Mobil

Lewat Keterangan Resmi, Mitsubishi Beri Kode Kehadiran Triton Terbaru

Sejak awal kehadirannya di Indonesia pada awal era 2000-an sampai hari ini, Mitsubishi Strada atau yang sekarang lebih kita kenal dengan Triton, selalu berhasil menjadi raja di kelasnya.

Jakarta, Autos.id – Walau sejatinya Mitsubishi Strada baru terkenal di Indonesia pada awal era 2000-an, namun secara global, mobil ini sudah hadir sejak 1978. Artinya pada tahun ini mobil pekerja andalan Mitsubishi ini sudah berumur empat dekade.

Napak tilas perjalanan Mitsubishi Strada. Pada September 1978, truk pikap berbobot satu ton diperkenalkan di Jepang dan diekspor dengan nama Mitsubishi Truck dan L200. Ekspor ke Amerika Utara dimulai pada Oktober 1978.

Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Dipersenjatai mesin bensin berkapasitas 2.0 L, dan 2.6 L untuk pasar Amerika Utara, serta 1.6 L buat pasar Jepang dan wilayah lain. Pilihan mesin diesel 2.3 L juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Agar bisa melahap berbagai medan jalan dengan mudah, pada 1980 Mitsubishi Motors menghadirkan versi 4×4 buat Forte. Model ini menjadi fondasi bagi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini, seperti Pajero/Montero dan Delica.

Cikal bakal Mitsubishi Triton

Pergantian model total dilakukan pada 1986. Ada tiga jenis bodi yang ditawarkan Mitsubishi untuk Forte saat itu, yakni Single, Club, dan Double Cabin. Untuk model Single Cabin, tersedia pilihan bodi pendek dan panjang.

Pada 1991, barulah diperkenalkan nama Strada untuk menggantikan Forte yang sudah melekat selama 13 tahun. Tapi pemakaian nama Strada ini hanya terbatas untuk pasar Jepang, dan khusus model Double Cabin.

Empat tahun berselang, lahirlah generasi baru Mitsubishi L200 Strada. Mulai generasi ini, produksinya dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand, dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400 ribu kendaraan.

Terdapat tiga variasi bodi pada Mitsubishi Strada generasi ketiga, yaitu Single, Club, dan Double Cabin untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 L dan 2.8 L dengan mekanisme penggerak 4WD yang dilengkapi sistem Easy Select 4WD.

Nama Triton mulai diperkenalkan pada generasi keempat

Nama Triton akhirnya mulai digunakan pada 2005, atau tepatnya saat Mitsubishi melahirkan generasi keempat. Hingga generasi kelimanya saat ini, nama Triton masih digunakan oleh Mitsubishi.

Setelah melewati perjalanan panjang selama 40 tahun, Mitsubishi tampaknya akan segera melahirkan Triton terbaru. Pertanda ini bisa dilihat dari laman resmi Mitsubishi Indonesia.

Pada laman resminya, Mitsubishi menampilkan siluet fascia depan Triton terbaru, yang mana wajahnya terlihat sangat mirip dengan All New Pajero Sport. Sayangnya Mitsubishi tidak menyebutkan apakah Triton terbaru ini adalah generasi baru atau hanya sebatas facelift saja.

Begitu juga dengan soal spesifikasinya, Mitsubishi juga sama sekali belum menginformasikan mesin apa yang dipakai oleh Triton baru. Oleh karena itu, jika Anda sudah sangat penasaran dengan detail Mitsubishi Triton terbaru, maka Anda harus bersabar sampai mobil ini resmi diluncurkan.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top