Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Yamaha R1 GYTR VR46: Hadiah Yamaha untuk Valentino Rossi

Valentino Rossi dan Yamaha R1 GYTR VR 46
Valentino Rossi dan Yamaha R1 GYTR VR 46 (sumber otomania)

 Yamaha membuat Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute khusus untuk Valentino atas hadiah pensiun dan peringatan karirnya sebagai pembalap MotoGP mereka.

Autos.id  –  Motor Yamaha R1 ini pun dibuat khusus untuknya bersama dengan Aldo Drudi, desainer helm terkenal dan teman dekat si mantan pembalap Italia. Aldo membuat livery desainnya sendiri dalam motor hadiah ini. Tidak hanya itu, warna motor WorldSBK ini juga dibuat khas Valentino Rossi dengan kombinasi warna biru dan kuning. Hadiah ini diserahkan pada acara EICMA Motorcycle Show 2021 di Milan, Italia.

Aldo Drudi dari Drudi Perfomance memang dikenal setia membuat helm spesial untuk Rossi. Tidak hanya helm pada saat balapan, tetapi juga termasuk helm untuk sesi pra musin dan satu musim penuh.

Yamaha R1 GYTR VR46 memiliki banyak fitur unik yang bahkan membawa Yamaha meraih triple crown di 2021 World SBK. Motor satu ini adalah motor R1 GYTR dengan spesifikasi tertinggi untuk keperluan balap dengan kit fairing serat karbon baru dan subframe belakang berbahan karbon penuh.

Kapasitas tangkinya juga ditingkatkan hingga 22 liter. Namun jangan salah, motor ini tetap ringan dengan berbagai pemangkasan bobot di elemen-elemen lain. Mesinnya sendiri adalah mesin inline 4 silinder 998cc lengkap dengan air-filter standar WorldSBK. Ada juga suspensi depan dan belakang yang didukung oleh Ohlins.

Dari sisi pengereman, Yamaha memilih Brembo yang bisa menghasilkan tenaga luar biasa. ECU Rex 140 Marelli sendiri juga memberikan komputerisasi tinggi untuk berbagai fitur canggihnya.

Masih ada banyak fitur lain dalam motor balap in. Misalnya fitur canggih dari GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing) seperti electronic throttle, handlebar set, handlebar switch, slipper clutch, Marchesini wheelset, head gasket, radiator kit, front brake protector, dan lain-lain.  Sedangkan parts lain hasil pengembangan WorldSBK yang juga dipakai di motor ini antara lain Special Carbon Fiber Fearing and Racing Screen, Sensor kit, Chrome Lite dashborad dengan GPS, wire harness khusus untuk Marelli REX140 ECU, dan lain-lain.

Yamaha R1 GYTR VR46

Yamaha R1 GYTR VR46 

Motor ini diserahkan langsung kepada pembalap berjulukan The Doctor itu pada acara khusus bertajuk One More Lap. Sang pembalap juga menghadiri acara khusus untuknya ini. Dalam acara ini, si legenda memutari trek pendek seputar lokasi pameran dan membagikan kisah karirnya.

Karir Valentino Rossi dimulai 26 tahun lalu dan menjadi salah satu olahragawan paling berpengaruh di dunia dan menginspirasi banyak generasi muda. Bahkan pembalap besar saat ini seperti Marc Marquez dan Fabio Quartararo juga terinspirasi olehnya. Rossi pernah memenangkan 9 gelar juara dunia di kelas MotoGP 250 cc dan 125 cc. I memiliki catatan 115 kemenangan dan 235 podium dari 415 balapan yang ia ikuti. Balapan terakhirnya selesai pada 14 November 2021 dengan finish top ten di Valencia GP.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

MotoGP Valencia merupakan seri pamungkas dari kejuaraan dunia MotoGP setiap tahunnya. Pada balapan GP Valencia tahun ini akan menjadi balapan terakhir bagi sang legenda...

Balap

Seri perdana MotoGP 2019 sudah digelar pada Minggu (10/3) di Sirkuit Losail, Qatar, Uni Emirat Arab. Pada seri perdana MotoGP 2019 yang dihelat akhir...

Balap

Tim Yamaha MotoGP telah mengumumkan motor baru untuk versi 2019 dari motor YZR-M1. Jakarta, autos.id – M1 baru, yang akan dikendarai oleh Valentino Rossi...

Balap

Franco Morbidelli percaya bahwa mengendarai spesifikasi serupa Yamaha di musim MotoGP 2019 seperti Valentino Rossi akan bermanfaat bagi kedua pembalap tersebut. Italia, autos.id –...