Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Inilah Jeep Avenger, Mobil Listrik Pertama Dari Jeep Yang Baru Saja Diluncurkan

Inilah Jeep Avenger, Mobil Listrik Pertama Dari Jeep Yang Baru Saja Diluncurkan

Jeep Avenger EV yang menjadi mobil listrik pertama dari Jeep menjadi mobil revolusioner dari brand asal  Amerika Serikat tersebut yang saat ini berada dibawah payung Stellantis.

Autos.id – Setelah berbagai rumor dan bocoran yang beredar, akhirnya pada event Paris Motor Show 2022, Jeep resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya. Mobil yang diberi nama Jeep Avenger ini hadir sebagai salah satu mobil revolusioner dari Jeep yang menandai dimulainya trend kendaraan elektrifikasi untuk pabrikan asal Amerika Serikat ini.

Jeep Avenger ini akan masuk ke segmen B SUV atau Compact Crossover dengan mesin listrik dan jadi penantang Hyundai Kona EV.

Inilah Jeep Avenger, Mobil Listrik Pertama Dari Jeep Yang Baru Saja Diluncurkan

Seperti Ini Wujudnya

Secara desain, sekilas Avenger mirip dengan Jeep Compass. Ini terlihat dari penggunaan lekukan dan bentuk body yang mirip-mirip dengan Jeep Compas yang terlihat mengotak dan tangguh tetapi memiliki unsur mobil modern. Jeep berani dalam penggunaan warna eksterior kuning dengan atap hitam sebagai warna utamanya.

Dimulai dari bagian depan, grill khas Jeep dengan 7 kotak yang berada ditengah serta penggunaan lampu mengotak juga menjadi ciri khas utama mobil ini. Yang menarik pada bagian atas mobil ini juga dilengkapi dengan lampu DRL garis yang terletak diatas lampu utama mobil ini. Serta bagian bumper bawah dengan aksen honeycomb dan bumper hitam yang menguatkan kesan gagah khas Jeep.

Inilah Jeep Avenger, Mobil Listrik Pertama Dari Jeep Yang Baru Saja Diluncurkan

Berlanjut ke bagian samping, kesan yang mengotak ala SUV sejati juga dipertahankan pada mobil ini. Yang menarik adalah pada bagian belakang pintu samping tidak ada handle pintu karena diletakan disisi pilar C mobil ini. Lalu penggunaan skid plastik hitam hingga over fender serta penggunaan velg berbentuk bulat 5 yang mengingatkan kita dengan Jeep Compass.

Lalu bagaiamana dengan bagian belakang mobil, bisa terlihat bahwa feel Jeep Compas juga tetap dipertahankan pada mobil ini, misalnya seperti penggunaan lampu belakang dengan bentuk mengotak serta penggunaan bumper mengotak dengan mata kucing dibagian kiri dan kanan. Serta yang tidak kalah menarik adalah adanya panel silver di bagian bawah bumper untuk lebih memperkuat kesan crossover pada mobil ini.

Inilah Jeep Avenger, Mobil Listrik Pertama Dari Jeep Yang Baru Saja Diluncurkan

Selanjutnya di bagian interior, bisa dibilang merupakan perpaduan antara elemen futuristis dan tangguh khas SUV. Mulai dari penggunaan stir yang juga diambil dari model-model Jeep kekinian serta penggunaan layar instrument full digital yang memuat berbagai informasi dan speedometer mobil. Bagian konsol tengah juga dilengkapi dengan layar Head Unit model Floating yang sudah disematkan konektivitas Smartphone seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

Yang menarik, Avenger tidak lagi menggunakan tuas transmisi model konvensional, namun menggunakan model tombol di bawah pengaturan AC. Desain dashboard yang mengotak dengan panel AC yang mengotak dan menyambung dari sisi kiri hingga ke kanan mobil yang memberikan kesan tangguh dan macho pada mobil ini.

Inilah Jeep Avenger, Mobil Listrik Pertama Dari Jeep Yang Baru Saja Diluncurkan

Berbicara mengenai fitur, bisa dibilang Jeep Avenger termasuk mobil yang banjir fitur. Mulai dari Wireless Charging, Ambient Light yang memiliki berbagai pilihan warna, kamera 360 yang dilengkapi dengan “Drone View” serta Sunroof yang hadir untuk beberapa variannya. Tidak ketinggalan fitur safety berupa radar atau ADAS level 2 yang tergolong komplit seperti Traffic Jam Assist, Blind Spot Monitoring, Adaptive Cruise Control, Lane Centering, hingga Active Park Assist.

Spesifikasi Baterai Dan Motor Listrik

Berbicara seputar dapur pacu, Jeep Avenger hadir dengan spesifikasi yang tergolong mumpuni untuk mobil listrik. Meskipun hanya dibekali dengan 1 motor listrik, tetapi Jeep Avenger hadir dengan kapasitas baterai yang mumpuni berjenis Lithium Nickel Manganese Cobalt 400 Volt dengan kapasitas 54 kWh. Tenaga yang dihasilkan mencapai 154 Hp dan torsi mencapai 260 Nm.Tenaga dari mesin dialirkan ke roda depan melalui transmisi Single Speed.

Mobil ini bisa diisi daya dengan kapasitas 100 kW Fast Charging yang membuat pengisian daya 20 hingga 80% bisa tuntas dalam 24 menit. Apabila menggunakan colokan kabel standar berukuran 11 kW maka membutuhkan waktu 5,5 jam untuk pengisian daya dari kosong hingga penuh.

Lalu seperti yang dilansir oleh Carscoops, pengujian dari WLTP menyebutkan bahwa dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini bisa berjalan sejauh 400 km. Memang masih jauh dari Hyundai Ioniq 5 yang diklaim bisa berjalan hingga 500 km saat baterai terisi penuh hingga habis untuk varian Long Range.

Jeep Avenger ini didesain untuk kebutuhan pasar benua Eropa dan dirakit di pabrik Tychy, Polandia. Selain dijual di Eropa, rencananya mobil ini juga akan dijual di beberapa market lainnya seperti Jepang, Korea, tetapi tidak akan tersedia di Amerika Utara. Belum diketahui apakah mobil ini juga akan masuk ke pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia, namun akan sangat menarik untuk melihat mobil ini bisa dijual di pasar tanah air.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Langkah Jeep dalam meluncurkan mobil listrik pertama mereka sebagai target mereka dalam mulai beralih pada produksi mobil-mobil listrik pada 2030 mendatang. Autos.id  –  Jeep...

Berita Otomotif

Jeep Concept 2035 diposisikan sebagai mobil listrik dari Jeep yang akan tangguh mengarungi medan off-road ekstrim maupun padang pasir. Detroit, Autos.id – Setelah maraknya...