Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tesla

Dianggap Wajar Harga Mahal, Ternyata Inilah Keunggulan Mobil Tesla

Logo Tesla Model S.
Logo Tesla Model S. (Sumber: Tesla)

Tesla menjadi salah satu pelopor mobil listrik dan semakin mendunia dengan harga fantastis.

Autos.id – Tesla adalah salah satu merek mobil listrik yang sangat populer di seluruh dunia saat ini. Selain faktor ramah lingkungan, mobil ini menonjol tidak hanya karena fitur-fitur canggih dan modern yang dimilikinya. Di samping itu, kinerja mobil empat roda ini juga sangat tangguh.

Harga yang tinggi sebanding dengan nilai yang ditawarkan. Tesla memiliki banyak fitur yang tidak ditemukan pada mobil konvensional. Dan berikut ini adalah berbagai kelebihan mobil Tesla sehingga wajar jika harganya mahal.

Tesla Model S.

Tesla Model S. (Sumber: Tesla)

1. Desain Futuristik

Salah satu hal unik dari Tesla terlihat jelas dari desainnya yang futuristik. Mobil ini yang memiliki desain menawan sudah dapat dipesan di Indonesia jika Anda menginginkannya.

Tampilan mobil ini mengusung desain modern dengan garis yang sederhana dan tidak rumit. Salah satu model yang banyak disukai adalah Tesla Model S yang terlihat minimalis namun tetap elegan.

Selain desain eksterior, bagian interior mobil ini juga mencerminkan kesan minimalis dan futuristik. Di dashboard sudah terdapat layar 15 inci yang berfungsi sebagai pusat kendali mobil untuk mengatur semua fitur yang tersedia.

Di dalam kabin juga telah disediakan dua port pengisian daya nirkabel (wireless charging) dan juga dash cam dengan memori yang dapat Anda gunakan untuk merekam semua kejadian dalam kendaraan.

Dasboard Tesla Model S.

Dasboard Tesla Model S. (Sumber: Tesla)

2. Desain Baterai

Baterai pada mobil ini tidak hanya memiliki daya tahan yang lama dan jarak tempuh yang jauh, tetapi juga memiliki desain yang futuristik.

Tesla menggunakan baterai generasi baru yang mampu mencapai jarak tempuh hingga 1.210 km dengan satu kali pengisian penuh.
Perusahaan pengembang baterai bernama Our Next Energy (ONE) menciptakan baterai yang disebut Gemini 001 untuk Tesla. Baterai ini juga menjadi standar dalam teknologi kendaraan listrik saat ini.

Baca juga: Baterai Tesla Dapat Bertahan Berapa Lama?

3. Performa Luar Biasa

Salah satu alasan mengapa harga mobil listrik Tesla ini mahal adalah karena performanya yang luar biasa. Terutama jika dibandingkan dengan mobil listrik lain yang ada di pasar, Tesla jelas unggul.

Mobil ini menggunakan kombinasi motor listrik dan baterai lithium-ion terbaru. Kombinasi ini mampu menghasilkan akselerasi yang lebih agresif. Bahkan varian Long Range Tesla dapat mencapai 0-100 km/jam dalam waktu hanya 5 detik.

Selain itu, jarak tempuh kendaraan Tesla juga termasuk lebih jauh. Sebagai contoh, Tesla Model 3 facelift 2021 dapat mencapai jarak tempuh hingga 423 km.

Sistem audio Tesla Model S.

Sistem audio Tesla Model S. (Sumber: Tesla)

4. Sistem Audio Internal

Sistem audio mobil pada Tesla juga sangat canggih. Selain itu, tersedia opsi untuk menghubungkan drive USB yang dapat digunakan untuk memutar file MP3.

Sistem audio mobil ini memiliki resolusi yang tinggi, sehingga menghasilkan kualitas audio yang lebih baik. Sistem audio ini mendukung format lagu hingga 24 bit 192 kHz.

Kontrol media juga sangat mudah digunakan. Kontrol media, baik melalui layar sentuh maupun tombol penggulir, tersedia di setir mobil.

 

5. Keunikan Pada Konsep Pintu

Tesla adalah mobil yang memiliki konsep pintu yang unik dan ikonik. Pintu pada mobil ini dirancang dengan mekanisme pembukaan yang menyerupai sayap burung, yang dibuka dengan cara diangkat.

Mobil ini tidak dilengkapi dengan pegangan fisik untuk membuka pintu. Pegangan pintu digantikan oleh bilah krom berupa tombol pada pintu depan dan pintu penumpang.

Model pintu ini memberikan kemudahan akses masuk dan keluar bagi penumpang. Dengan demikian, baik penumpang maupun pengemudi dapat merasakan kenyamanan saat memasuki mobil ini.

Dasboard Tesla Model S.

Dasboard Tesla Model S. (Sumber: Tesla)

6. Dasbor Minimalis

Seperti mobil modern pada umumnya, Tesla memiliki tampilan dasbor yang minimalis namun elegan. Fitur-fitur pada dasbor ini juga canggih dan unik.

Pada dasbor tidak terdapat komponen fisik untuk mengatur dan menghidupkan AC atau tombol pengaturan seperti pada mobil konvensional. Semua pengaturan tersebut digantikan dengan layar besar berukuran 15,4 inci. Layar tersebut mirip dengan layar laptop dengan teknologi layar sentuh yang memungkinkan akses ke semua pengaturan mobil.

Fitur autopilot Tesla Model S.

Fitur autopilot Tesla Model S. (Sumber: Tesla)

7. Autopilot

Fitur autopilot yang dimiliki oleh Tesla merupakan salah satu fitur yang sangat menarik. Bahkan, fitur ini menjadi salah satu alasan mengapa para pecinta mobil dan otomotif sangat menginginkannya.

Sistem autopilot pada mobil ini luar biasa. Sistem ini memungkinkan mobil untuk mengambil alih kemudi tanpa perlu dikendalikan secara manual. Bahkan, sistem ini diklaim dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan.

Sistem autopilot pada mobil ini terdiri dari beberapa sensor yang ditempatkan di sekitar mobil. Sensor-sensor ini membantu mobil untuk memahami lingkungan sekitarnya.

Setelah sensor-sensor tersebut memahami lingkungan, mobil dapat mengarahkan dan mengendalikan dirinya sendiri. Fitur ini dapat digunakan dalam berbagai situasi di jalan.

Baca juga: Waduh! Tesla Cybertruck Belum Hadir Sampai 2024

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Tesla

Autos.id – Berkembangnya kendaraan listrik di pasaran otomotifnya dapat menjadi segmen tersendiri yang bisa diketahui oleh para produsen otomotifnya. Dengan adanya perkembangan tersebut, baik...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

error: Content is protected !!