Mobil

Daihatsu Ayla Turbo Unjuk Kebolehan di Sirkuit Gelora Bung Tomo

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pernah melakukan uji coba terhadap Daihatsu Ayla Turbo di trek yang berada di area Research and Development (R&D) Center, PT Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat, pada Rabu (6/3) lalu

Autos.id – Trek yang berada di area R&D ADM bukanlah menjadi tempat terakhir Daihatsu menguji Ayla Turbo. Karena belum lama ini, Daihatsu kembali menguji Ayla Turbo di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Pengujian Daihatsu Ayla Turbo di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya, dilakukan pada Rabu (10/4) lalu. Sebagai bagian dari tren otomotif terkini, mobil konsep Ayla Turbo dirancang untuk menunjukkan kemampuan rancang bangun R&D Daihatsu di Indonesia, dan bukan untuk diproduksi secara masal, serta memberikan inspirasi dalam modifikasi kendaraan, khususnya yang menggunakan teknologi Turbo di Indonesia.

Modifikasi mobil konsep Ayla Turbo ini memiliki perubahan yang signifikan, meliputi sektor mesin, transmisi, sistem knalpot, bodi, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger, sehingga konsep Ayla Turbo ini layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Daihatsu Ayla Turbo saat melakukan uji coba di Sirkuit GBT Surabaya

Tak hanya itu, melalui uji coba dan pengetesan mobil yang telah dilakukan oleh Daihatsu, mobil konsep Ayla Turbo menghasilkan luapan performa tenaga sebesar 200 dk dengan torsi sebesar 242 Nm, serta mampu mencetak figur 0–100 km/jam dalam waktu sekitar 9,04 detik.

Ayla Turbo konsep mengambil basis dari Daihatsu Ayla R bermesin 1.2 L dual VVT-i bertransmisi manual. Pada Ayla Turbo konsep, sudah dilengkapi dengan Low Compression Piston, dan pelek berukuran  15 inci yang membuat handling-nya jadi makin stabil.

Daihatsu Ayla Turbo hanya merupakan mobil konsep, bukan untuk dijual masal

Selain itu, Ayla Turbo dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih kaku untuk meningkatkan kestabilan dan mengurangi gejala body roll atau limbung. Sebagai mobil konsep Racing Sport, Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yang dilengkapi dengan oil cooler untuk menghindari suhu pelumas yang terlalu panas.

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, sehingga mobil Daihatsu khususnya Ayla Turbo ini bisa memenuhi hasrat modifikasi yang lebih maksimal”, ujar Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top