Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komunitas

Expedisi IOX Celebes 2017 Siap Buka Jalur ‘Mati’ untuk Masyarakat Pedalaman Sulawesi

Konfrensi Pers Ekspedisi IOX Celebes 2017

Last updated on 7 Maret, 2022

IOX Celebes 2017, sebuah ekspedisi off-road untuk memberikan perspektif baru dalam mengeksplorasi alam dan keindahan Indonesia dari angel yang berbeda

Jakarta, Autos.id – Sebanyak 87 kendaraan off-road super ekstrim dan 61 motor dirt bike dengan total 371 personil dari Klub Indonesia Off-road eXpedition (IOX) siap beraksi ala Camel Throphy menjelajahi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, 7 – 21 Oktober 2017.

Sri Hascaryo , Ketua Klub offroad IOX, mengungkapkan event ini akan sangat menantang dan memberikan pengalaman terbaik dengan track yang akan meyiksa sekaligus memberikan keseruan terpahit dalam pengalaman off-roader peserta.

“Tahun ini kita kembali selenggarakan Off-Road eXpedition dengan format yang baru karena berisi eksplorasi wisata juga dengan tema Celebes Expedition & Overland IOX Adventure,” kata pria yang akrab disapa Yoyok ini, di Epiwalk, Epicentrum,Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (17/9/2017)

“Dalam IOX 2017 Celebes, para peserta akan diuji secara fisik, mental dan kendaraannya untuk menembus rute-rute ekstrim di dua provinsi di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan sekaligus menikmati wisata alam dan budayanya yang indah”

IOX 2017 Celebes merupakan event tahunan, kelanjutan event IOX sebelumnya yaitu IOX 2012 Bukit Tinggi – Palembang, IOX 2013 Sabang – Medan, IOX 2014 Lahat – Monas, IOX 2015 Jakarta – Surabaya, dan IOX 2016 Jogja – Bali.

Baca juga: NGK Busi Berbagi Pengetahuan Tentang Busi dengan Komunitas TKCI dan KKCI

Peserta Expedisi IOX Celebes 2017

Deretan Mobil Peserta Expedisi IOX Celebes 2017

IOX 2017 Celebes direncanakan start dari Kendari tanggal 7 Oktober 2017 dan finish di kota Makasar tanggal 21 Oktober 2017, melalui Danau Matano dan Toraja.

Fion Kamil, Expedition Leader Team IOX 2017 Celebes mengungkapkan dalam ekspedisi ini berbagai track menantang akan menanti para offroader sehingga persiapan matang secara mental dan kendaraan menjadi keharusan.

“Track Raota – Rante Angin akan menjadi track terberat yang akan menyiksa peserta. Team memperkirakan dibutuhkan waktu sekitar 7 hari 7 malam untuk berhasil keluar dari track tersebut,” katanya bersemangat.

Firzal Muzaffar, Ketua Panitia IOX Celebes 2017, yang juga anggota IOX Chapter Makasar, menyambung bahwa tujuan dari ekspedisi off-road IOX-2017 Celebes ini untuk menyingkap tabir pesona Sulawesi di wilayah yang tidak lagi dilalui kendaraan bermotor sejak lama serta menguji skill, ketahanan fisik, mental dan kendaraan para peserta.

“Berbeda dari model rute event IOX sebelumnya, rute IOX-2017 akan melalui jalur-jalur tua sepanjang 40 Km yang sudah terlupakan dan tidak terpakai lagi, yang kondisinya saat ini telah menjadi sangat super ekstrim,” bebernya.

Baca juga: Saturday Night Market Royal Enfield, Bukan Sekedar Party Bareng

Ekspedisi IOX Celebes 2017

Persipan Mobil Peserta Ekspedisi IOX Celebes 2017

Masyarakat sekitar, kata pria yang akrab disapa Pipit, mendukung upaya IOX menerobos jalur tua yang sudah ditinggalkan tersebut dengan harapan adanya perhatian Pemerintah Daerah untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang hancur yang dibutuhkan masyarakat.

Perjalanan sepanjang 1500 Km dalam 15 hari perjalanan ini, mayoritas akan dilakukan di area super ekstrim Sulawesi yang sangat menantang. Ekspedisi ini akan benar-benar menguji skill dan kesabaran para off-roader yang mengikuti event IOX-2017 hingga ke batas kemampuannya.

Dalam kesempatan ini IOX akan menyelenggarakan 4 (empat) event sekaligus, yaitu event utama offroad untuk Kendaraan 4×4 dan Motor serta event wisata (overland) kendaraan 4×4 dan motor.

IOX Overland merupakan event terbaru IOX untuk menyalurkan minat offroader yang lebih menyukai tema wisata. Jumlah peserta overland untuk kendaraan 4×4 dan motor tidak banyak karena memang dibatasi mengingat masih bersifat pilot project.

Team IOX dalam ekpedisi ini juga menekankan pentingnya interaksi sosial dengan masyarakat yang akan memberikan kenangan paling mengesankan dalam eksplorasi budaya, pariwisata, dan kehidupan masyarakat pedalaman yang akan menjadi cerita perjalanan IOX ke bumi Celebes ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Mobil off-road yang dikembangkan star-up Amerika Scuderia Cameron Glickenhaus memberikan desain yang unik dengan menampatkan sopir ditengah Amerika, Autos.id – Perusahaan start-up asal Amerika...

Komunitas

Last updated on 12 Januari, 2018 Trooper Indonesia mengakhiri dan menyambut tahun baru dengan prosesi penyatuan dengan alam. Kegiatan jelajah hingga games menarik diadakan...

Berita Otomotif

Mercedes-Maybach G650 Landaulet dikenal sebagaipenjelajah mobil tangguh. Ditangan Khan Desaign mobil ini disulap menjadi mobil 6 roda. Jerman, Autos.id – Sebuah karya modifikasi menakjubkan...

Komunitas

Suzuki Bike Meet Medan penuh keseruan dengan mempersatukan pengguna Suzuki lintas komunitas sekalgus menelusuri keindahan wisata Danau Toba. Medan, Autos.id – 750 bikers Suzuki...