Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Kia XCeed Facelift Resmi Meluncur Di Eropa, Tampil Lebih Fresh

Kia XCeed Facelift Resmi Meluncur Di Eropa, Hadir Dengan Beberapa Penyegaraan

Kia XCeed sendiri merupakan versi croosover dari mobil hatchback Kia Ceed yang dihadirkan khusus untuk pasar negara Eropa saja.

Autos.id – Kia XCeed merupakan produk crossover yang berbasis dari mobil Hatchback Ceed yang khusus dijual untuk pasar benua Eropa. Pada tahun 2022 ini, Kia melakukan penyegaraan alias facelift untuk XCeed ini yang akan menggunakan model tahun 2023. Beberapa ubahan dihadirkan pada versi facelift XCeed model tahun 2023 ini.

Beberapa ubahan diantaranya seperti hadirnya varian GT Line, update eksterior, interior, fitur, serta mesin yang lebih bertenaga.

Kia XCeed Facelift Resmi Meluncur Di Eropa, Hadir Dengan Beberapa Penyegaraan

Ubahan Yang Dihadirkan

Untuk anda yang belum tahu, XCeed ini merupakan produk croosver yang berada ditengah-tengah Stonic dan Sportage di pasar Eropa. Karena berbasis dengan Kia Ceed, maka mobil ini sebenarnya memiliki bentuk visual yang mirip dengan versi hatchback-nya tersebut. Mulai dari bagian depan, grill khas Kia yaitu Tiger Nose diberikan update tampilan yang kini jauh lebih sangar dan sporty.

Lalu ubahan berikutnya dari bagian depana dalah penggunaan desain lampu depan dengan desain baru serta penggunaan bumper depan yang kini lebih sporty. Serta pada bagian kiri dan kana nada 2 buah housing persegi panjang yang vertikal yang bukan merupakan foglamp karena mobil ini tidak dilengkapi foglamp. Serta logo Kia terbaru dibagian atas grill Tiger Nose yang menjadi pembeda utama dibandingkan versi sebelumnya.

Dibagian samping, mobil ini secara visual masih terlihat sama dengan Ceed versi Hatchback. Tetapi untuk menguatkan kesan croosver pada mobil, maka terdapat panel skid plastik berwarna hitam yang membentuk vender roda dan bagian bawah mobil yang menyambung dari depan ke belakang. Serta untuk velg, ada pilihan ukuran 16 dan 18 inch dengan desain yang juga diberi update.

Kia XCeed Facelift Resmi Meluncur Di Eropa, Hadir Dengan Beberapa Penyegaraan

Bila dibandingkan Ceed, XCeed memiliki ground clearance yang tergolong tinggi yaitu 184 mm apabila menggunakan opsi velg 18 inch. Tetapi apabila memilih varian bawah dengan velg 16 inch, maka ground clearance menjadi 172 mm. Dan itu masih tergolong lebih tinggi dibandingkan Ceed dengan body hatchback yang jelas lebih ceper sesuai dengan konsep mobilnya.

Beralih ke bagian belakang, Kia XCeed juga hadir dengan ubahan yang meskipun tidak banyak tetapi cukup membuat kesan yang lebih berbeda. Mulai dari penggunaan lampu kotak-kotak heksagonal yang sangat futuristik. Serta bagian bumper belakang mobil ini juga sedikit diperbaharui dengan aksen knalpot palsu serta 2 reflektor dibagian kiri dan kanan yang juga bisa difungsikan sebagai foglamp belakang.

Beralih ke bagian interior, memang secara sekilas tidak ada ubahan dashboard yang signifikan. Tetapi ada beberapa detail update yang diberikan pada versi facelift XCeed ini. Mulai dari penggunaan stir yang kurang lebih mirip dengan beberapa Kia modern di kelas ini dengan model flat bottom. Khusus untuk varian GT-Line, ada emblem tulisan GT-Line dibagian bawah stir.

Kia XCeed Facelift Resmi Meluncur Di Eropa, Hadir Dengan Beberapa Penyegaraan

Lalu ada juga penggunaan speedometer full digital yang memuat berbagai informasi yang sangat lengkap. Serta Head Unit Kia XCeed facelift ini juga diberi ubahan dengan penggunaan layar yang lebih besar dengan konektivitas ke smartphone yang lengkap seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Lalu untuk shifter memang mendapat update desain yang sedikit berbeda meskipun bukan berupa tombol putar seperti yang ada di Kia Seltos Facelift yang sudah menggunakan shifter model tombol putar.

Serta untuk versi facelift ini, sudah menggunakan electronic parking breake lengkap dengan auto hold. Lalu khusus untuk varian GT-Line, pedal gas dan rem sudah menggunakan pedal aluminium yang sporty dan sangat nyaman untuk diinjak. Serta dibagian baris kedua mobil ini kini dilengkapi kisi AC yang akan membuat penumpang dibaris kedua juga mendapat hembusan AC yang masih sangat baiknya.

Kia XCeed Facelift Resmi Meluncur Di Eropa, Hadir Dengan Beberapa Penyegaraan

Hadir Dengan Pilihan Mesin Hybrid

Ada beberapa piliha mesin untuk Kia XCeed Facelift model tahun 2023 ini. Yang pertama adalah mesin 1.000 cc, 3 silinder dengan Turbo yang menghasilkan tenaga 118 Hp dan torsi 172 Nm yang hanya tersedia dengan transmisi manual 6 speed. Lalu ada juga pilihan mesin 1.500 cc, 4 silinder dengan Turbo yang menghasilkan tenaga 158 Hp dan torsi 253 Nm dengan pilihan transmisi manual 6 speed dan 7 speed otomatis berjenis kopling ganda.

Lalu ada juga pilihan mesin Diesel dengan teknologi Mild Hybrid yang menggunakan kapasitas 1.600 cc, 4 silinder dengan turbo. Mesin Diesel Mild Hybrid ini bisa menghasilkan tenaga 134 Hp dan torsi mencapai 280 Nm untuk transmisi manual 6 speed serta 320 Nm untuk transmisi otomatis kopling ganda 7 percepatan.

Mesin Diesel Mild Hybrid ini memiliki motor listrik sebesar 48 Volt yang diklaim memangkas emisi C02 hingga 10%. Serta mesin ini memungkinkan bisa berjalan hanya dengan bantuan motor listrik dalam jarak tempuh tertentu dengan kecepatan maksimal 125 km/jam saat hanya menggunakan motor listriknya saja.

Lalu ada juga pilihan mesin PHEV atau Plug-In Hybrid yang menggunakan mesin 1.600 cc, 4 silinder yang dibantu dengan motor listrik 44,5 kW serta baterai lithium-ion berkapasitas 8,9 kWh. Tenaga yang dihasilkan mencapau 139 Hp dan torsi mencapai 256 Nm dengan transmisi otomatis kopling ganda 6 percepatan. Mesin PHEV ini diklaim bisa berjalan tanpa mesin menyala sejauh 60 km.

Rencananya Kia XCeed akan mulai dipasarkan di Eropa pada bulan September mendatang. Nantinya setiap pembelian mobil ini, para konsumen akan mendapatkan garansi 7 tahun atau 150.000 km seperti produk-produk Kia lainnya di Eropa.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga