedihkan, namun Volkswagen sudah membuat keputusan untuk menghentikan produksi Beetle pada 2019 mendatang.

Pastinya bukan tanpa alasan kenapa Volkswagen memutuskan untuk menyudahi produksi Beetle. Terlebih mobil ini sudah dikenal sangat baik di seluruh dunia, bahkan masih memiliki peminat dan penggemar yang banyak sampai hari ini.

Dilansir dari laman news18.com, Volkswagen memutuskan untuk menghentikan produksi Beetle karena mereka ingin fokus mengembangkan mobil listrik dan mobil yang lebih berorientasi pada keluarga.

Kendati demikian, Volkswagen tidak menutup kemungkinan untuk menciptakan regenerasi Beetle pada masa yang akan datang. Kalau sampai itu bisa terealisasi, dapat dipastikan kalau reinkarnasi Beetle akan hadir dalam wujud sebuah mobil listrik.

Sedikit sejarah tentang VW Beetle, mobil ini lahir dari ide pemimpin Nazi, Adolf Hitler. Dirinya punya gagasan untuk menghadirkan sebuah mobil yang mampu membawa dua orang dewasa dan tiga anak-anak.

Lebih jauh lagi, mobil yang ada dalam benak Hitler itu juga harus mempunyai mesin yang bertenaga, mampu berakselerasi hingga kecepatan 100 km/jam, dan konsumsi BBM-nya mencapai 14 km/liter.

Baca juga: Mengenal VW Combi, Harga Bekasnya Tinggi!

Generasi pertama VW Beetle

Bukan hanya itu, mobil yang dibayangkan oleh Hitler ini juga harus bisa dijual dengan harga yang terjangkau. Hitler ingin menginginkan itu karena di era 1930-an, semua produsen mobil di Jerman hanya membuat mobil mewah, belum ada yang menggarap kendaraan roda empat dengan harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Untuk membuat idenya jadi nyata, Hitler pun menunjuk pendiri Porsche, yakni Ferdinand Porsche untuk menciptakan mobil yang sudah dibayangkannya itu.

Mandat dari Adolf Hitler itu berhasil dilaksanakan dengan baik oleh Ferdinand Porsche. Pada 26 Mei 1938, Volkswagen Beetle pun akhirnya lahir ke dunia. Tapi saat itu, VW Beetle masih diproduksi dalam jumlah yang terbatas, yakni sebanyak 210 unit.

Baca juga: Sejarah Suzuki Carry dari Masa ke Masa

Generasi pertama VW Beetle yang lahir pada 80 tahun lalu itu mempunyai dua pilihan mesin. Pilihan pertama mempunyai kapasitas sebesar 704 cc, dan yang kedua adalah 984 cc. Keduanya sama-sama menggunakan pendingin udara.

Sejak kelahirannya, VW Beetle berhasil merebut hati konsumen di seluruh dunia. Maka itu, pantas saja kalau Beetle pernah jadi salah satu mobil terlaris di dunia.

Sebagai kado perpisahan, Volkswagen sudah mempersiapkan edisi khusus Beetle yang akan tersedia dalam pilihan coupe dan cabriolet. Edisi pamungkas dari VW Beetle ini jadi makin istimewa karena Volkswagen akan memberikan warna eksklusif dan pelek berukuran 18 inci yang didesain secara khusus.

Baca juga: Mengenal Oplet ‘Si Doel’, Asal-Usul dan Spesifikasinya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Volkswagen

Autos.id – Dikenal sebagai salah satu mobil rakyat dari negara Jerman, Volkswagen memang menjadi salah satu merk mobil yang cukup digandrungi oleh masyarakat dunia...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

Mobil

Autos.id – VW ID. Buzz yang merupakan mobil listrik dari Volkswagen ini akhirnya sudah tiba di Indonesia melalui Importir Umum (IU). Tampaknya mobil VW...

Berita Otomotif

Siapa sangka meskipun tampilannya jauh kata ‘bagus’, 8 mobil ini justru memiliki harga tinggi. Autos.id – Mobil-mobil mewah dari merek ternama biasanya memiliki harga...

error: Content is protected !!