Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Utamakan Keselamatan di Jalan, HINO Beri Pelatihan Berkendara Bagi Pengemudi

Last updated on 18 Agustus, 2022

Hino Total Support Customer Centre (HTSCC) merupakan sirkuit untuk pelatihan berkendara bagi pengemudi

Tangerang, Autosid  –  Mengangkat tema ‘Hino Peduli Keselamatan’, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar acara talkshow di GIIAS 2022 di ICE BSD mengenai Keselamatan dalam berkendara bagi pengemudi truk dan bus. Hal ini dalam upaya mendukung Pemerintah dalam menggalakan kampanye keselamatan di Jalan.

Hadir sebagai tamu pembicara adalah Ahmad Wildan, Senior Investigator KNKT, Santiko Wardoyo selaku COO – Director HMSI, dan Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

Hino sendiri merupakan satu – satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelanggannya yang dinamakan Hino Total Support Customer Centre (HTSCC).

Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI, mengatakan, Hino saat ini menjadi market leader dengan pangsa pasar diatas 50% untuk medium duty truck, selama 22 tahun terakhir. Prestasi ini dapat dianalogikan, jika di jalan ada 10 medium duty truck, 50 persennya sudah pasti Hino. “Untuk itu, sebagai pemimpin pasar. Kami wajib menjadi yang pertama untuk mengkampanyekan kesalamatan dijalan, karena unit kami memang yang paling banyak disana,” tukasnya.

Talkshow ‘Hino Peduli Keselamatan’ di GIIAS 2022

Hino Total Support Customer Center (HTSCC) berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat, HTSCC memiliki beragam fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP. Selain pelatihan secara praktek, diberikan juga pelatihan secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, serta karakteristik kendaraan dan manusia.

HTSCC dibangun di atas lahan seluas 24.000-meter persegi dan dibekali dengan para instruktur yang andal, terlatih dan tersertifikasi BNSP. Karena Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP – LPK PT Hino Motors Sales Indonesia.

Selain fasilitas pelatihan, program keselamatan pengemudi lainnya yang Hino milliki adalah, Hino Safety Driving Competition. Dimana kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2017. Total ada 31 kali kegiatan di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat. Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini.

Dan yang terbaru, kini digelar Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) yang sudah memasuki batch kedua. Dimana kegiatan ini memanfaatkan fitur telematics dari Hino Connect dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Hino-Resmikan-Hino-Total-Support-Customer-Center-(HTSCC)

Selain fokus pada pengembangan sumber daya manusia nya, Hino pun turut membekali kendaraanya dengan fitur – fitur keamanan untuk keselamatan berkendara. Seperti rem Full Air Brake yaitu rem dioperasikan oleh tekanan udara yang di kompresi. Full Air Brake mampu meningkatkan gaya pengereman yang efektif dan lebih responsif tidak perlu mengganti minyak rem membuat operasional lebih aman dan hemat biaya perawatan.

Rem kendaraan Hino juga dilengkapi Auto Slack Adjuster sehingga pengemudi tidak akan menginjak pedal rem terlalu dalam. Untuk beberapa model, Hino turut melengkapi dengan Antilock Braking System (ABS). Fitur keselamatan lainnya yang terdapat dalam kendaraan Hino adalah side under mirror untuk mengurangi area blindspot, rear camera untuk model kargo, serta dilengkapi dengan sabuk pengaman emergency locking retraktor (ELR) dan Alat pemadam api ringan (Apar).

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 24 Agustus, 2022 Tahun 1990, lahirlah bus terlaris di Indonesia, Hino Bus RK 174LA. Saat inilah Hino menjadi brand asal Jepang...

Berita Otomotif

Last updated on 11 Juni, 2022 Peresmian ini sekaligus memperkenalkan Line Up Euro4 tangguh di Jalan, Untung di Tangan Sampit, Autos.id  – Memperingati 40...

Berita Otomotif

Selain itu juga, Hino meluncurkan Program After Sales untuk Mendukung Mudik 2022 Jakarta, Autos..id – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) perkenalkan aplikasi mobile...

Berita Otomotif

Mulai bulan ini, Hino menghentikan produksi Euro 2 untuk lebih fokus memproduksi kendaraan Euro4 Purwakarta, Autos.id – Mengikuti peraturan pemerintah yang menetapkan pada April...