Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Inilah Wujud Toyota Corolla Facelift Yang Baru Saja Diluncurkan

Inilah Wujud Toyota Corolla Facelift Yang Baru Saja Diluncurkan

Toyota Corolla facelift akhirnya hadir di Jepang dengan 3 bentuk body yaitu sedan, hatchback, dan station wagon.

Autos.id – Toyota Corolla yang saat ini beredar di pasar global termasuk di Indonesia sudah memasuki generasi ke 12 sejak tahun 2018 lalu. Artinya, menjelang tahun 2022 ini merupakan waktu yang tepat bagi Toyota untuk memberikan penyegaraan pada mobil sedan legendaris ini. Benar saja, Toyota baru-baru ini meluncurkan versi facelift dari Corolla dengan beberapa ubahan di segi desain, fitur, hingga drivetrain.

Selain versi sedan, versi hatchback dan station wagon juga medapatkan penyegaraan untuk model tahun 2023.

Inilah Wujud Toyota Corolla Facelift Yang Baru Saja Diluncurkan

Seperti Ini Ubahannya

Salah satu ubahan yang cukup terasa pada Toyota Corolla facelift ini adalah penggunaan kin look grill terbaru dan lebih menyatu dengan lampu depan mobil. Bagian lampu depan juga mendapat ubahan desain dengan bentuk yang lebih tajam di bagian ujung luar dengan lampu DRL yang membentuk huruf C.

Dan yang paling berubah adalah penggunaan emblem Toyota yang kini digantikan dengan embelm huruf ‘C’. Belum diketahui apakah penggunaan emblem huruf ‘C’ ini hanya berlaku untuk pasar Jepang sebagai negara pertama yang meluncurkan Corolla facelift ini.

Selanjutnya, bagian airdam yang terdapat dibawah bumper juga mendapat ubahan yang sebenarnya cukup minor tetapi memberikan kesan yang lebih segar. Sedangkan bagian samping serta belakang dari Toyota Corolla baik versi sedan, hatchback, maupun station wagon tidak terlihat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Bagian kaki-kaki serta velg juga mendapat update desain baru dengan ukuran yang masih sama yaitu 17 inci.

Inilah Wujud Toyota Corolla Facelift Yang Baru Saja Diluncurkan

Pada bagian interior, sebenarnya ubahan yang terlihat tidak begitu signifikan. Namun, apabila melihat bagian panel instrumen, kali ini Corolla mendapatkan panel instrumen full-digital dibandingkan sebelumnya yang menggunakan model semi digital. Selain itu, Corolla facelift ini juga sudah mendapatkan Head Unit yang kini menggunakan layar lebih besar, yaitu 10,5 inci dan sudah support Apple CarPlay dan Android Auto. Serta, di versi facelift ini juga kehadiran fitur Over-The Air untuk update software pada entertainment system.

Dan juga, untuk fitur Safety juga mendapatkan peningkatan, terlebih untuk fitur radar Toyota Safety Sense yang sudah menggunakan generasi ketiga. Di generasi ketiga ini, TSS ketambahan fitur Proactive Driver Assist yang akan menjaga mobil tidak terlalu dekat dengan pejalan kaki, sepeda, atau kendaran yang terparkir di kecepatan rendah, serta Pre Crash yang kini bisa mendeteksi kendaraan yang akan belok kanan di persimpangan serta pejalan kaki yang melintas.

Inilah Wujud Toyota Corolla Facelift Yang Baru Saja Diluncurkan

Mesin Hybrid Terbaru

Yang menjadi fokus utama dari facelift kali ini adalah apa yang ada di bagian mesin terutama untuk mesin Hybrid. Basis mesinnya masih sama, yaitu mesin Atkinson Cycle 1.800 cc, 4 silinder. Mesin Hybrid ini kini mendapatkan motor listrik dengan ukuran yang lebih besar. Meskipun begitu Toyota belum membeberkan spesifikasi resmi pada mesin Hybrid terbarunya.

Selain itu Corolla facelift ini juga membawa varian 1.500 cc dan 2.000 cc yang juga mendapat ubahan signifikan dari segi tenaga dan efisiensi bahan bakar. Sedangkan mesin 1.800 cc konvensional seperti yang ada untuk pasar Indonesia tidak mendapat ubahan yang berarti. Semua jenis mesin ini hadir dengan penggerak roda depan dengan transmisi CVT.

Inilah Wujud Toyota Corolla Facelift Yang Baru Saja Diluncurkan

Di Jepang, Toyota Corolla facelift hadir dengan 3 pilihan bentuk body yaitu sedan, hatchback, dan station wagon. Belum diketahui kapan versi Toyota Corolla Altis facelift seperti yang ada di Jepang akan dimasukan ke tanah air. Saat ini, Toyota Corolla Altis yang dijual di Indonesia merupakan rakitan dari Thailand dan hadir dalam varian mesin 1.800 cc konvensional dan 1.800 cc Hybrid.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komunitas

Komunitas Altic Dukung Himbauan Pemerintah Hadapi Pandemi Covid-19 Jakarta, Autos.id  –  Ditengah Pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia, Altis Indonesia Community (Altic) mengadakan Community...

Toyota

Toyota Corolla Altis Facelift diluncurkan di Jakarta yang masih tetap memegang mesin lama, namun kini dibekali beberapa perubahan fitur. Jakarta, Autos.id – PT Toyota...

Toyota

Toyota Corolla Altis Facelift datang dengan sederet perubahan mulai dari grill, lampu depan dan belakang, serta tambahan fitur-fitur advance. Kuala Lumpur, Autos.id – UMW...

Toyota

Last updated on 15 April, 2016 New York, Autos.id – Jika untuk pasar Asia Toyota baru saja merilis Toyota Corolla 2017 facelift, maka model...