Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

MINI Indonesia Hadirkan Mobil Listrik Dalam Dua Varian

MINI Electric hadirkan sensasi berkendara go-kart khas MINI, desain ikonik dan bebas emisi, ditawarkan dalam dua varian: MINI Electric dan MINI Electric Collection.

Jakarta, Autos.id  –  Baru-baru ini, Mini Indonesia menghadirkan kendaraan full listrik premium kompak pertama di Indonesia : MINI Electric. Kendaraan ini gabungkan mobilitas berkelanjutan dengan mesin penggerak listrik murni dengan keseruan berkendara ala go-kart, desain yang modern dan ekspresif, serta kualitas premium yang khas dari MINI. MINI Electric ditawarkan dalam dua varian: MINI Electric dan MINI Electric Collection

Konsumen bisa dapat memesan secara langsung di MINI Exhibition yang berlokasi di Main Atrium PIK Avenue mulai dari 8 hingga 12 Juni 2022.

Jajaran management MINI Indonesia berpose di depan MINI Electric

Kidd Yam, Head of MINI Asia, menyampaikan sambutannya, dengan kualitas premium dan pengalaman mengemudi bebas emisi. Motor listrik 135 kW/184 hp yang dipasang bagian bawah, memberikan pusat gravitasi ekstra rendah, yang tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian. “Namun, tetap membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya. Ini adalah MINI yang paling intens – dan paling berevolusi,” jelasnya.

Secara garis besar, berikut ringkasan fitur dari MINI Electric:

  • Kendaraan full listrik (BEV) pertama dari MINI Indonesia, dan merupakan kendaraan full listrik kompak premium pertama di Indonesia.
  • Ditenagai oleh motor listrik dengan 135 kW/184 hp dan tenaga maksimum 270 Nm.
  • Baterai lithium-ion khusus memungkinkan jangkauan hingga 232 km (WLTP) tanpa mengurangi volume kompartemen bagasi.
  • Wallbox charging dan biaya pemasangan sudah termasuk dalam paket pembelian. Pengisian daya bisa dilakukan di rumah pelanggan ataupun di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dapat menggunakan Fast Charging menggunakan CCS DC Charging hingga 50 kW.
  • Kelincahan yang luar biasa khas MINI dengan penyaluran daya spontan, pusat gravitasi rendah, penggerak roda depan.
  • Akselerasi dari 0-60 km/jam dalam 3,9 detik dan 0-100 km/jam dalam 7,3 detik.
  • Desain khas MINI 3 Door dengan aksentuasi khas MINI Electric.

MINI Electric Ditenagai oleh motor listrik dengan 135 kW/184 hp dan tenaga maksimum 270 Nm. Baterai lithium-ion khusus memungkinkan jangkauan hingga 232 km (WLTP) tanpa mengurangi volume kompartemen bagasi. Wallbox charging dan biaya pemasangan sudah termasuk dalam paket pembelian. Pengisian daya bisa dilakukan di rumah pelanggan ataupun di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dapat menggunakan Fast Charging menggunakan CCS DC Charging hingga 50 kW.

Kelincahan yang luar biasa khas MINI dengan penyaluran daya spontan, pusat gravitasi rendah, penggerak roda depan. Akselerasi dari 0-60 km/jam dalam 3,9 detik dan 0-100 km/jam dalam 7,3 detik. Desain khas MINI 3 Door dengan aksentuasi khas MINI Electric.

Tenaga Baterai: Konsep dan Perbedaan dengan Model Konvensional.

Baterai dari MINI Electric merupakan baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus terdiri dari sel lithium-ion yang dibagi menjadi 12 modul. Pada akhirnya membentuk unit berbentuk T yang diposisikan di dasar kendaraan, dan berikan energi sebesar 28.9 kWh (kapasitas bersih).

Pada saat yang sama, ruang kompartemen bagasi sama sekali tidak ada perubahan – volume bagasi adalah 211 liter, yang dapat ditingkatkan menjadi 731 liter ketika sandaran belakang dilipat ke bawah (sama seperti MINI 3 Door). Satu-satunya perbedaan adalah pada ketinggian kendaraan: untuk memastikan ground clearance yang relevan untuk baterai tegangan tinggi yang dipasang di dasar kendaraan, bodi MINI Electric diposisikan sekitar 18 mm lebih tinggi daripada model bertenaga konvensional.

Pada situasi darurat tabrakan, penggerak listrik segera dimatikan. Dengan bobot tanpa muatan 1.365 kilogram, MINI Electric hanya lebih berat sekitar 150 kilogram dari MINI Cooper S 3 Door.

Elektrifikasi: Proses Pengisian Daya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengisi daya MINI Electric.

  • Type 2 dengan MINI Wallbox di rumah ataupun pengisian umum seperti di mall, café, hotel, dsb dengan daya pengisian hingga 11kW membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan.
  • Menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3kW membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan.
  • DC atau fast charging dengan daya pengisian hingga 50kW membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80% daya kendaraan.

Ringkasan fitur eksterior MINI Electric:

  • Bumper depan tampil modern dan grille baru.
  • Foglamp yang diganti dengan vertical air curtains
  • Rumah lampu depan LED kini hadir dalam warna hitam
  • Desain scuttle samping baru
  • Bumper belakang berikan tampilan kendaraan listrik yang khas

Interior.

MINI Electric mengalami peningkatan teknologi dan fitur yang menarik. Banyak fungsi dan elemen desain yang baru, tetapi tetap mempertahankan dimensi yang sama dengan MINI Cooper S konvensional, termasuk bagasi. MINI tawarkan desain interior yang eksklusif khusus MINI Electric.

  • Desain setir yang baru dilengkapi dengan tombol multifungsi yang terintegrasi dalam warna Piano Black
  • Instrumen cluster yang baru. Desain panel baru berwarna hitam juga diterapkan pada layar 8,8 inci di MINI Electric
  • Ventilasi udara dalam dan luar juga hadir dengan desain modern
  • Dekorasi baru untuk panel kokpit dengan tampilan horizontal, desain baru untuk permukaan interior dengan dekorasi bezel pintu Piano Black
  • Ambient light warna baru kian menarik dan ekspresif untuk menerangi kokpit

Drivetrain All Electric.

MINI Electric ditawarkan dalam satu mesin dan varian transmisi dengan ukuran baterai. Fitur gandar depan 135kW (184hp) motor listrik dan baterai dengan kapasitas 28,9kWh nett (32,6kWh gross). Dayanya setara dengan MINI 3 Door mesin konvensional. Bobot yang lebih berat sekitar 150 kg, MINI Electric memiliki pusat gravitasi lebih rendah. MINI Electric dapat mencapai kecepatan maksimum 150 km/jam dan jarak mengemudi hingga 232 km.

Ketersediaan dan Harga.

MINI Electric dan MINI Electric Collection masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 945.000.000,- off-the-road dan 955.000.000,- off-the-road. Harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya. Pembelian MINI Electric dapat dilakukan melalui MINI Electric Certified Dealership, Plaza MINI.

Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan:

  • Garansi Baterai: 8 tahun/100.000 km
  • Wallbox atau aksesoris pendukung: 2 tahun – hanya berlaku bila pemasangan dilakukan oleh vendor resmi yang ditunjuk oleh BMW Group Indonesia.
  • Service Inclusive: perawatan regular tanpa biaya selama enam (6) tahun tanpa batasan jarak tempuh.
  • Warranty: selama tiga (3) tahun tanpa batasan jarak tempuh.
  • Tire Coverage: selama 2 tahun, termasuk penggantian hingga 4 ban per tahun yang mencakup biaya pembelian ban dan tenaga kerja 100%.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Last updated on 17 Maret, 2022 Bila pada awal kemunculan Mini Paceman hadir dengan konfigurasi 3 pintu, maka untuk generasi terbaru Mini Paceman dengan...

Reviews

Hadir dalam varian model MINI Cooper 3-Door, MINI Cooper S 3-Door, dan MINI John Cooper Works. Tangerang, Autos.id  – Sejalan dengan brand MINI yang...

Berita Otomotif

Bertempat di lokasi strategis dan prestisius Jakarta serta siap memberikan Berikan layanan premium dan ruang untuk komunitas MINI Jakarta, Autos.id –  Hari ini (Kamis,...

Reviews

Rangkaian MINI terbaru kini hadir di Indonesia Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 20/8) Mini Indonesia meluncurkan generasi ke-empat dari lini produk terbaru Mini...