Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Honda BeAT vs Yamaha Gear, Lebih Nyaman Mana ?

Sama-sama berkategori motor skutik entry level, Honda BeAT vs Yamaha Gear boleh diadu kualitasnya!

Jakarta, Autos.id – Pasar otomotif roda dua di Indonesia sudah sangat akrab dengan motor matic. Bagaimana tidak, sebagian besar penduduk Indonesia khususnya di kota-kota besar menggunakan motor berjenis skuter matic ini untuk kegiatan berkendara sehari-hari. Salah satu motor matic andalan masyarakat Indonesia, terutama kaum wanita, adalah Honda BeAT.  Paling anyar, Honda BeAT generasi terbaru diberi nama BeAT Street yang diresmikan pada awal tahun 2020.

Namun, pada akhir tahun 2020, Yamaha merilis motor matic terbaru bernama Yamaha Gear. Sejak kemunculannya, banyak pengamat mulai membandingkan kualitas Yamaha Gear dengan pendahulunya, Honda BeAT. Dilansir situs resmi Honda, motor BeAT keluaran terbaru terdiri dari dua seri, yaitu CBS dan CBS-ISS. Yamaha Gear 125 juga memiliki dua tipe yaitu S dan Standard. 

Honda BeAT seri CBS memiliki harga termurah dibandingkan BeAT seri lainnya yaitu Rp 16,6 juta. Sedangkan seri CBS-ISS memiliki harga Rp 17,3 juta. Meskipun begitu, harga Yamaha Gear ternyata masih lebih mahal dibandingkan BeAT. Tipe Standard diberi harga Rp 17 juta dan tipe S Rp 17,7 juta (harga OTR Jakarta). Lalu pertanyaannya, dengan harga tersebut, penggunanya mendapatkan fasilitas apa saja dan kualitas performa motor seperti apa ya? Berikut ini ulasan komparasi desain hingga mesin Honda BeAT vs Yamaha Gear.

Desain Honda BeAT vs Yamaha Gear

Kedua motor pabrikan Jepang ini sama-sama memiliki bodi yang ramping dan sporty. Namun, Honda BeAT memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan Yamaha Gear, sekitar 1.877 x 669 x 1.074 mm. Sedangkan Yamaha Gear berukuran 1.870 x 685 x 1.060 mm.

Desain Honda BeAT vs Yamaha Gear

Desain Honda BeAT

Desain Honda BeAT vs Yamaha Gear

Desain Yamaha Gear

Honda BeAT seri terbaru dilengkapi rangka eSAF (enhance Smart Architecture Frame) agar motor mudah dikendalikan di semua kondisi jalanan. Selain itu, lampu depan sudah menggunakan LED yang membuat motor terlihat lebih modern. Adapun pilihan warna berdasarkan seri yang tersedia adalah:

  1. Seri CBS-ISS
  • Deluxe Silver
  • Deluxe Blue
  • Deluxe Brown
  • Deluxe Black
  • Electro Matte Blue, perpaduan warna biru, putih, dan kuning gold
  • Garage Matte Black.
  1. Seri CBS
  • Funk Red Black
  • Techno Blue Black
  • Dance White Black
  • Hard Rock Black

Yamaha Gear juga tak mau ketinggalan menghadirkan pilihan warna-warna premium. Warna pada seri Standard lebih beragam, diantaranya Metallic Red, Matte Silver, Metallic White, Matte Greenish, dan Metallic Grey. Sedangkan Yamaha Gear seri S tersedia dalam warna Prestige Silver dan Matte Red.

Fitur Honda BeAT vs Yamaha Gear

Fitur Honda BeAT

Rangka eSAF

Fitur Yamaha Gear

Pijakan kaki untuk anak

Fitur Honda BeAT dan Yamaha Gear

Electric Power Charger

Selanjutnya akan membahas fitur-fitur yang membuat masing-masing motor memiliki keunggulannya tersendiri. Honda BeAT masih konsisten menggunakan Combined Digital Panel Meter, panel meter yang mengkombinasikan unsur analog-digital membuat tampilan motor makin stylist. Honda BeAT juga mengaplikasikan bagasi seluas 12 L.

Lain halnya dengan Yamaha Gear yang menghadirkan lebih banyak fitur kekinian untuk kebutuhan pengendara Indonesia. Mulai dari adanya tambahan pijakan kaki untuk anak, double hook atau gantungan barang ganda di bawah jok depan dan badan setir. Khusus seri S, Yamaha Gear dilengkapi Answer Back untuk memudahkan pencarian motor di area parkir dan Stop & Start System untuk fungsi penghematan bahan bakar motor. Stop & Start System bekerja jika motor berhenti/stop selama 5 detik dan motor kembali menyala saat pengendara memutar tuas gas. Fitur spesial lainnya adalah lampu hazard sebagai tanda atau isyarat ketika berada pada kondisi darurat. Tak lupa kedua motor dipasangi ban tubeless dengan desain velg sporty pada kedua ban dan electric power charger yang menambah kecanggihan motor. 

Keamanan Honda BeAT vs Yamaha Gear

Sama seperti motor matic keluaran Honda lainnya, Honda BeAT dilengkapi sistem keamanan Combi Brake System dan tuas pengunci rem. Tak lupa juga fitur Secure Key Shutter dengan Seat Opener yang praktis untuk menjamin keamanan barang Anda di bagasi. 

Fitur Keamanan Honda BeAT

Secure Key Shutter with Seat Opener

Kesamaan fitur keamanan pada Honda BeAT dan Yamaha Gear terletak berada pada fitur Side Stand Switch atau Standar Samping Otomatis. Fitur ini memastikan pengendara tak bisa menjalankan motornya ketika standard samping masih dalam posisi turun sehingga keselamatan pengendara terjamin.

Fitur Keamanan Yamaha Gear

Side Stand Switch / Standar Samping Otomatis

Mesin Honda BeAT vs Yamaha Gear

Honda BeAT memiliki mesin 4-step SOHC eSP 110 cc dengan Idling Stop System dan ACG Starter agar motor lebih bertenaga namun irit. Sistem suplai bahan bakarnya pun sudah menggunakan injeksi atau PGM-FI. Motor ini memiliki tenaga maksimum 6.6 kW yang setara dengan 9.0 PS pada putaran 7.500 rpm dan torsi maksimumnya 9.3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Seiring mengikuti tren otomotif dengan segala keefisienannya, tipe starter yang digunakan sudah elektrik dan berbasis Kick Starter. Tak ketinggalan pengembangan performa mesin juga terletak pada kapasitas tangki bensin yang mencapai 4.2 L.

Mesin Honda BeAT

Mesin Honda BeAT

Mesin Yamaha Gear

Mesin Yamaha Gear

Beralih ke Yamaha Gear yang memiliki performa mesin lebih unggul dengan tipe mesin yang digunakan yaitu 4-stroke, SOHC 1-cylinder 125 cc. Lalu tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mencapai 7.0 kW atau setara 9.5 PS pada putaran 8.000 rpm. Dan juga torsi maksimum mencapai 9.5 Nm pada putaran 5.500 rpm. Karena sama-sama berkategori skuter matic, Yamaha Gear juga menggunakan sistem fuel injection (FI) serta tipe starter elektrik dan kick starter seperti BeAT. Selain itu, Yamaha Gear terbaru sudah menggunakan mesin Bluecore 125cc berteknologi SMG (Smart Motor Generator) untuk performa mesin lebih halus, bertenaga namun irit bensin.

Dari sekian ulasan perbandingan Honda BeAT vs Yamaha Gear, manakah yang worth to buy menurut Anda? Pastikan biaya yang dikeluarkan sebanding dengan produk yang berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat ya! (dan/Tim Autos)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mobil

Penjualan terbesar Mitsubishi masih disumbang Xpander dan Xpander Cross Jakarta, Autos.id  –  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), catat hasil positif penjualan...

Berita Otomotif

Last updated on 17 September, 2021Dengan harga Rp 200 jutaan, Morris Garages resmi mengantarkan New MG ZS kepada para penggemarnya di Tanah Air yang...

Berita Otomotif

Pabrik ini akan memulai produksi pada tahun 2024 dengan kapasitas tahunan mencapai 10 GWh sel baterai, yang mana cukup untuk kebutuhan lebih dari 150.000...

Mobil

Peningkatan penjualan Agustus 2021 tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak Jakarta, Autos.id  –  Penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara...