Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Mobil Alami Diesel Runaway, Ini Langkahnya

Mobil Mengalami Diesel Runaway, Ini Yang Perlu Dilakukan

Permasalahan Diesel Runaway yang terjadi pada penggunaa mobil Diesel merupakan salah satu masalah yang cukup serius dan membutuhkan penanganan yang tepat.

Autos.id – Bagi Anda pengguna mobil Diesel, terutama untuk Diesel yang sudah berumur seperti Isuzu Panther atau Toyota Kijang lawas, panti pernah mengalami yang namanya Diesel Runaway. Gelaja Diesel Runway sendiri sering terjadi, terutama pada mobil Diesel tua yang tidak bisa dimatikan meskipun sudah mencabut kunci.

Tentu gelaja Diesel Runaway ini merupakan salah satu gejala serius yang perlu penanganan khusus untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Gejala Diesel Runaway bisa terjadi karena mesin terus menerus hidup dan mengeluarkan asap putih. Serta adanya kerusakan pada bagian pompa BBM, macetnya ruang pembakaran, serta masalah pada ECU dan Turbo menjadi penyebab gejala mesin diesel tidak mau berhenti ini. Kali ini Autos.id akan memberikan Anda beberapa cara untuk mengatasi masalah Diesel Runaway ini.

Mobil Mengalami Diesel Runaway, Ini Yang Perlu Dilakukan

1. Membiarkan Hingga Bahan Bakar Habis

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mobil mengalami Diesel Runaway adalah dengan memindahkan transmisi ke N atau Netral. Setelah itu Anda lepas kunci dari kunci kontak mobil dan tarik rem tangan dan menjauh dari mobil.

Lalu Anda menunggu hingga bahan bakar yang tersisa di mobil Anda habis dan secara otomatis mesin mobil akan langsung mati sendiri.

2. Menyedot Saluran Tangki BBM

Cara lainnya yang mungkin Anda lakukan ketika mobil mengalami Diesel Runaway adalah menyedot bahan bakar dari saluran tangki. Cara yang satu ini juga disebut-sebut menjadi penyelamat ketika mobil tidak mau berhenti mesinnya.

Dengan menyedot saluran tangki BBM maka bahan bakar yang tersisa bisa keluar dari tangki BBM mobil tersebut. Cara ini akan memutus saluran solar ke mesin atau menutup saluran udara untuk menghentikan pasokan udara ke mesin dan otomatis mesin juga mati sendiri.

3. Menghubungi Pihak Terkait

Setelah mencoba kedua hal tersebut, barulah Anda menghubungi pihak terkait untuk memberikan pertolongan pertama. Mulai dari menghubungi derek atau bengkel terkait untuk segera membawa ke bengkel dan melakukan perbaikan.

Lalu jangan isi terlebih dahulu dengan bahan bakar dan coba saja nyalakan mesin mobil selama beberapa menit. Karena bisa saja masalah yang terjadi berasal dari mesin yang memang bermasalah dan perlu perbaikan lebih lanjut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Saat terjadi gempa bumi ketika berkendara di jalan raya, pada dasarnya Anda tidak perlu khawatir asal mengetahui berbagai trik dan cara penanggulangannya. Autos.id –...

Motor

Meskipun sering di anggap remeh, nyatanya bagian V-Belt CVT pada motor Matic perlu mendapatkan perawatan rutin agar komponen ini bisa terus berfungsi secara optimal....

Motor

Autos.id – Kabel rem putus saat berjalan? Terus seperti apa ciri-cirinya? Salah satu komponen penting dari sebuah sepeda motor adalah dari sistem pengeremannya. Selain...

Mobil

Membeli mobil second ex taksi tidak sekedar mencari harga yang murah saja, tetapi kondisi mobil masih berkualitas dan layak jalan. Autos.id – Berbicara mengenai...