Mobil

Ini Penyebab Asap Hitam Pekat pada Kendaraan Diesel

Mobil bermesin diesel cenderung mengeluarkan asap hitam pekat. Hal ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna anara bahan bakar dan udara.

Bekasi, Autos.id – Kendaraan diesel identik dengan asap hitam pekat yang biasa menyembul keluar dari knalpot. Pada kondisi normal atau pembakaran yang baik kendaraan bermesin diesel tetap mengeluarkan asap tetapi tidak pekat.

Terkait hal ini, Reiner Tandiono, Sales Support Dept Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengungkapkan bahwa biasanya asap hitam pekat pada kendaraan diesel terjadi karena campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar tidak sempurna.

“Kendaraan diesel yang biasa asapnya ngebul hitam pekat karena campuran bahan bakarnya terlalu banyak sehingga lebih banyak solar yang terbakar,” kata Reiner saat berbincang dengan wartawan di Pusat Training Center Isuzu, Pondok Cabe, Rabu (20/9/2017).

“Terkait hal ini, Reiner Tandiono, Sales Support Dept Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengungkapkan bahwa biasanya asap hitam pekat pada kendaraan diesel terjadi karena campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar tidak sempurna”

Isuzu dilengkapi fitur pengukur ketinggian

Ia menambahkan ada kalanya asap yang ngebul dari kendaraan diesel berwarna putih. Hal itu disebabkan campuran bahan bakarnya terlalu sedikit atau bahan bakarnya tercamur dengan oli.

“Intinya kemungkinan terjadi percampuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang sehigga pembakaran tidak sempurna. Hal ini menyebabkan boros bahan bakar,” terangnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar mesin selalu dicek agar semua komponennya yang berhubungan dengan ruang bakar bekerja dengan baik karena biasanya bisa terjadi penyumbatan pada filter atau pump-nya yang tidak normal sehingga semprotan bahanbakarnya tidak sesuai dengan takaran.

Ada juga cara yang baik untuk mengurangi asap hitam pekat pada kendaraan dengan tidak terlalu menggeber kendaraan secara berlebihan. “Misalnya bawa kendaraan disini dengan di medan ke Bandung tentu akan berbeda dan biasanya ECU sudah mengaturnya,” tuturnya

Karena itu pada kendaraan Isuzu disematkan barometer sensor yang berfungsi sebagai pengukur ketinggian permukaan laut sehingga alat ini dapat mengatur dengan tepat penyemprotan bahan bakar agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan dalam pembakaran.

 

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top