Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Suzuki Alto K10 Resmi Meluncur Di India, Lebih Murah Dari S-Presso

Suzuki Alto K10 Resmi Meluncur Di India, Jauh Lebih Murah Dari S-Presso

Suzuki Alto K10 ini dibangun dibawah platform Heartect yang juga digunakan oleh beberapa produk Suzuki lainnya seperti S-Presso yang menjadi kakak dari mobil ini.

Autos.id – Di Indonesia, mobil termurah yang dijual oleh Suzuki adalah S-Presso yang baru saja diluncurkan di event GIIAS 2022. Di India, Maruti Suzuki juga baru saja meluncurkan mobil terbarunya yang diposisikan di bawah S-Presso yang diberi nama Alto K10. Nantinya Suzuki Alto K10 akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari S-Presso.

Nantinya Suzuki Alto K10 juga akan masuk ke segmen city car untuk pasar India dengan pendekatan yang lebih berbeda dibandingkan S-Presso.

Desain Yang Lebih Kalem

Secara sekilas, pendekatan yang dilakukan oleh Suzuki pada Alto K10 ini berbeda 180 dibandingkan S-Presso. Apabila S-Presso menggunakan desain ala-ala SUV dengan beberapa lekukan kaku yang cendrung mengotak, Alto K10 hadir layaknya sebuah City Car konvensional dengan bentuk yang lebih membulat tanpa adanya skid plastik hitam dibagian fender hingga bagian bawah mobil.

Suzuki Alto K10 Resmi Meluncur Di India, Jauh Lebih Murah Dari S-Presso

Meskipun diposisikan sebagai adik dari S-Presso, ada beberapa part yang sama antara kedua mobil ini. Mulai dari persamaan bahasa desain seperti bagian pilar C yang sama dengan S-Presso. Serta bagian interior dan mesin yang juga tergolong sama dengan S-Presso yang nanti akan kami jelaskan secara mendetail. Serta dimensi mobil ini juga sangat compact yaitu panjang 3.530 mm, lebar 1.490 mm, dan tinggi 1.520 mm.

Lalu dari segi ground clearenece, Suzuki Alto K10 juga memiliki ground clearence yang lebih rendah dibandingkan S-Presso yang memang bergaya ala-ala SUV. Sama seperti produk-produk Suzuki  lainnya, Alto K10 juga dibangun dibawah platform Heartect. Platform ini mengadopsi rigiditas mobil yang jauh lebih kuat serta meningkatkan stabilitas hingga rasa berkendara yang jauh lebih baik dari produk Suzuki terdahulu.

Suzuki Alto K10 Resmi Meluncur Di India, Jauh Lebih Murah Dari S-Presso

Bagian interior beberapa part dari S-Presso juga hadirkan pada Alto K10 ini. Mulai dari speedometer kalkulator yang sama persis dengan S-Presso tanpa petunjuk RPM. Serta penggunaan Head Unit touch screen juga sudah hadir sebagai standar dan stir yang diambil langsung dari Suzuki Ignis yang tidak seperti di S-Presso, di Suzuki Alto ini ada tombol pengaturan audio.

Berbicara mengenai mesin, Suzuki Alto K10 juga mengadopsi mesin yang sama persis dengan mesin S-Presso. Mesin dengan kode K10C berkapasitas 1.000 cc, 3 silinder dengan tenaga 67 Hp dan torsi 90 Nm masih menjadi dapur pacu utamanya. Mesin ini mengalirkan tenaganya ke roda depan dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan transmis Automated Gear Shift (AGS) atau transmisi manual yang tidak memerlukan kopling.

Suzuki Alto K10 sendiri hadir dengan 12 pilihan varian dengan rincian 8 pilihan transmisi manual dan 4 pilihan transmisi AGS. Harga yang dipatok oleh Maruti Suzuki bila diubah dengan kurs Rupiah berkisar diantara 74 hingga 108 jutaan Rupiah. Apakah mobil ini juga akan dimasukan ke Indonesia seperti S-Presso? Kita nantikan saja mengingat beberapa produk Suzuki yang dijual di Indonesia merupakan rakitan dari India.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Kabarnya Suzuki Jimny 5 Pintu akan diproduksi di pabrik Maruti Suzuki India dan akan diluncurkan di tahun 2023 serta akan diekspor ke beberapa negara....

Mobil

Sejatinya Suzuki Grand Vitara baru akan dijual secara resmi dan dikirimkan ke konsumen pada bulan September mendatang. Autos.id – Suzuki Grand Vitara generasi terbaru...

Mobil

Nantinya Suzuki Baleno Cross juga akan memiliki kembaran dari Toyota sama seperti produk Maruti Suzuki lainnya yang juga memiliki produk kembar dari Toyota di...

Mobil

Selain Glanza dan Urban Cruiser, Toyota India melalui ATPM Toyota Kirloskar Motor juga baru saja meluncurkan produk terbaru hasil rebadge dari Maruti Suzuki, yaitu...