Hasil rating bintang 4 yang didapatkan Nissan Magnite dan Renault Kiger rakitan India ini menandakan mobil-mobil rakitan India soal safety sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.
Autos.id – Dua mobil kembar dari satu platform, Nissan Magnite dan Renault Kiger baru-baru ini sudah diuji tabrak atau crash test oleh Global NCAP. 2 mobil aliansi Renault dan Nissan yang dirakit di India tersebut meraih hasil yang cukup membanggakan dengan meraih hasil bintang 4. Dengan raihan bintang 4 Global NCAP pada kedua mobil ini sedikit merubah image mobil rakitan India yang biasanya sering dicap tidak aman.
Dua mobil rival Kia Sonet dan produk kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ini menjadi salah satu mobil rakitan India dengan hasil yang memuaskan.
Peningkatan Safety Mobil Rakitan India
Selama ini mobil-mobil rakitan India dicap sebagai mobil dengan safety yang tergolong kurang baik. Bahkan Global NCAP sempat membuat program Bernama #SafeCarsForIndia sejak tahun 2014 silam. Dalam rentan waktu tersebut, tercatat sudah ada 50 model mobil rakitan India yang melakukan crash test langsung dari Global NCAP.
Presiden Towards Zero Foundation, David Ward menyebut bahwa semua mobil rakitan India waib melakukan crash test Global NCAP. “Ini merupakan kewajiban bagi setiap pabrikan mobil di India untuk memiliki validasi atas komitmen mereka dalam menghadirkan produk yang lebih mengedepankan safety serta kualitas yang lebih baik lagi”, tambah David Ward.
Pemerintah India pun juga mendukung Gerakan tersebut dan menetapkan semua mobil rakitan India wajib memiliki setidaknya 6 airbag. Baik Nissan Magnite dan Renault Kiger sendiri secara standar untuk pasar India sudah menjadikan 6 airbag sebagai standar. Hal ini juga yang mempengaruhi rating safety yang baik bagi kedua mobil tersebut.
Dimulai dari Nissan Magnite, untuk varian terendahnya meraih nilai bintang 4 untuk safety orang dewasa dan 2 bintang untuk perlindungan anak-anak dan dilengkapi dengan 2 airbag depan sebagai standar serta rem ABS. Penilaian lainnya juga meliputi struktur yang stabil serta perlindungan marjinal ke dada pengemudi yang juga meraih hasil cukup baik.
Meskupun begitu, untuk varian bawah Nnissan Magnite tidak dilengkapi dengan jok ISOFIX. Sehingga hasil maksimal yang didapat adalah bintang 4. Untuk Renault Kiger sendiri, parameter penilaian yang digunakan juga kurang lebih sama. Hasilnya dari setiap penilaian tersebut, nilai yang didapatkan kurang lebih sama persis. Dengan raihan rating bintang 4 dari Global NCAP ini, artinya menandakan mobil-mobil rakitan India sudah berada dijalur yang tepat dalam menerapkan safety yang lebih baik lagi.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.