Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Mitsubishi XForce vs Honda HRV, Unggul Mana?

xforce vs hrv

Last updated on 20 September, 2023

Mitsubishi XForce vs Honda HRV, komparasi dua SUV kompak di kelas yang seimbang dan peminat yang sama banyaknya. Mana yang lebih unggul?

Autos.id – Mitsubishi XForce hadir di segmen SUV kompak yang sudah memiliki banyak pesaing. Salah satunya yaitu Honda HRV, yang sudah lama hadir di pasar Indonesia. Tentu saja kedua mobil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga konsumen memiliki kebebasan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan atau preferensi mereka. Lalu bagaimana dengan perbandingan dimensi, fitur, hingga performa XForce dan Honda HR-V? Simak komparasi selengkapnya di bawah ini.

Mitsubishi XForce vs Honda HRV

Eksterior

Eksterior Mitsubishi XForce.

Eksterior Mitsubishi XForce. (Sumber: Mitsubishi Motor Indonesia)

XForce menghadirkan pengalaman yang sangat berbeda dengan pendekatan konsep futuristiknya. Mitsubishi sukses menggambarkan sektor penerangan dengan gaya yang khas, namun tetap terlihat sangat sesuai.

Sementara HRV tetap mempertahankan gaya yang elegan dan teratur, tanpa terlihat seperti mobil-mobil saat ini yang kurang inovatif. Ketika dibawa keluar ke jalan raya, XForce terasa lebih sesuai dibandingkan dengan HRV. Namun, Honda mampu menarik berbagai kelompok usia, termasuk konsumen senior, berdasarkan penampilannya yang universal.

Dalam hal ukuran bodi, perbedaan tidak terlalu signifikan. XForce memiliki dimensi 4.390 mm x 1.810 mm x 1.660 mm (Panjang x Lebar x Tinggi) dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.650 mm dan clearance sejauh 222 mm. Sementara HRV memiliki dimensi 4.385 mm x 1.790 mm x 1.590 mm (Panjang x Lebar x Tinggi), sehingga lebih ramping dan tinggi. Wheelbase-nya memiliki perbedaan sekitar 40 mm, tepatnya 2.610 mm. Meskipun tipis, perbedaan ini pasti memiliki dampak saat melewati jalur yang tidak rata.

Eksterior Honda HR-V.

Eksterior Honda HRV. (Sumber: Honda Indonesia)

Dalam hal fitur tambahan di bagian luar kendaraan, HRV unggul, terutama karena dilengkapi dengan panoramic sunroof, yang menambah kesan eksklusif. Kedua mobil ini juga dilengkapi dengan pintu bagasi otomatis, namun ada perbedaan. HRV memiliki fitur walk away close, sementara XForce dilengkapi dengan kick sensor untuk membuka pintu bagasinya.

Interior

Interior Mitsubishi XForce.

Interior Mitsubishi XForce. (Sumber: Mitsubishi Motor Indonesia)

XForce mengandalkan panel instrumen layar lebar sebesar 8 inci yang memiliki grafis yang sangat detail. Selain itu, head unit yang terletak di dalam bingkai memiliki layar speedometer berukuran 12,3 inci. Ukurannya jauh lebih besar daripada HRV yang hanya memiliki layar 7 inci dan 8 inci masing-masing. Yang menarik, keduanya sudah dilengkapi dengan konektivitas yang baik untuk smartphone, baik melalui Android Autoplay maupun Apple CarPlay.

Interior Honda HR-V.

Interior Honda HRV. (Sumber: Honda Indonesia)

Tidak hanya itu, kualitas audio XForce dijamin oleh sistem suara yang dibuat oleh Yamaha Premium. Selain itu, sistem pendinginan XForce juga dilengkapi dengan kemampuan otomatis, tetapi Anda juga bisa mengaturnya secara independen untuk baris depan berkat fitur dual zona auto climate.

Fitur

Dasbor Mitsubishi XForce.

Dasbor Mitsubishi XForce. (Sumber: Mitsubishi Motor Indonesia)

Fitur keselamatan canggih menjadi perhatian utama saat ini karena semakin banyak digunakan dalam mobil-mobil baru. Mitsubishi tidak memiliki istilah khusus untuk mengelompokkan perangkat tersebut. Fitur keselamatan yang tersedia meliputi Active Stability Control, Active Yaw Control, Cruise Control, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, dan Auto Light Control. Semua fitur keselamatan standar juga sudah terpasang.

Di sisi lain, HRV dilengkapi dengan Honda Sensing yang lebih lengkap, termasuk Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control dengan Low Speed Follow, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Lead Car Departure Notification System, Auto High Beam, dan Honda Lane Watch.

Salah satu fitur Honda HR-V.

Salah satu fitur Honda HRV. (Sumber: Honda Indonesia)

Selain itu, XForce tidak memiliki fitur Remote Engine Start yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan mobil dari jarak jauh. Jumlah airbag pada HRV adalah 6, sedangkan XForce buatan Mitsubishi hanya memiliki 4 airbag.

Baca juga: Komparasi Honda HRV Gen 3 vs Hyundai Creta, Mana yang Lebih Unggul?

Mesin dan Performa

Performa Mitsubishi XForce.

Performa Mitsubishi XForce. (Sumber: Mitsubishi Motor Indonesia)

Mesin Mitsubishi XForce menggunakan konfigurasi 4 silinder DOHC dengan kode 4A91, yang juga digunakan dalam Xpander. Berdasarkan data, mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 104,6 PS dan torsi sebesar 141 Nm. Angka ini ternyata lebih rendah dibandingkan dengan mesin Honda HRV yang memiliki dua pilihan mesin berbeda. HRV versi non-turbo menggunakan mesin 1,5L DOHC 4 silinder i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS dan torsi sebesar 145 Nm.

Perbedaan yang disebutkan seharusnya cukup terasa, terutama saat mobil mencapai kecepatan tertinggi. Sementara itu, pengguna Honda HRV versi turbo memiliki tenaga yang lebih besar, dengan angka mencapai 177 PS dan torsi tertinggi mencapai 240 Nm. Kelihatannya kita tidak perlu membahas varian HRV ini.

Performa Honda HR-V.

Performa Honda HRV. (Sumber: Honda Indonesia)

Perlu dicatat juga bahwa baik Mitsubishi XForce maupun Honda HRV memiliki persamaan dalam sistem pemindahan tenaga. Baik Mitsubishi maupun Honda menggunakan sistem Continuously Variable Transmission (CVT) yang memungkinkan pengalaman berkendara yang halus tanpa adanya perpindahan gigi yang terasa.

Baca juga: Mana Lebih Baik? Toyota Raize Atau Honda HRV?

Harga

Mitsubishi XForce tersedia dalam hanya dua varian, berbeda dengan Honda HRV yang memiliki hingga empat varian.

Mitsubishi XForce

Mitsubishi XForce.

Mitsubishi XForce. (Sumber: Mitsubishi Motor Indonesia)

  • Varian Exceed CVT: Rp382.500.000
  • Varian Ultimate CVT: Rp419.100.000

Honda HRV

Honda HR-V.

Honda HRV. (Sumber: Honda Indonesia)

  • Varian S CVT: Rp375.900.000
  • Varian E CVT: Rp395.900.000
  • Varian SE CVT: Rp416.100.000
  • Varian Turbo RS: Rp529.900.000

 

 

Sumber: Mitsubishi Motor Indonesia & Honda Indonesia

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

Mobil

Last updated on 3 Mei, 2024 Autos.id – Setelah sukses merancang konsep bersama dengan pabrikan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, Honda luncurkan produk terbaru mereka,...

Mobil

Autos.id – Di tengah merebaknya kendaraan elektrik, Honda turut memperkenalkan mobil listrik keluaran terbaru mereka. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Jepang itu langsung mengeluarkan tiga...

Mobil

Last updated on 2 Mei, 2024 Autos.id – Di tengah gempuran mobil listrik kompak dengan harga terjangkau, Honda menghadirkan produk baru dengan harga yang...

error: Content is protected !!