Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Inilah Cara Menggunakan Tire Repair Kit Dengan Benar

Inilah Cara Menggunakan Tire Repair Kit Dengan Benar

Untuk Anda yang memiliki mobil dengan perangkat Tire Repair Kit, beberapa tips dibawah ini perlu diperhatikan agar tidak salah menggunakannya.

Autos.id – Beberapa mobil dalam keadaan standar sudah dibekali dengan ban serep. Kehadiran ban serep penting karena ketika ban utama mengalami kebocoran, maka tinggal menggantinya dengan ban serep lalu bisa melanjutkan perjalanan. Namun untuk beberapa mobil modern justru tidak dibekali dengan ban serep dan digantikan dengan Tire Repair Kit.

Alat Tire Repair Kit merupakan 1 paket alat yang berisi untuk mengisi angin hingga menambal ban yang bocor.

Namun banyak diantara Anda yang mungkin kurang mengerti dan tidak tahu bagaimana cara menggunakan alat Tire Repair Kit ini. Kali ini Autros.id akan memberikan beberapa cara menggunakan Tire Repair Kit dengan benar dan ban tetap digunakan secara normal berikut ini.

Inilah Cara Menggunakan Tire Repair Kit Dengan Benar

1. Mengeluarkan Benda Yang Menyebabkan Ban Bocor

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengeluarkan benda yang diduga menjadi penyebab ban menjadi bocor seperti paku, kawat, atau batu tajam. Dalam kotak Tire Repair Kit ada 1 alat congkel yang bisa digunakan untuk melepas benda tersebut.

Anda lakukan pencabutan benda tersebut dengan hati-hati agar tidak membuat area sekitar tempat yang bocor tidak ikut menjadi korban kebocoran. Karena bila tidak hati-hati, justru area yang bocor menjadi luas lagi.

2. Mengocok Tabung Instant Tre Reapir Kit

Sebelum ditempel ke area ban yang bocor, lakukan pengocokan tabung instan Tire Repair Kit tersebut. Kurang lebih Anda mengocokan tabung tersebut selama kurang lebih 15 detik sebelum ditempelkan ke ban yang bocor tersebut.

Tujuan dari mengocok tabung instant ini untuk memastikan semua kandungan yang ada dalam tabung tersebut tercampur dan merekat ke ban dengan baik.

3. Memompa Ban Tersebut

Ketika sudah ditempelkan, bukan berarti ban sudah mengembang dengan sempurna. Karena setelah benda seperti paku atau kawat terlepas, otomatis angin akan keluar banyak dan ban menjadi kempes. Maka anda harus melakukan pompa ban dengan alat yang disediakan.

Biasanya dalam kotak Tire Reapir Kit adalah alat pengukur pompa untuk memberikan cairan angin dan udara ke ban hingga mengembang dengan sempurna. Pastikan setelah ban dipompa, pentil sudah kembali terpasang dengan sempurna.

4. Berjalan Sebentar Dengan Kecepatan Rendah

Setelah dirasa ban sudah mengembang dan tidak bocor, coba Anda kendarai mobil tersebut sebentar. Pastikan Anda mengendari mobil tersebut dalam kecepatan yang tergolong rendah sejauh 3 hingga 5 km.

Tujuannya untuk memastikan bahwa saat dikendarai, kondisi ban sudah dirasa aman dan tidak meerasakan bocor seperti sebelum ban ditambal.

5. Mengecek Kembali Di Tempat Aman

Setelah dirasa aman bukan berarti sudah langsung dijalankan seperti sebelum ban mengalami kebocoran. Pastikan Anda mengecek kembali dengan meraba atau memencet bagian ban setelah dijalankan sebentar apakah sudah normal bisa digunakan atau tidak.

Atau kalau mau lebih aman lagi, Anda bisa membawakan mobil Anda ke bengkel atau tukang tambal ban untuk mengecek apakah ban yang sudah ditambal dengan Tire Repair Kit dan sempat dijalankan tersebut sudah layak jalan atau tidak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Bagi Anda yang ingin jumper aki mobil menggunakan Power Bank, tips ini perlu anda perhatiakan dengan sebaik mungkin. Autos.id – Salah satu komponen penting...

Tips

Jakarta, Autos.id- Bagi kalian pemilik kendaraan terpaksa memarkir mobilnya cukup lama karena adanya aturan Regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah diterapkan di...

Berita Otomotif

Last updated on 25 Januari, 2019 Hankook Tire mempersembahkan sebuah ban ‘TRANSFORMING TIRE’ yang mampu mengubah bentuk untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan. Kampanye...

Tips

Pada dasarnya, ban adalah salah satu komponen di mobil yang memiliki usia pakai. Jadi jika masa pakinya sudah habis, tentu kita harus segera menggantinya...