Berita Otomotif

Volvo Bus Luncurkan B11R dan B8R

Pada Rabu (20/3) kemarin, Volvo bus meluncurkan sasis Volvo B11R dan Volvo B8R di acara Busworld South East Asia Exhibition 2019 di JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Keduanya hadir dalam jenis yang berbeda, yakni Ultra High Coach dan Double Decker Coach

Jakarta, Autos.id – Sejak 2018, lebih dari 100 bus Volvo B11R beroperasi sebagai bagian dari sistem BRT Busway TransJakarta. Konfigurasi ini dikenal secara lokal sebagai maxibus yang dengan nyaman dapat menampung hingga 90 penumpang dan sangat populer di kalangan pengguna.

“Volvo memiliki pengalaman luas dalam sistem Bus Rapid Transport (BRT), sejak memelopori konsep ini lebih dari 40 tahun yang lalu di Curitiba, Brasil. BRT adalah solusi angkutan massal yang terbukti efektif dan berkapasitas tinggi; memberikan kinerja setara kereta metro dengan biaya dan kompleksitas yang rendah. Di samping itu, Volvo Bus merasa sangat terhormat atas kesempatan untuk menjadi bagian dari Busway TransJakarta, ” kata Akash Passey, Senior Vice President Volvo Bus International Area.

Volvo B11R sudah menjadi bagian dari BRT Busway TransJakarta sejak 2018

Bagi Volvo, Indonesia adalah pasar yang sangat besar dan modern untuk bus. Ini membawa peluang signifikan bagi operator bus dan produsen bus untuk mendukung kemajuan transportasi darat melalui bus yang berkualitas tinggi, aman, dan ramah lingkungan.

“Melalui rekam jejak yang telah terbukti selama lebih dari 90 tahun, Volvo Bus sangatlah ideal untuk memenuhi tuntutan operator dan penumpang bus. Saat ini, kami sangat senang bisa memperkenalkan produk terbaru kami, Volvo B8R dan Volvo B11R, di Indonesia. Bus-bus ini telah membuktikan kinerjanya dengan berbagai permintaan pelanggan di beberapa negara dan pastinya juga memenuhi persyaratan pasar bus di Indonesia,” lanjut Akash Passey.

Bus double decker Volvo

Di sektor teknis, Volvo B11R dibekali mesin berkapasitas 11 L yang mempunyai tenaga sebesar 430 dk, dan disandingkan dengan transmisi terkemuka Volvo Bus yakni I-Shift AMT 12 percepatan. Meski bertransmisi AMT, saat hendak berpindah gigi, pengemudi tidak perlu mengangkat kaki dari pedal gas. Mereka tetap bisa menginjaknya karena sistem sudah secara otomatis memindahkan transmisi.

Bukan cuma B11R, Volvo B8RLE low entry model juga turut dihadirkan pada pameran Busworld SEA. Ini adalah bus yang ideal untuk kota-kota yang berkembang. Volvo B8RLE cocok untuk rute berkapasitas penumpang tinggi yang membutuhkan aktivitas keluar masuk yang cepat. Rangkaian Volvo B8R dirancang untuk memenuhi permintaan aplikasi lalu lintas kota, antarkota, dan juga perkotaan.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top