Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Audi Resmi Ikut Ajang Balap Formula 1 Mulai Tahun 2026 Mendatang

Audi Secara Resmi Akan Ikut Ajang Balap Formula 1 Mulai Tahun 2026 Mendatang

Nantinya Audi akan mulai mengikuti ajang balap F1 mulai tahun 2026 mendatang bersamaan dengan penerapan regulasi baru serta drivetrain mobil F1 terbaru yang juga akan diperkenalkan ditahun tersebut.

Autos.id – Teka-teki mengenai keiukutsertaan Audi diajang balap mobil paling bergengsi yaitu Formula 1 mulai terjawab. Pada Kamis (26/8/2022) dalam event Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorschamps, Audi yang merupakan brand dibawah naungan Volkswagen Group ini secara resmi mengumumkan keikutsertaan mereka diajang Formula 1 mulai tahun 2026 mendatang.

Kepastian Audi untuk terjun ke ajang F1 ini juga berkaitan dengan regulasi mobil F1 mulai tahun 2026 yang dirasa memenuhi standar keinginan pabrikan asal Jerman tersebut.

Audi Secara Resmi Akan Ikut Ajang Balap Formula 1 Mulai Tahun 2026 Mendatang

Melihat Keikutsertaan Audi Diajang Balap F1

Seperti yang dilansir oleh Motor1, Ketua Dewan Manajemen Audi, Markus Duesmann menyebutkan bahwa keikutsertaan Audi pada ajang balap F1 ini merupakan bagian dari DNA Motorsport dari Audi. “Ajang balap F1 ini merupakan sebuah panggung global untuk brand dan laboratorium kami, sehingga pengembangan untuk mobil balap F1 ini akan sangat kami nantikan”, ujar Duesmann.

Ia menyebutkan bahwa kombinasi antara kinerja dan persaingan yang tinggi akan menjadi salah satu pendorong inovasi dan transfer teknologi yang akan dilakukan oleh Audi. Selain itu Dusemann menyebut bahwa Audi juga melihat bahwa regulasi mobil F1 untuk tahun 2026 yang benar-benar memanfaatkan energi terbarukan ini seperti sesuai dengan arah jalan perusahaan.

Seperti yang diketahui bahwa pada musim 2026 mendatang, ajang balap Formula 1 akan mengalami rombakan besar pada sisi mobil dan regulasi. Meskupun sama-sama menggunakan konfigurasi mesin 1.600 cc dengan Turbo Hybrid, tetapi beberapa komponen mahal seperti MGU-H yang menjadi salah satu komponen termahal dari mesin F1 tidak akan digunakan lagi.

Audi Secara Resmi Akan Ikut Ajang Balap Formula 1 Mulai Tahun 2026 Mendatang

Selain itu juga ajang balap F1 juga akan menggunakan bahan bakar terbarukan yang memberikan dampak ramah lingkungan yang jauh lebih baik. Serta kebijakan cost cap atau pembatasan anggaran yang dinilai akan menarik minat berbagai pabrikan seperti Audi dan juga Porsche yang juga merupakan saudara mereka di Volkswagen Group yang dikabarkan juga tertarik untuk masuk ke ajang F1.

Meskipun sudah memastikan akan mulai ikut berkompetisi di F1 mulai dari tahun 2026 mendatang, belum dijelaskan dengan siapa Audi akan bermitra. Tetapi seperti rumor yang diberutakan oleh Motorsport.com menyebutkan bahwa Audi kabarnya akan bermitra dengan Sauber. Terlebih mitra tim Sauber saat ini yaitu Alfa Romeo memutuskan akan mengakhiri kerjasama mereka pada akhir tahun 2023 mendatang.

Itulah yang membuat Audi bisa masuk lebih cepat ke F1 pada tahun 2024 meskipun hanya berstatus sebagai sponsor resmi sebelum akhirnya menjadi pemasok mesin pada tahun 2026 mendatang. Selain mengenai konfirmasi keikutsertaan mereka diajang F1, Audi juga memberikan beberapa detail mengenai pengembangan mesin dan mobil yang akan mereka lakukan ketika terjun ke ajang balap F1.

Dalam siaran pers tersebut, Audi menyebut bahwa nantinya mesin dan powertrain untuk mobil balap F1 Audi akan dibangun di Pusat Kompetensi Motorsport Audi di Neuburg, Jerman. Didalam fasilitas ini nantinya akan menjadi tempat untuk pengujian mesin F1 serta tes Wind Tunnel yang direnacankan akan dilakukan di fasilitas khusus tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Rencananya selain Red Bull, tim saudarnya yaitu Alpha Tauri juga akan menggunakan pasokan mesin dari Porsche sebagai bagian dari Sister Team dari tim Red...

Balap

  Pembalap Formula 1 Sebastian Vettel baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga yang membesarkan namanya ini setelah akhir musim 2022. Autos.id  –  Untuk...

Balap

Max Verstappen dari Tim Red Bull memenangkan Grand Prix Prancis untuk kedua kalinya berturut-turut. Meski begitu, kemenangan ini datang di bawah penderitaan yang dialami...

Balap

Last updated on 28 Juli, 2022 Sebelum tikungan pertama Grand Prix Inggris Formula 1, mobil Zhou Guanyu, pembalap tim Alfa Romeo terjepit, terbalik dan...