Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Honda HR-V Generasi Terbaru Hadir Di Malaysia, Tersedia Pilihan Mesin Hybrid

Honda HR-V Generasi Terbaru Akhirnya Hadir Di Malaysia, Ada Pilihan Mesin Hybrid
All New Honda HR-V

Honda HR-V versi Malaysia hadir dengan versi mesin Hybrid, pilihan mesin yang tidak dihadirkan Honda Prospect Motor untuk HR-V versi Indonesia.

Autos.id – Generasi terbaru Honda HR-V atau Honda Vezel memang sudah diperkenalkan di beberapa negara termasuk Indonesia. Dan akhirnya pada 18 Juni silam, Malaysia juga kebagian generasi terbaru Honda HR-V ini. Yang menarik Honda HR-V versi Malaysia hadir dengan pilihan mesin Hybrid yang tidak dimiliki oleh Honda HR-V versi Indonesia.

Ada 5 pilihan varian untuk Honda HR-V versi Malaysia yaitu tipe S, E, V, dan RS dengan 3 pilihan mesin yang berbasis dari mesin 1.500 cc.

Honda HR-V Generasi Terbaru Akhirnya Hadir Di Malaysia, Ada Pilihan Mesin Hybrid

Tampilan Kurang Lebih Sama Dengan Versi Indonesia

Seperti yang dilansir Paultan pada Minggu (19/6/2022), Honda HR-V yang diluncurkan di Malaysia sendiri merupakan rakitan CKD Malaysia di pabrik Honda Malaysia di Alor Gajah, Malaka. Secara tampilan Honda HR-V yang dijual di Malaysia kurang lebih memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan versi Indonesia.

Untuk varian S, E, dan V yang kurang lebih sama persis dengan Honda HR-V tipe S dan E, dan SE versi Indonesia. Untuk 3 varian ini menggunakan grill model garis dengan perbedaan untuk varian S tidak ada foglamp sedangkan varian E dan V memiliki foglamp. Kemudian untuk varian S dan E menggunakan velg 17 inch model 6 garis yang sama dengan versi Indonesia. Sedangkan untuk varian V menggunakan velg 18 inch.

Sedangkan untuk varian tertinggi yaitu RS e:HEV juga kurang lebih sama persis dengan HR-V RS versi Indonesia. Varian ini menggunakan grill titik-titik yang menguatkan kesan sporty pada mobil ini. Sama seperti tipe V, tipe RS juga menggunakan velg berukuran 18 inch dengan penggunaan warna gun metal yang sama persis.

Lalu untuk bagian interior, kurang lebih masih sama dengan Honda HR-V versi Indonesia. Yang berbeda adalah untuk versi Malaysia, Head Unit yang digunakan meskipun sama-sama model floating tetapi jauh lebih terintegrasi. Lalu untuk varian S, E, dan V menggunakan speedometer analog dengan MID digital ditengah. Sedangkan untuk varian RS e:HEV menggunakan instrument cluster digital pada bagian kiri.

Dan sama seperti versi Indonesia, Honda HR-V versi Malaysia juga sudah dilengkapi dengan Honda Sensing untuk semua variannya. Tetapi untuk fitur LaneWatch hanya tersedia di varian V dan RS. Serta airbag varian S hanya memiliki 4 airbag sedangkan sisa varian diatasnya sudah dilengkapi dengan 6 airbag. Dan khusus untuk varian RS juga sudah dilengapi oleh pintu bagasi elektrik.

Honda HR-V Generasi Terbaru Akhirnya Hadir Di Malaysia, Ada Pilihan Mesin Hybrid

3 Pilihan Mesin

Yang menarik, Honda HR-V versi Malaysia hadir dengan 3 pilihan mesin dengan salah satu diantaranya tidak ditawarkan untuk versi Indonesia. 3 pilihan mesin ini tersedia dengan basis 1.500 cc 4 silinder dengan teknologi NA, Turbo, dan Hybrid atau yang Honda sebut sebagai e:HEV.

Untuk mesin 1.500 cc NA sendiri hanya tersedia dalam pilihan varian terendah atau S. Mesin 1.500 cc NA ini merupakan mesin generasi terbaru dengan DOHC. Tenaga yang dihasilkan juga sama persis dengan 1.500 cc NA versi Indonesia yaitu 121 Ps dan torsi yang juga diangka 145 Nm di rpm yang lebih rendah dibandingkan versi SOHC terdahulunya.

Pilihan mesin yang kedua adalah mesin 1.500 cc, 4 silinder dengan Turbo. Pilihan mesin Turbo ini hadir untuk varian E dan V yang juga masih 1 basis dengan mesin 1.500 cc Turbo Honda lainnya. Tenaga yang dihasilkan mencapai 177 Ps dan Torsi mencapai 240 Nm.

Dan yang terakhir adalah mesin Hybrid yang menggunakan basis mesin 1.500 cc, NA. Mesin Hybrid ini sendiri dinamai sebagai e:HEV ini menggunakan tenologi Atkinson Cycle dengan tenaga 105 Ps dan torsi 127 Nm untuk mesin standarnya. Mesin ini dibantu dengan motor listrik yang memberikan tenaga hingga 131 Ps dan torsi mencapai 253 Nm. Semua pilihan mesin ini berpenggerak roda depan dengan transmisi CVT.

Berbicara mengenai harga jual, Honda Malaysia belum memberikan bocoran harga resmi untuk Honda HR-V terbaru ini. Namun diprediksi mobil ini akan dijual mulai dari 120.000 Ringgit Malaysia hingga 140.000 Ringgit Malaysia. Bila dikonversi ke Rupiah kurang lebih akan berada dikisaran 400 hingga 472 jutaan Rupiah.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Crash test atau uji tabrak yang dilakukan oleh Asean NCAP pada Honda HR-V dan BR-V ini sama-sama mendapatkan rating bintang 5 dengan parameter pengetesan...

Berita Otomotif

Masalah chip semikonduktor diduga menjadi faktor terkuat mengapa inden Honda HR-V di Malaysia bisa mencapai 1 tahun lamanya. Autos.id  –  Selain di Indonesia, generasi...

Berita Otomotif

Secara keseluruhan , Honda HR-V meraih rating yang tergolong baik yaitu bintang 4 dengan beberapa catatan penting mengenai safety mobil ini. Autos.id – Baru-baru...

Berita Otomotif

Di ajang Red Dot Design Awards, Honda sudah memenangkan 9 penghargaan semenjak kemenangan pertamanya di tahun 2001 silam. Autos.id – Salah satu mobil compact...