Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Bermesin Hybrid, All New Honda HR-V Resmi Mengaspal di Thailand

All New Honda HR-V

Honda HR-V generasi terbaru akhirnya diluncurkan di Thailand. Dimana untuk versi negara Gajah Putih ini hanya tersedia dalam varian mesin Hybrid.

Autos.id – Sesuai dengan prediksi yang sudah diungkapan sebelumnya, generasi terbaru Honda HR-V akhirnya meluncur di Asia Tenggara. Dan Thailand menjadi negara pertama yang meluncurkan crossover andalan dari Honda tersebut. Yang menarik adalah, di pasar Thailand sendiri, All New Honda HR-V ini hanya tersedia dalam opsi mesin hybrid, jadi tidak ada mesin ICE baik NA maupun Turbo.

Di Thailand sendiri, Honda HR-V tersedia dalam 3 tipe, untuk tipe termahalnya, yaitu RS sudah menembus angka Rp 500 juta. Artinya kenaikan harganya sangat signifikan mengingat generasi sebelumnya untuk varian termahalnya berada di kisaran Rp 400 jutaan.

All New Honda HR-V RS

Bila berbicara mengenai desain secara keseluruhan, bisa dibilang tidak ada perubahaan berarti dari versi Honda Vezzel yang lebih dulu masuk pasar Jepang. Yang membedakan adalah adanya grille baru berwarna hitam, aksen merah, serta velg baru khusus untuk varian RS. Sisanya untuk varian lainnya tidak ada perubahan berarti dari versi globalnya yang sudah lebih dulu hadir pada akhir tahun 2020 lalu.

Di Thailand, selain tipe RS, tipe Honda HR-V lain yang tersedia adalah tipe E dan EL. Pihak Honda Thailand sendiri belum memberikan harga pasti untuk semua tipe All New Honda HR-V yang mereka tawarkan.

Tetapi dari estimasinya kurang lebih untuk tipe E akan berharga sekitar 990.000 Bath atau setara Rp 427 jutaan.

Untuk tipe EL, estimasi harga berada di angka 1,1 juta Bath atau sekitar Rp 475 jutaan.

Dan untuk tipe RS estimasi harganya berada 1,2 juta Bath atau bila dalam rupiah sudah tembus Rp 518 jutaan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda November 2021

All New Honda HR-V Thailand

Fitur Yang Ditawarkan

Berbicara mengenai fitur, mari mulai dari bagian eksterior, Honda HR-V menggunakan lampu LED terbaru. Dan menariknya semua lampu di bagian depan, dari lampu dekat, lampu jauh, lampu sein, hingga fog lamp-nya menggunakan LED. Dan tak lupa adanya DRL yang membuatnya lebih modern lagi. Kemudian antena shark fin sudah menjadi standar di semua tipe HR-V terbaru di Thailand. Mobil ini tetap mempertahankan panoramic Sunroof yang sudah jadi andalan HR-V dari generasi sebelumnya.

Kemudian bila berbicara mengenai kaki-kaki, ada beberapa perbedaan di setiap tipe. Dari tipe E dan EL, menggunakan velg 17 inch dual tone, sedangkan untuk tipe RS, menggunakan velg 18 inch dengan warna hitam. Hal baru berikutnya dari HR-V terbaru ini adalah adanya fitur Auto Wiper, Power Back Door lengkap dengan Kick Sensor serta Walk Away Lock System. Tak ketinggalan fitur Remote Engine Start yaitu fitur menyalakan mesin dari luar mobil, hampir semua Honda terbaru memiliki fitur ini.

Menuju keinterior, beberapa fitur unggulan dari All New Honda HRV terbaru ini adalah mulai dari instrument cluster atau MID full layar dan menampilkan banyak settingan dari dalam mobil. Lalu layar head unit terbaru dengan ukuran 8 inch yang sudah support Apple Carplay dan Andorid Auto. Dan khusus tipe RS, ada beberapa tambahan fitur seperti wireless charging, jumlah speaker yang lebih banyak yaitu 8 (sedangkan di tipe lainnya hanya 6), pengaturan jok pengemudi secara elektrik, serta fitur safety active Honda Sensing.

Bila berbicara soal fitur keamanan, selain fitur Honda Sensing yang hanya tersedia di tipe RS, yang sudah jadi standar di semua tipe seperti 6 airbag, VSA, HAS, rem cakram di semua roda, jok isofix untuk dudukan jok balita, ABS, EBD, dan BA. Kemudian rem parkir elektrik dan auto hold yang menjadi pionir di kelas compact crossover pada HR-V generasi sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan Mendasar Antara Rem ABS Dan Non-ABS

Interior All New Honda HR-V

Hanya Tersedia Dalam Mesin Hybrid

Honda HR-V untuk pasar Thailand sendiri hanya tersedia dalam mesin Hybrid. Konfigurasi mesin hybrid di Honda HR-V e:HEV ini menggunakan mesin 1.500 4 silinder i-VTEC DOHC dengan tambahan teknologi Atkinson Cycle dari 2 buah motor listriknya. Untuk mesin bensinya memiliki tenaga 104 Hp di 6.000 hingga 6.400 rpm, dan torsi 127 Nm di 4.500 hingga 5.000 rpm.

Untuk motor listriknya sendiri, menghasilkan tenaga yang mencapai 131 Hp di 4.000 – 8.000 rpm dan torsi 253 Nm dari 0 rpm hingga 3.500 rpm. Menggunakan baterai Lithium Ion yang berada di lantai kabin belakang. Menggunakan transmisi berjenis CVT. Tetapi Honda sudah menempatkan 3 mode berkendara, yaitu Econ, Normal, dan Sport.

Yang berbeda dari jenis power steeringnya. Bila di tipe E dan EL, maka masih menggunakan jenis EPS yang biasa. Varian RS sudah menggunakan VGR atau Variable Gear Ratio EPS yang diklaim bisa memberikan pengendalian yang lebih sporty. Untuk suspensinya sendiri, Honda HR-V versi Thailand masih sama dengan generasi sbeleumnya. Dari suspense depan yang menggunakan MacPherson Strut dengan Anti Roll Bar dan bagian belakang masih menggunakan Torsion Beam.

Baca juga: All New Legend Hybrid EX Dilengkapi Honda Sensing Teknologi Terbaru

Honda HR-V

Belum ada info apakah All New Honda HR-V ini juga akan masuk ke Indonesia. Mengingat dari teaser serta bocoran produk terbaru yang akan meluncur di GIIAS sendiri bukan mengarah ke Honda HR-V. Melainkan sebuah produk world premier yang rencananya akan debut pertama kali di ajang tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Secara keseluruhan , Honda HR-V meraih rating yang tergolong baik yaitu bintang 4 dengan beberapa catatan penting mengenai safety mobil ini. Autos.id – Baru-baru...

Berita Otomotif

Di ajang Red Dot Design Awards, Honda sudah memenangkan 9 penghargaan semenjak kemenangan pertamanya di tahun 2001 silam. Autos.id – Salah satu mobil compact...

Reviews

Honda HR-V versi Amerika Serikat ini nantinya akan masuk ke segmen Medium SUV dengan dimensi yang sedikit membesar di bandingkan versi global-nya. Autod.id –...

Berita Otomotif

Honda sebentar lagi akan meluncurkan HR-V terbarunya di akhir Maret 2022 dengan SUV yang mempunyai tenaga mesin pembakaran internal dan mesin hybrid Autos.id  – ...