Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Honda Civic Type R vs Subaru WRX

Honda Civic Type R vs Subaru WRX.
Honda Civic Type R vs Subaru WRX. (Sumber: Phil Long Dealerships)

Last updated on 20 Juni, 2023

Honda Civic Type R dan Subaru WRX bersaing pada segmentasi yang sama di pasar Indonesia.

Autos.id – PT Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan produk terbaru mereka, All New Civic Type R. Sebagai model sedan sport legendaris Honda, produk ini siap menjadi idaman kolektor penggemar mobil Honda.

Namun, kehadiran Civic Type R terbaru ini langsung bersaing dengan sedan sport terbaru dari Subaru Indonesia, yaitu WRX. Meskipun bukan versi STi, WRX tetap memiliki kesan sporty yang kuat. Baik WRX dan Civic Type R membawa nama historis yang dapat dipilih oleh penggemar mobil sport di Indonesia.

Bagaimana jika kedua mobil ini dibandingkan? Simak ulasan perbandingan dua produk ini melalui informasi di atas.

Honda Civic Type R.

Honda Civic Type R. (Sumber: Honda)

Performa

Dalam memilih kendaraan sport, performa adalah salah satu pertimbangan utama. Civic Type R terbaru memiliki mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal 319 ps dan torsi 420 Nm.

Honda mengklaim mobil ini sebagai mobil dengan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang, dengan catatan waktu 2 menit 23,120 detik. Kecepatan maksimum yang dicapai adalah 272 km per jam dan mampu mencapai kecepatan 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 6,6 detik.

Sementara itu, Subaru WRX dilengkapi dengan mesin Boxer turbo 2.387 cc dengan tenaga maksimal 275 ps dan torsi 350 Nm. WRX memiliki penggerak AWD yang menjadi ciri khas Subaru.

Kecepatan maksimum yang dapat dicapai WRX adalah 215 km per jam dan mencapai kecepatan 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 6 detik. Meskipun WRX kalah dalam hal performa, namun dengan adanya penggerak AWD menjadi nilai tambah pada WRX.

Baca juga: 10 Mobil Termahal di Dunia 2023

Subaru WRX.

Subaru WRX. (Sumber: Subaru Indonesia)

Fitur

Civic Type R terbaru hadir dengan fitur LogR yang berfungsi sebagai panduan dalam berkendara. Fitur ini dapat diatur secara pribadi dan mencatat serta menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat. Meskipun transmisi mobil ini manual, namun dilengkapi dengan fitur Rev Match System untuk menjaga tenaga maksimum saat perpindahan gigi.

Civic Type R juga menawarkan empat mode berkendara yakni Comfort, Sport, +R, dan Individual. Mode terakhir memberikan kebebasan pada pengemudi untuk menyesuaikan mobil sesuai dengan keinginannya, termasuk pengereman, kontrol traksi, dan karakter suspensi.

Sedan sport terbaru Honda ini juga dilengkapi dengan adaptive damper, suspensi depan dual axis strut, suspensi belakang multi-link rear, dan dual pinion EPS yang diklaim responsif dan stabil. Honda LogR Datalogger System ditampilkan pada head unit mobil, dengan beragam informasi yang tersedia untuk pengemudi seperti posisi gigi, tachometer, G-meter, tekanan Boost, tekanan rem, dan bahkan tire friction circle.

Sementara itu, WRX juga memiliki beberapa fitur serupa dengan Civic Type R, seperti Dual pinion Electric Power Steering yang memberikan pengendalian yang lebih presisi. Mobil ini juga menawarkan mode berkendara Comfort, Normal, Sport, Sport+, dan Individual untuk menyesuaikan kendaraan sesuai keinginan pengemudi. Namun, WRX mengandalkan desain platform, mesin, penggerak, dan transmisi yang telah dikembangkan selama puluhan tahun.

Penggerak AWD Simetris Subaru, misalnya, mampu mendistribusikan tenaga ke semua roda untuk traksi yang lebih baik di berbagai kondisi jalan. Pemanfaatan arsitektur pada bidang simetris horizontal juga membuat pusat gravitasi mobil ini lebih rendah sehingga berdampak pada pengendalian yang lebih stabil.

Mesin boxer yang ikonik juga memberikan pergerakan yang lebih stabil dibanding mesin berkonfigurasi in-line atau V, karena piston mesin boxer bergerak ke satu arah yang sama secara horizontal dan mengurangi getaran tanpa perlu penyeimbang. Hasilnya adalah mobil yang lebih ringan dan kompak.

Baca juga: Honda Accord 2023 vs Toyota Camry 2023, Mana yang Lebih Unggul?

Interior Honda Civic Type R.

Interior Honda Civic Type R. (Sumber: Honda)

Fitur Keselamatan

Dalam menghadirkan kendaraan performa, baik Honda maupun Subaru tak lupa menyematkan teknologi keselamatan yang canggih pada produk terbaru mereka.

All New Honda Civic Type R sudah tersedia fitur keselamatannya. Mulai dari 8 airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist dan masih banyak lagi.

Sedangkan fitur pasif seperti Smart key with start-stop button dan paddle shift sudah hadir di mobil ini.

Sistem pengeremannya sudah gunakan Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Terdapat pula fitur Driver Attention Monitor, Rear Seat Reminder, dan Second Row Seat Belt Reminder.

All New Honda Civic Type R juga lengkapi dengan teknologi keselamatan Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM) dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Subaru WRX menawarkan teknologi EyeSight yang terdiri dari steering responsive headlight, high beam assist, reverse automatic braking, rear vehicle detection, dan driver monitoring system.

Tak hanya itu, terdapat juga adaptive cruise control, lane departure prevention, lane centring control and preceding vehicle adaptive steering control, pre collision throttle management, pre collision braking system, autonomous emergency steering, dan lead vehicle start alert.

Selain fitur keselamatan aktif tersebut, beberapa fitur keselamatan pasif juga menyertai, seperti rangka penguat berbentuk cincin, SRS Airbag, auto vehicle hold, dynamic control vehicle, serta active vector torque.

Dengan teknologi keselamatan canggih ini, harapannya, para pengendara dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam berkendara dengan kedua kendaraan performa tersebut.

Baca juga: Sejarah Lamborghini: Dari Traktor Hingga Jadi Mobil Sport Kelas Dunia

Interior Subaru WRX.

Interior Subaru WRX. (Sumber: Setir Kanan)

Harga

Honda menawarkan Civic Type R dalam satu varian dengan mesin 2.0L dan transmisi manual. Harganya mencapai Rp1,399 miliar (OTR Jakarta).

Sementara itu, Subaru WRX memiliki dua varian yang mereka tawarkan. Varian tertingginya adalah ts Eyesight yang banderolnya mencapai Rp949 juta (OTR Jakarta). Sementara varian terendahnya adalah transmisi manual yang banderolnya hanya Rp849 juta.

Subaru Indonesia juga masih menawarkan model wagon yang menarik. Model ini tawarkan dalam dua varian, yaitu GT-S Eyesight dengan harga Rp975 juta dan tS Eyesight dengan harga Rp1,029 miliar.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Melihat perkembangan motor listrik di Indonesia, hal ini bisa dikatakan cukup baik. Berbagai pabrikan otomotif juga...

Komparasi

Pada saat IIMS 2024, terjadi persaingan yang menarik antara dua produsen mobil listrik yaitu BYD dan MG4. Autos.id – BYD Dolphin dan MG 4...

error: Content is protected !!