Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

BMW M4 GT4 2023 Resmi Meluncur, Mobil Balap Sekaligus Untuk Daily Use

BMW M4 GT4 2023 Resmi Diluncurkan, Mobil Balap Yang Bisa Digunakan Untuk Sehari-Hari

BMW M4 GT4 untuk model tahun 2023 ini juga akan dipersipakan sebagai basis untuk mobil ajang balap setara GT4 dengan beberapa penyesuaian antara spek balap dan spek jalan raya yang bisa dibeli secara umum.

Autos.id – Bisa dibilang tahun 2022 ini merupakan tahun yang cukup sibuk bagi BMW terutama bagi divisi motorsportnya yaitu BMW M. Hal ini juga berkaitan dengan ulang tahun divisi M pada tahun ini sehingga banyak menghadirkan berbagai mobil edisi khusus. Dan yang terbaru BMW M baru saja meluncurkan edisi khusus BMW M4 GT3 untuk model tahun 2023.

Mobil ini sejatinya merupakan mobil yang diperuntukan untuk kebutuhan balap hadir dengan beberapa ubahan tampilan serta masih bisa dipakai untuk jalan raya dan kebutuhan sehari-hari.

BMW M4 GT4 2023 Resmi Diluncurkan, Mobil Balap Yang Bisa Digunakan Untuk Sehari-Hari

Beberapa Ubahan Yang Ditampilkan

Seperti yang dilansir Motor1 pada Senin (20/6/2022), BMW M4 GT4 2023 ini hadir dengan beberapa ubahan pada tampilan eksterior yang memang dipersiapkan untuk kebutuhan balap. Misalnya seperti penggunaan aero kit komperhensif yang menampilkan spilter depan raksasa. Aerokit ini juga bisa berfungsi sebagai alat bajak salju yang cukup unik.

Ubahan berikutnya adalah penggunaan Canard depan serta side skirt berotot yang menguatkan kesan bahwa mobil ini merupakan mobil yang sudah track ready untuk dipakai di Sirkuit. Dan juga sebagai mobil yang memang diciptakan untuk mobil balap, dibandingkan BMW M4 standar kini tidak dilengkapi dengan jok baris kedua.

BMW M4 GT4 2023 Resmi Diluncurkan, Mobil Balap Yang Bisa Digunakan Untuk Sehari-Hari

Tetapi meskipun disiapkan untuk sebuah mobil balap, beberapa fitur mengejutkan justru hadir pada mobil ini. Yang pertama adalah mobil ini masih dilengkapi dengan AC yang biasanya dihilangkan untuk spek mobil balap. Selain itu ada juga pemanas kaca depan atau Front Deffoger serta penggunaan jok berpendingin. Nah jok mobil ini sendiri sudah menggunakan jok Recaro yang memang dipersiapkan untuk kebutuhan balap.

Tidak ketinggalan mobil ini juga dipenuhi dengan berbagai bahan serat karbon alami di beberapa bagian interior dan eksterior. Tidak ketinggalan, stir mobil ini sudah menggunakan stir khusus dengan kontrol yang bisa menyala. Yang menarik, stir BMW M4 GT4 ini dikembangkan langsung oleh perusahaan simulator mobil terkemuka, Fanatec.

Mesin Yang Lebih Bertenaga

Untuk dapur pacu, pada dasarnya BMW M4 GT4 2023 ini masih menggunakan mesin yang sama pada BMW M4 lainnya. Unit mesin 3.000 cc, 6 silinder segaris dengan Twin Turbo masih menjadi dapur pacu utamanya. Yang berbeda adalah tenaga dan torsi yang lebih bertenaga yaitu 550 Hp dan 650 Nm. Mesin tersebut tersambung melalui transmis otomatis 7 speed daru ZF dan LSD berpenggerak roda belakang.

BMW M4 GT4 2023 Resmi Diluncurkan, Mobil Balap Yang Bisa Digunakan Untuk Sehari-Hari

Mobil ini sendiri memiliki konfigurasi drivetrain yang cukup unik. Karena mobil ini sendiri memiliki sistem kontrol traksi 10 langkah serta 3 kecepatan pegas H&R serta penyesuaian anti-roll bar hingga 5 tingkat. Artinya baik dari secara mesin dan drivetrain, mobil ini memang sudah dipersiapkan untuk penggunaan balap mobil GT4.

BMW M4 GT4 2023 ini sendiri direncanakan untuk mulai diproduksi pada bulan Oktober mendatang. Kabarnya BMW akan membandrol mobil ini mulai dari harga 187.000 Euro atau setara Rp 2,9 Milyaran. Harga tersebut lebih murah dibandingkan BMW M4 GT3 yang dijual mulai dari 415.000 Euro atau setara Rp 6,4 Miliyar.

Kedua mobil BMW M4 ini diposisikan diantara entry-level BMW M2 CS Racing dan LMDh dalam jajaran mobil BMW Motorsport. Yang pasti mobil ini akan menarik bagi anda para pecinta kecepatan serta gemar mencoba kemampuan mobil secara maksimal di dalam trek Sirkuit.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Modifikasi BMW M4 menjadi mobil PickUp ini merupakan salah satu modifikasi terunik yang pernah dibuat rumah modifikasi tersebut. Autos.id – Berbicara mengenai modifikasi otomotif,...

Berita Otomotif

BMW M4 Convertible Edition 30 Jahre merupakan bentuk perayaan atas tiga dekade keberadaan M Convertible. Model ini cuma disediakan dua warna dan hanya diproduksi...

Berita Otomotif

BMW M4 GT4 terbaru menjalani debutnya di ajang balap The 45th ADAC Zurich 24h Race di Nürburgring, Jerman, menggunakan ban balap Hankook. Jerman, Autos.id...

BMW

BMW M4 GTS Coupe merupakan mobil sport dua pintu baru dari BMW M Division yang menjadi pusat perhatian pengunjung GIIAS 2016. Tangerang, Autos.id –...