Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Volkswagen Group Berinvestasi Hingga 10 Miliyar Euro Untuk Produksi Mobil Listrik Di Spanyol

Volkswagen Group Berinvestasi Hingga 10 Miliyar Euro Untuk Produksi Mobil Listrik Di Spanyol

Investasi yang dilakukan Volkswagen Group untuk produksi mobil listrik di Spanyol ini naik sebesar 3 Miliyar Euro (Rp 45,6 triliun) dari nilai investasi yang direncanakan.

Autos.id – Baru-baru ini, Volkswagen Group baru saja meluncurkan dana hingga 10 Miliyar Euro atau sekitar Rp 152 Triliun untuk investasi produksi mobil listrik di Spanyol. Kabarnaya nanti Volkswagen Group akan membangun produksi tidak hanya untuk mobil listriknya saja, tetapi juga sel dan baterai mobil listrik untuk pabrik baru di negeri Matador tersebut.

Pabrik mobil listrik Volkswagen Group di Spanyol akan menjadi pabrik mobil listrik terbesar dari Volkswagen Group di benua Eropa.

Volkswagen Group Berinvestasi Hingga 10 Miliyar Euro Untuk Produksi Mobil Listrik Di Spanyol

Investasi Pabrik Mobil Listrik

Seperti yang dilansir dari Reuters pada Sabtu (7/5/2022), dalam investasi ini, Volkswagen Group akan membangun pabrik mobil listrik yang juga termasuk dalam ekosistem pemasok dari ekstrasi lithium dan perakitan baterai di Spanyol. Pihak VW Group juga menyebutkan bahwa di pabrik baru di Spanyol akan memproduksi baterai dan produksi mobil listrik dengan volume yang besar.

Dalam mewujudkan investasi tersebut, pihak Volkswagen Group bahkan sudah bertemu dengan Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez perlihal investasi produksi mobil listrik. Dalam pertemua tersebut, pihak VW Group menyebut bahwa mereka berencana akan mulai membangun pabrik produksi mobil listrik di negara tersebut pada kuartal pertama tahun 2023 mendatang.

Nantinya, pabrik mobil listrik dari VW Group di Spanyol ini akan dilengkapi dengan listrik berkapasitas 40 gigawatt per hour. Dengan kapasitas listrilk sebesar ini diharapkan Volkswagen bisa memproduksi hingga ribuan unit mobil listrik per bulannya. Rencananya pabrik tersebut bisa segera berpoerasi pada tahun 2026 mendatang.

Volkswagen Group Berinvestasi Hingga 10 Miliyar Euro Untuk Produksi Mobil Listrik Di Spanyol

Selain berinvestasi membangun pabrik mobil listrik di Spanyol, pihak Volkswagen Group juga mempunyai target memperkerjakan hinga 3.000 pekerja di pabrik tersebut hingga tahun 2030 mendatang. Hal tersebut sangatlah menguntungkan dan di sambut baik oleh pemerintah Spanyol.

Chief Executive Volkswagen AG, Herbert Diess menyebut bahwa investasi yang akan dilakukan Volkswagen Group lebih banyak sebesar 3 Miliyar Euro dari yang di rencanakan sebelumnya. “Awalnya kami merencanakan berinvetasi mobil listrik di Spanyol sebesar 7 Miliyar Euro. Namun karena ada perjanjian sebelumnya membuat nilai investasi yang kami gelontorkan naik menjadi 10 Miliyar Euro”, ujar Diess.

Dalam invetasi pabrik mobil listrik di Spanyol tersebut, Volkswagen Group akan bekerjasama dengan utilitas listrik terbesar Spanyol yaitu Iberdrola. Iberdrola sendiri akan mendirikan taman surya untuk sebagian besar daya baterai untuk produksi mobil listrik yang akan dibangun dikawasan Sagunto, Valencia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Kabarnya bagi konsumen di Eropa dan Amerika Serikat yang ingin memiliki mobil listrik dari Volkswagen harus bersabar hingga tahun 2023 mendatang. Autos.id – Trend...

Mobil

Nantinya kerjasama mobil listrik Ford dan Volkswagen berbasis platform MEB ini akan dijual di beberapa negara dengan fokus utama pasar Eropa. Autos.id – Pada...

Mobil

Mobil bus ikonik Volkswagen akan segera kembali! Versi produksi dari proyek bernama ID.Buzz ini pertama kali diperkenalkan di Detroit Auto Show pada tahun 2017....

Volkswagen

Volkswagen EV merupakan sebuah sketsa mobil listrik yang ditawarkan Volkswagen dengan kemampuan tempuh 402-483 kilometer serta memiliki koneksi internet. Jerman, Autos.id – Sebuah model...