Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Jeep Compass vs Peugeot 3008, Klasik vs Futuristik   

Kedua pabrikan asal Amerika dan Eropa ini memiliki keunggulannya masing-masing

Jakarta, Autos.id  –  Kedua brand eropa ini sudah meluncur sekitar 1-2 tahun lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba mengulas kedua kendaraan ini yaitu Jeep Compass VS Peugeot 3008. Berbicara tentang Peugeot 3008, yang meskipun didefinisikan dengan tepat oleh Peugeot sebagai SUV, sebenarnya lebih mirip dengan dunia crossover. Karena lebih tinggi dari mobil biasa, tentu saja, tapi lebih pendek dari mobil sport off-road.

Kedua model ini adalah dua SUV segmen C dengan dimensi yang sangat mirip, dengan desain modern dan menarik, dengan banyak konten menarik dan keduanya sangat fresh sejak diluncurkan

Desain :  Keduanya Terlihat Agresif

Mari kita mulai dengan Kompas Jeep. Desainnya bertujuan untuk mengingat semua elemen gaya yang khas dari pendahulunya, Jeep Grand Cherokee. Bagian depan, sangat agresif dan elegan. Lampu depan memiliki optik internal yang modern dan dihubungkan satu sama lain oleh kisi-kisi horizontal yang tipis, dengan ciri khas Jeep yang dicap dengan baik, yaitu tujuh celah.

Bagian samping memiliki tampilan yang kokoh dan besar, berkat lengkungan roda persegi dan ground clearance yang tinggi. Di belakang, akhirnya, mobil menjadi lebih kompak dan sporty, berkat jendela belakang yang kecil dan sangat miring. Jeep Compass memiliki panjang 4,39 meter, lebar 1,82 meter, tinggi 1,63 meter dan jarak sumbu roda 264 cm.

Peugeot 3008 produksi Prancis, bagian depan tinggi dan kuat, ditandai dengan kelompok optik yang cukup kecil, ditandai dengan semacam cakar berwarna tubuh di bagian bawah. Di sepanjang tepi bawah bodi mobil terdapat pelindung bodi, yang membuatnya semakin kokoh dalam penampilannya. Adapun Peugeot 3008 tidak berbeda jauh dimensinya yaitu panjang 4,45 meter, lebar 1,84 meter, tinggi 1,62 meter, dan jarak sumbu roda 268 cm.

Interior 

Penampilan Jeep Compass cukup rasional, dasbornya bercirikan konsol tengah yang didominasi layar sentuh sistem infotainment (hingga 8,4 inci), sedangkan untuk AC juga terdapat kontrol fisik, yang menyederhanakan pengaturan suhu dan aliran.

SedangkanPeugeot 3008 memiliki desain interior yang bertujuan untuk membuat Anda terkesan, dengan bentuk yang diartikulasikan, bersudut, dan tidak biasa. Selain desain, Prancis juga menawarkan bahan berkualitas baik dan hasil akhir yang halus. Tunnel center sangat tinggi dan dasbornya hampir minimalis, dengan kontrol “fisik” yang sangat sedikit.

Semua fungsi disertakan dalam tampilan sistem infotainment (hingga 8 inci), termasuk kontrol untuk kontrol iklim. Panel instrumen yang sepenuhnya digital dan dapat dikonfigurasi ulang sangat spektakuler.

Fitur-fitur

Jeep Compass menawarkan sensor parkir belakang, lampu kabut, cruise control, AC, dan sistem multimedia Uconnect 5″ sebagai standar. Standar pada semua versi adalah Full Speed Forward Collision Warning Plus, Lane Keep Assist, active front headrests dan Hill Start Assist. Peralatan dapat diperkaya (mengubah konfigurasi yang lebih kaya atau menambahkan opsional) dengan Uconnect 8.4, Apple Carplay dan Android Auto, lampu depan bixenon, lampu jauh otomatis, Adaptive Cruise Control,

Peugeot 3008 ditawarkan dalam konfigurasi berikut, mulai dari akses hingga yang paling lengkap: Access, Active, Business, Crossway, Allure, GT Line, dan GT. Versi Active sudah memiliki perlengkapan standar yang menarik: Lane Departure Warning, sensor parkir, kontrol iklim otomatis zona ganda, foglamp, velg 17″ dan infotainment 8″.

Untuk penambahan opsi, fitur juga dapat diperkaya dengan: Active Safety Brake, Active Lane Departure Warning, High Beam Assist, Active Blind Corner Assist, navigator satelit, Adaptive Cruise Control, lampu depan Full LED, dan sistem tanpa kunci.

Mesin dan Transmisi

Jeep Compass mengusung mesin bensin 1.4 turbo Multiair dengan 140 tenaga kuda dan 230 Nm atau 170 tenaga kuda dan 250 Nm. Yang pertama hanya tersedia dalam versi penggerak 2 roda, yang terakhir hanya 4 × 4. Di sisi lain, ada tiga mesin diesel: 1.6 Multijet dengan 120 bhp dan 320 Nm, 2.0 Multijet dengan 140 bhp dan 350 Nm dan 2.0 Multijet dengan 170 bhp dan 380 Nm. Rentang ini dilengkapi dengan pilihan antara gearbox manual enam kecepatan atau otomatis 9 kecepatan, tergantung pada mesinnya.

Peugeot 3008 memiliki mesin modern, yang mencakup mesin turbo tiga silinder 1,2 dengan 130 HP dan 230 Nm dan 1,6 turbo empat silinder dengan 165 tenaga kuda dan 240 Nm.Mesin diesel adalah 1,5 BlueHDi dengan 130 HP dan 300 Nm, 2.0 BlueHDi dengan tenaga 150 HP dan 370 Nm dan 2.0 BlueHDi dengan tenaga 177 HP dan torsi 400 Nm. Seperti yang telah disebutkan, Peugeot 3008 hanya tersedia dengan penggerak roda depan,  dengan girboks manual enam percepatan dan dengan girboks otomatis enam atau delapan percepatan.

Harga

Jeep Compass memiliki 7 pilihan warna yaitu Atlantic Blue, Brilliant Black, Bright White, Bronze Metallic, Colorado Red, Magnesio Ray dan Mocha Late. Adapun harga ditawarkan Rp 615 juta. Adapun Peugeot 3008 hanya tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Nera Black dan Pearl White dengan harga mulai dari Rp 598 juga hingga Rp 730 Juta.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga