Aksesoris

Aplikasi My Suzuki Dongkrak Penjualan Spare Parts Suzuki

Sempat anjlok selama Pandemi Covid-19, penjualan spare parts Suzuki kini terus meningkat

Jakarta, Autos.id  –  Meskipun penjualan Spare Parts mengalami anjlok total selama bulan April-Mei 2020 sekitar 32% akibat diberlakukannya Pandemi Covid-10,  PT Suzuki Indomobil Motor kembali mengalami tren positif dengan semakin meningkatnya penjualan suku cadang dan aksesoris resmi Suzuki.

Spare parts Suzuki terdiri dari: SGP (Suzuki Genuine Parts), SGO (Suzuki Genuine Oil), maupun SGA (Suzuki Genuine Accessories) baik untuk mobil, sepeda motor, maupun Outboard Motor (OBM).

Kini, nilai penjualan suku cadang Suzuki pada bulan Juni 2020 sudah mulai mendekati angka penjualan tahun lalu yaitu sebesar 91,6%. Kontribusi kenaikan nilai penjualan terbesar didapatkan dari penjualan suku cadang sepeda motor sebesar 101,5% dan juga penjualan oli sebesar 126,5%.

“Masa transisi juga membuat total angka penjualan suku cadang OBM di bulan Juni pun mencapai angka 64,3% setelah sebelumnya menyentuh angka 13,6% di bulan Mei 2020,” tukas Christiana Yuwantie selaku Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), di Jakarta, baru-baru ini.

Selain bengkel resmi, aplikasi My Suzuki juga menjadi alternatif saluran pembelian suku cadang selama masa pandemi Covid-19. Tercatat jumlah transaksi telah kembali stabil di bulan Juni 2020, setelah sempat turun di bulan April dan Mei 2020.

“Berkat MySuzuki, menjadi alternative penjualan selama masa pandemic. MySuzuki memang ditujukan untuk konsumen yang mencari spare part yang cukup sulit dicari. Istilah komponen fast moving akan mudah didapat di dealer – dealer kami. Dan dengan MySuzuki dapat memudahkan konsumen untuk mencari komponen slow moving sesuai dengan harapan kami sejak awal,” imbuh Christiana.

Lebih lanjut Christiana mengungkapkan, pada awal menghadirkan MySuzuki memang menyediakan menu seperti hal tersebut sehingga harapannya adalah selain penjualan spare part meningkat, unit bengkel juga meningkat. Jadi ada plihan spare part yang diingkan dan dapat memilih dealer yang dituju untuk membeli. “Namun pembelian di MySuzuki syaratnya harus memasang di dealer Suzuki tersebut,” papar Christiana.

Christiana mengaku, Jabodetabek menjadi kontributor terbesar penjualan suku cadang dan aksesori, dimana pada bulan Juni lalu berhasil meraih peningkatan revenue sebesar 135,5% untuk sepeda motor dan 102,1% untuk segmen mobil jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama. Kemudian disusul Jawa Tengah untuk segmen mobil dan sepeda motor, Jawa Timur untuk sepeda motor, dan Sumatera untuk mobil.

“Permintaan masyarakat akan suku cadang dan aksesori akan terus kami penuhi dan pastikan ketersediaannya. Kami harap masyarakat bisa tetap aman dan nyaman dalam bertransportasi dengan menggunakan suku cadang resmi,” terang Christiana.

Christiana juga mengaku cukup beruntung, karena telah menyiapkan stock sejak awal tahun – Januari untuk menghadapi Mudik Lebaran. Istilahnya Suzuki kebanjiran stock, memasuki bulan Juni penjualan mulai dapat menyalurkan stock. Saat pandemic, memang beberapa Negara mengalami lock down sehingga sulit untuk mendapatkan stock. Bahkan juga terdesak harus mengirimkan melalui pesawat. Atau meminta bantuan dari Tim Suzuki untuk memprioritaskan konsumen.

Bahkan sebelumnya, banyak dealer Suzuki yang tutup sehingga diusahakan spare part dengan berbagai cara agar konsumen (khususnya roda 2) dapat dengan mudah mendapatkan spare part dengan mudah. Salah satunya melalui aplikasi MYSuzuki.

“Kedepannya kami juga akan memasukan dealer roda 4 masuk dalam MySuzuki. Kami juga melakukan review agar setiap dealer wajib menyetock 100 item spare part ini yang biasa dicari oleh konsumen,” tutup Christina yang mengaku tidak ada batasan usia kendaraan dalam pembelian spare part, selama unitnya masih masih dikelola kecuali telah discontinue. Jika telah discontinue maka batasannya adalah 10 tahun maka wajib di back up.

Untuk pembelian suku cadang dan aksesori resmi Suzuki, pelanggan dapat langsung mengunjungi diler terdekat atau dapat menggunakan aplikasi My Suzuki yang dapat diunduh dari App Store dan Play Store. Untuk informasi mengenai Suzuki lebih lanjut silakan kunjungi www.suzuki.co.id atau menghubungi layanan Halo Suzuki di 0800-1100-800 (bebas pulsa 24 jam). Melalui Halo Suzuki pula, pelanggan bisa mendapatkan layanan Home Service, Pick Up Service, dan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance).

 

 

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top