Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Generasi Terbaru Honda Civic Type R Resmi Diperkenalkan

Generasi Terbaru Honda Civic Type R Resmi Diperkenalkan

Sama seperti generasi-generasi sebelumnya, Honda Civic Type R masih menggunakan basis dari varian Hatchback dengan penggerak roda depan dan transmisi manual.

Autos.id – Yang ditunggu-tunggu akhirnya telah tiba, secara resmi Honda meluncurkan generasi terbaru dari hot hatchback andalan mereka yaitu Civic Type R generasi terbaru. Di generasi terbaru ini, Honda melakukan beberapa perubahan yang radikal yang membuat mobil ini siap menjadi mobil spesial yang bisa anda beli dipasaran.

Rencananya generasi terbaru Honda Civic Type R ini akan mulai dijual di Jepang pada bulan September 2022 mendatang.

Generasi Terbaru Honda Civic Type R Resmi Diperkenalkan

Berbasis Dari Civic Hatchback

Untuk anda yang belum tahu, Honda Civic Type R selalu menggunakan basis dari versi Hatchback dari Honda Civic, tidak terkecuali di generasi terbaru ini. Meskipun secara garis besar masih mengandalkan body Civic Hatchback, tetapi Honda melakukan berbagai perubahan radikal yang membuat mobil ini menjadi performance oriented.

Mulai dari penggunaan suspensi yang memang ditujukan untuk penggunaan track day. Tidak ketinggalan sasis mobil ini juga dibuat lebih rendah dan lebih lebar untuk memberikan performa yang luar biasa pada mobil ini. Serta tidak ketinggalan jarak pandang ke depan yang dibuat lebih lebar agar memberikan visibilitas yang lebih baik saat berkendara di kecepatan tinggi.

Generasi Terbaru Honda Civic Type R Resmi Diperkenalkan

Bila dibandingkan dengan Honda Civic Hatchback generasi terbaru ke Civic Type R ini, beberapa ubahan lainnya yang bisa terlihat adalah penggunaan fender yang lebih lebar dan terintegerasi dengan bodi. Lalu juga panel samping mobil ini dibuat lebih aerodinamis untuk meningkatkan aerodinamika. Serta tidak ketinggalan aliran udata yang dibuat mengalir tanpa hambatan dari bagian depan ke belakang.

Berbicara mengenai warna, warna putih khasnya yaitu Championship White masih menjadi warna utama untuk Honda Civic Type R generasi terbaru ini. Selain itu ada juga pilihan warna lainnya seperti Crystal Black Pearl, Sonic Grey Pearl, serta 2 pilihan warna baru yaitu Frame Red dan Racing Bl Pearl.

Berlanjut ke bagian interior, bila anda orang awam mungkin anda tidak akan menemukan perbedaan dibandingkan Honda Civic Hatchback. Tetapi Honda memberikan ubahan detail yang cukup penting di interior. Mulai dari penggunaan jok berwarna merah yang menggunakan jok bucket seperti di mobil balap. Serta penggunaan karpet merah dengan stir dengan logo Honda berwarna merah yang memang menunjukan ini mobil yang sangat sporty dengan bahan alcantara.

Jok depan mobil ini selain menggunakan bucket seat kini memiliki tampilan polyhedral 3 dimensi yang memberikan posisi duduk yang sangat ergonomis saat dikendarai terutama saat dibawa kencang. Tidak ketinggalan jok mobil ini menggunakan bahan suede yang memiliki koefisien gesekan tinggi yang membuat posisi tubuh lebih stabil terlebih saat mobil ini berjalan dalam kecepatan tinggi.

Generasi Terbaru Honda Civic Type R Resmi Diperkenalkan

Instrument cluster pada Civic Type R pada dasarnya memang masih sama dengan Civic standar, tetapi ada beberapa detail perbedaan. Misalnya saat mode berkendara dipindahkan ke mode +R maka akan berubah menjadi warna merah dan memperlihatkan informasi performa mobil terutama ketika digunakan di dalam sirkuit seperti untuk hot lap. Selain mode +R, Honda Civic Type-R juga memiliki beberapa mode berkendara lainnya seperti Individual, Comfort dan Sport.

Mesin Turbo Dan Transmisi Manual

Berbicara mengenai dapur pacu, Honda Civic Type R masih menggunakan kapasitas mesin yang sama. Mesin yang digunakan adalah 2.000 cc, 4 silinder dengan Turbo yang tenaga mencapai 300 Hp lebih. Sama seperti generasi sebelumnya, Honda Civic Type R masih menggunakan penggerak roda depan dengan transmisi manual 6 speed yang memiliki ratio yang sangat rapat untuk menciptakan perpindahan gigi yang lebih responsif.

Generasi Terbaru Honda Civic Type R Resmi Diperkenalkan

Honda Civic Type R sendiri juga sudah memecahkan beberapa rekor lap tercepat untuk kataogori mobil berpenggerak roda depan ketika mengitari 1 lap di Sirkuit Suzuka, Jepang serta di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Rasanya akan sangat menarik apabila Honda Civic Type R juga dimasukan ke Indonesia mengingat pada generasi sebelumnya, Honda Civic Type R di Indonesia juga tergolong salah satu mobil hot hatchback yang cukup diterima pasaran khususnya untuk para Petrol Head.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Nantinya opsi Honda Civic Type-R dengan mesin Hybrid dan penggerak All-Wheel Drive ini akan menjadi alternatif dari hot hatchback legendaris dari Honda tersebut. Autos.id...

Balap

Kerjasama ini akan berlangsung hingga tahun 2025 Tokyo, Autos.id  – Honda dan Red Bull mengumumkan untuk melanjutkan kerjasama dalam bidang teknis dimana Honda melalui...

Mobil

Dalam test di Sirkuit Suzuka Jepang, All New Civic Type R berhasil mencatat waktu tercepat Tokyo, Autos.id  –  Bertepatan dengan peringatan lima puluh (50)...

Mobil

Last updated on 21 Mei, 2022 Generasi terbaru Honda Civic Type-R ini masih akan menggunakan bentuk body hatchback sama seperti generasi-generasi sebelumnya. Autos.id –...