Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Subaru Forester STI Sport Edition Resmi Meluncur Di Jepang

Subaru Forester STI Sport Edition Resmi Meluncur Di Jepang

Varian Subaru Forester STI Sport Edition untuk saat ini baru tersedia khusus untuk pasar Jepang saja dan tidak dijual ke negara lainnya.

Autos.id – Pada awal bulan Mei kemarin, Subaru resmi kembali ke pasar Indonesia dengan membawa Forester terbaru. Nah di negara asalnya yaitu Jepang, Subaru Forester juga dihadirkan dengan varian terbaru yang diberi nama STI Sport Edition.

Beberapa ubahan dibandingkan Forester yang standar berupa penggunaan suspensi baru serta penggunaan jok kulit merah Bordeaux yang spesial.

Subaru Forester STI Sport Edition Resmi Meluncur Di Jepang

Tampilan Yang lebih Sporty

Dari segi tampilan, bila dibandingkan Forster varian standar, varian STI Sport Edition memiliki tampilan yang jauh lebih sporty sesuai dengan nama variannya. Mulai dari adanya aksen hitam untuk mengelilingi housing fog lamp. Lalu jua penggunaan bumper yang lebih sporty lengkap dengan side sill yang mengesankan aura sporty.

Beralih kebagian samping, ubahan lainnya yang diberikan adalah penggunaanm velg dengan desain sporty berwarna abu-abu gelap. Bannya sendiri menggunakan ukiran ring 18 inch dengan konfigurasi 225/55. Dan hal berikutnya yang cukup membedakan adalah untuk varian STI Sport Edition ini justru tidak diberikan roof rail seperti di varian standarnya.

Kemudian pada bagian belakang, sebagai penunjuk, ada emblem STI pada bagian belakang serta pada grill depan. Serta bumper yang digunakan juga tergolong sporty dengan adanya aksen hitam lengkap dengan 2 buah knalpot asli pada bagian ujung kiri dan kanan bumper. Serta bagian spoiler mobil ini juga diberikan aksen warna hitam untuk memperkuat kesan sportynya.

Subaru Forester STI Sport Edition Resmi Meluncur Di Jepang

Beralih ke bagian interior, secara desain dashboard bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan varian-varian lainnya. Ubahan utama jelas adalah penggunaan jok kulit baru berwarna merah Bourdeaux yang memberikan kesan yang berbeda. Serta pada bagian sandaran kepala bagian depan juga diberikan bordiran tulisan STI.

Untuk versi STI Sprt Edition, Subaru juga mengubah sektor suspensi baru yang dilengkapi dengan front dampers dari Hitachi Astemo SFRD yang dirancang khusus oleh tim STI. Suspensi ini diklaim memiliki handling yang bisa diadu dengan sebuah sedan sport. Selain itu peredam mobil ini dibuat jauh lebih kedap yang juga dirancang khusus oleh tim STI.

Mesin Yang Sama Persis

Berbicara mengenai mesin dan drivetrain, Subaru Forester STI Sport Edition menggunakan mesin yang juga ada pada varian lainnya. Mesin berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder dengan Turbocharged dengan konfigurasi mesin boxer masih tetap dipertahankan. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 175 Hp dan torsi 300 Nm yang dipadu dengan transmisi CVT.

Subaru Forester STI Sport Edition Resmi Meluncur Di Jepang

Sama seperti varian lainnya, untuk varian STI Sport Edition juga masih mempertahankan sistem penggerak All-Wheel Drive khas Subaru. Artinya meskipun mobil ini dibuat bisa menyerupai pengendaraan sebuah sedan sport, Subaru Forester STI Sport Edition juga tetap mempertahankan ciri khas Forester yang bisa diajak Off-Road dengan pengaturan beberapa mode off-road yang bisa disesuaikan dengan sistem AWD mobil ini.

Ada 4 pilihan warna untuk Subaru Forester STI Sport Edition ini yaitu Crystal White Pearl, Magnetite Grey Metallic, Ice Silver Metallic, serta Crystal Black Silica. Rencananya mobil ini siap untuk dijual ke konsumen di Jepang pada bulan September 2022. Meskipun begitu Subaru belum memberikan harga resminya serta apakah varian ini juga akan diekspor ke negara termasuk ke Indonesia atau tidak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...

Mobil

Kabarnya Subaru Forester generasi terbaru nanti akan melakukan perubahan revolusioner. Selain berganti body, mesin yang digunakan juga akan sangat berbeda dengan penggabungan mesin Boxer...

Subaru

Last updated on 15 April, 2016 Bangkok, Autos.id – Setelah sosoknya sempat muncul di Tokyo Motor Show tahun lalu, Subaru akhirnya memperkenalkan secara resmi...